Cerita Diet TikTokers Zahro Fitriah yang Sukses Turunkan 26 Kg, Ini Tipsnya!

Beauties, ada beragam konten menarik yang bisa kita temukan di TikTok, salah satunya konten diet. Saat ini, ada banyak content creator yang membagikan kisah perjalanan diet, healthy lifestyle, hingga tips olahraga.

Tak terkecuali perempuan asal Bandung, Zahro Fitriah. Dengan kehadiran TikTok, ia memanfaatkannya untuk berbagi cerita sukses dietnya dan kini beralih ke healthy lifestyle. 

Kepada TheTriump, ia bercerita tentang perjalanan diet dan perannya yang kini menjadi seorang content creator

Cerita Diet Zahro Fitriah

Cerita diet tiktokers Zahro Fitriah yang sukses diet/Foto: Instagram.com/zahrofitriah

Sebelum kini dikenal sebagai content creator healthy lifestyle, Zahro Fitriah dulunya adalah pejuang obesitas. Berat badannya pernah mencapai angka 80 kilogram. 

Sederet program diet pun pernah ia coba sejak masa SMA. Namun saat itu, karena pola diet yang dijalaninya salah, ia sering kali berakhir dengan kegagalan. Ia bisa menurunkan berat badan dengan cepat, tapi dalam waktu sekejap juga, berat badannya bisa kembali naik.

Ia pernah menjalani diet ekstrem, yang hanya makan sekitar 300-500 kalori saja per harinya. Berlarut, ia berakhir kena tipes. 

“Dulu aku juga pernah sempat menjalani diet, benar-benar sampai ekstrem banget, yang aku tuh makan sehari mungkin cuma 300 sampai 500 kalori. Saking sedikitnya, pola makan nggak ke kontrol, terus aku kena tipes, selama tiga bulan,” ujar Zahro kepada TheTriump.

Dari sakit ini, perawakan Zahro jadi terlihat kurus. Orang sekitar pun bereaksi melihat perubahannya dan mengatakan jika Zahro lebih cocok dengan badan gemuk berisi.

“Kata mereka ‘ternyata jelek banget ya kamu kalau kurus nggak pantes’, terus ‘ih udah biasa ngeliatnya montok ya pas bangun dari tipes kok jadi aneh’. Terus akhirnya mindset aku jadi berubah karena orang sekitar, aku jadi makan lebih banyak lagi,”

Karena omongan tersebut juga, nafsu makan Zahro kembali tak terkendali, berat badannya pun kembali naik. Apalagi saat pandemi Covid-19, membuat kenaikannya sangat signifikan.

Kejadian yang membuatnya untuk kembali diet adalah saat ia akan vaksin Covid-19, namun ditunda sementara karena tensi darahnya yang tinggi. Padahal, saat itu ia tidak merasakan gejala apapun.

Akhirnya ia berkonsultasi dengan dokter di tempat da disarankan untuk jalani diet sehat, karena tensi tinggi bisa disebabkan oleh obesitas yang dialaminya. 

Tips Diet dari Zahro Fitriah
Zahro Fitriah Turunkan Berat Badan hingga 26 Kg

Cerita diet tiktokers Zahro Fitriah yang sukses diet/Foto: Instagram.com/zahrofitriah

Saat awal diet, perempuan berusia 25 tahun ini memiliki berat 80 kilogram. Kini, ia memiliki berat 54 kg. 

Kepada TheTriump, ia pun berbagi tips dietnya. Yang pertama, menurut Zahro adalah dengan tidak membeda-bedakan makanan.

“Yang pertama, kita jangan pernah menganggap makanan itu menjadi dua, makanan sehat dan makanan kotor. Karena, jika kita menganggap makanan sehat dan kotor, itu bisa bikin diet kita gagal dan kesiksa. Semua makanan itu sama, asalkan kita tidak mengonsumsinya secara berlebihan,” ujar Zahro. 

“Pas kita seharian lagi kalap makan nih, jangan pernah anggap itu sebagai gagal diet. Nggak ada diet yang gagal. Yang gagal itu, kalau kamu nggak bisa jalanin dalam jangka panjang,” lanjutnya. 

Terkait olahraga, banyak orang juga yang sering kali berasumsi jika sehari tidak olahraga sudah sama artinya dengan gagal diet. Padahal tidak demikian, karena yang penting menurutnya adalah konsisten. 

“Kadang orang juga berpikir, saat nggak olahraga sehari misalnya, sudah menganggap gagal diet. Padahal, nggak harus seperti itu. Olahraga seminggu 2, 3, 4 kali asal dilakukan konsisten itu sudah baik. Nggak harus sampe 2-3 jam, 20-30 menitan juga sudah baik dan progress yang luar biasa,” kata Zahro. 

Zahro sendiri memilih olahraga sepeda dan kini mulai angkat beban. Pasalnya, ia pernah memilih olahraga lari cepat hingga loncat-loncat, tapi malah berakhir cidera. 

“Aku suka sepedaan. Karena pas pertama diet kan aku ngide aja lari cepat, skipping, dan loncat-loncat. Eh ternyata kaki aku sampai cidera. Aku sampai ke lab, periksa banyak, ternyata kata dokter aku tuh cidera kaki karena overweight tapi olahraganya loncat-loncat,” ujar Zahro.

“Kalo sekarang aku lagi suka olahraga angkat beban. Di rumah dulu sih, biar massa ototnya naik. Aku juga memperbaiki komposisi tubuh,” lanjutnya. 

Cerita Jadi Content Creator TikTok
Cerita Diet TikTokers, Zahro Fitriah

Cerita diet tiktokers Zahro Fitriah yang sukses diet/Foto: Instagram.com/zahrofitriah

Kehadiran TikTok, membawanya kini menjadi seorang content creator healthy lifestyle. Perempuan asal Bandung ini bercerita, dari keberhasilannya diet, ia ingin membantu banyak orang dalam program diet dan hidup sehat. 

“Aku bikin konten healthy lifestyle itu memang sudah aku rencanakan. Karena selama aku diet, banyak pelajaran yang aku dapat. Tentang kesalahan diet, mindset diet yang salah, terus mitos sampai faktanya. Dari situ, aku mau membagikan nih, pada temen-temen di TikTok, untuk hidup sehat dan diet,” jelasnya. 

“Ternyata pas aku bagikan konten masak sehat itu fyp dan banyak komen positifnya. Jadi, dari situ yaudah aku lanjutin sama konten ini,”

Setiap pekerjaan tentu ada suka dan dukanya. Zahro berbagi beberapa duka yang ia alami, seperti saat sudah prepare dengan matang, namun hasil masakannya tidaklah memuaskan. 

“Kalau dukanya, salah satunya itu, kadang kita udah prepare untuk buat masakan, eh tiba-tiba hasilnya nggak jadi. Karena aku fokusnya juga masakan sehat ya, aku itung juga jumlah kalorinya, buat bantu temen-temen diet,” ujarnya. 

“Kadang ada juga hate comment kayak ‘katanya diet, kok masih pake tepung sih’ kadang ada aja komen kaya gitu,” 

Terkait keahlian memasaknya, ternyata ia telah mengenal dapur sejak kecil. Dari sini juga ia jadi suka makan dan berat badannya overweight. Namun kini, ia tetap melanjutkan kecintaan memasaknya, dengan masakan yang lebih sehat. 

“Alasan lain kenapa aku overweight, karena aku suka masak. Dari kecil aku udah dikenalin sama dapur. Bedanya dulu, aku masak yang tinggi gula, garem, dan tepung. Nah selama aku diet, aku jadi semakin berkreasi, tapi dengan yang lebih sehat ya,” ungkapnya. 

Perubahan yang Dirasakan Zahro Saat Sukses Diet
Cerita Diet TikTokers, Zahro Fitriah

Cerita diet tiktokers Zahro Fitriah yang sukses diet/Foto: Instagram.com/zahrofitriah

Sebagai yang sukses menjalani diet sehat, banyak perubahan terjadi yang dirasakan oleh Zahro. Ia mengatakan jika saat ini ia merasa lebih sehat dan segar, berbanding terbalik dengan dirinya di masa obesitas. “Efek dari diet sehat, rajin olahraga, dan menjaga pola makan itu badan benar-benar lebih segar, lebih berpower ya, beda banget kaya dulu pas aku obesitas,”

“Iya dulu badannya gede, tapi kok kaya nggak ada powernya. Mungkin karena massa ototnya naik juga, jadi lebih berenergi ya. Pas aku obesitas mageran, tapi sekarang aku kemana-mana jadi senang jalan kaki, senang olahraga. Terus aku zaman obesitas nggak kuat angkat galon lho, sekarang kuat. Banyak banget perubahannya,”

Tak lebih sehat, psikisnya pun mengalami perubahan yang luar biasa. Dimana saat ini ia juga merasa lebih bahagia dan menjadi sosok yang lebih baik lagi. 

“Dari segi psikis pun ada juga perubahan yang sangat luar biasa. Dulu pas aku obesitas, aku moodyan, pemarah, mood swing terus baperan nggak karuan, negatif vibes lah. Pas aku udah diet, aku jadi lebih enjoy, lebih legowo. Lebih tenang ya, bawaan dari kesehatan  mungkin ya, jadi happy aja. Komen negatif dari orang pun yaudah dibawa enjoy aja,” tutupnya.

Beauties, untukmu yang ingin kenalan lebih jauh dengan Zahro Fitriah, bisa follow Instagramnya @zahrofitriah atau laman TikToknya @zahrohfitriyah. Yuk, semangat diet!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)