Cegah Asam Urat Kambuh, Hindari 8 Jenis Makanan Ini Saat Perayaan Tahun Baru!

Menjelang liburan akhir tahun, pastinya kita ingin berkumpul bersama keluarga atau kerabat terdekat, serta menyantap makanan enak. Sayangnya, untuk bisa menyantap makanan enak kamu harus dalam kondisi sehat.

Apalagi kalau kamu memiliki penyakit yang biasa timbul akibat gaya hidup yang tidak sehat dan makan sembarangan, salah satunya asam urat. Penyakit ini umumnya terjadi pada orang dewasa dan lanjut usia. Namun, pola makan yang buruk dan tidak teratur mengakibatkan anak muda juga bisa terkena asam urat, lho.

Supaya tak kebablasan, sebaiknya hindari jenis makanan berikut ini untuk cegah asam urat kambuh saat malam Tahun Baru nanti. Simak yuk!

1. Daging Merah

Daging merah/ Foto: Freepik.com/denamorado

Terdapat beberapa jenis daging yang sebaiknya dihindari penderita asam urat, seperti daging sapi, domba, kambing, dan babi karena mengandung zat purin yang cukup tinggi. Namun, jika tetap ingin mengonsumsinya, Beauties perlu membatasi jumlah asupannya. Bagi penderita asam urat sendiri, konsumsi daging hanya sekitar 100 gram/hari.

Tapi jangan khawatir, sebagai alternatif kamu juga bisa mengonsumsi daging unggas putih. Sebab, jenis daging tersebut dianggap lebih baik dan tidak memiliki efek negatif sebanyak daging merah.

2. Jeroan

Olahan hati ayam/ Foto: Freepik.com/timolina

Tak berbeda jauh dengan daging merah, konsumsi jeroan atau isian hewan, seperti hati, babat, kikil, paru-paru, usus, atau otak ternyata dapat membuat asam urat kambuh. Sebab, jeroan mengandung purin yang tinggi, yakni mencapai 100 – 1000 miligram purin pada 100 gram jeroan.

Purin sendiri merupakan senyawa yang cenderung diubah tubuh menjadi asam urat. Tak heran, jeroan menjadi salah satu makanan pantangan bagi penderita asam urat yang harus dihindari. Maka dari itu, penderita asam urat sebaiknya tidak mengonsumsi jeroan saat perayaan malam Tahun Baru, ya!

3. Makanan Laut

Olahan udang/ Foto: Freepik.com/stockking

Bukan cuma daging merah, makanan olahan seafood ternyata juga menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Sejumlah hidangan laut atau seafood mengandung zat purin yang tinggi, terutama ikan. Jenis ikan yang harus dihindari penderita asam urat, seperti ikan teri, ikan kod, herring, makarel, tuna, dan sarden. Jika ingin mengonsumsi ikan, sebaiknya konsumsi salmon karena baik untuk penderita asam urat.

Selain ikan, ada lagi jenis hidangan laut seperti kerang, lobster, udang, kepiting, dan tiram yang juga mesti dihindari karena mengandung zat purin walaupun dalam jumlah sedang.

4. Mengandung Fruktosa Tinggi

Buah persik/ Foto: Freepik.com/stockking

Fruktosa merupakan jenis gula alami yang banyak terdapat dalam makanan dan minuman kemasan, sayuran, madu, dan buah-buahan. Meskipun mengonsumsi sayur dan buah-buahan baik untuk kesehatan, tapi kamu tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Terutama jenis buah dengan tinggi fruktosa, seperti apel, persik, pir, plum, anggur, maupun kurma.

Sebab, mengonsumsi makanan tinggi fruktosa ternyata dapat berpengaruh pada gejala asam urat. Sebagai penggantinya, Beauties disarankan konsumsi buah dengan kadar gula normal dan minum banyak air putih.

5. Produk Olahan Susu

Es krim/ Foto: Pexels.com/@suju/

Saat malam pergantian tahun, biasanya produk olahan susu biasa disajikan di atas meja makan, seperti, es krim, susu, yogurt, krim, ataupun keju. Sayangnya, jenis makanan tersebut menjadi pantangan bagi penderita asam urat.

Apalagi kalau kamu mengonsumsi daging merah dengan butter, hm, sebaiknya dihindari deh. Sebab, kedua jenis makanan ini bisa jadi pemicu timbulnya asam urat. Sebagai gantinya, konsumsi produk yang mengandung susu rendah lemak atau bebas lemak.

6. Durian

Durian/ Foto: Freepik.com/jcomp

Jadi salah satu buah favorit orang Indonesia karena memiliki aroma dan rasa khas yang begitu lezat. Durian kerap disebut sebagai “king of fruit” atau rajanya buah oleh para pecinta buah-buahan, lho.

Meskipun punya rasa yang lezat dan aroma yang menggugah selera, durian merupakan salah satu buah yang pantang dikonsumsi penderita asam urat. Durian mengandung kadar purin yang cukup tinggi dan banyak lemak.

Selain itu, mengonsumsi durian setelah menyantap daging atau seafood bisa memicu perut kembung hingga mual. Jadi, sebaiknya hindari konsumsi buah satu ini, ya!

7. Sumber Makanan Nabati

Makanan sumber nabati/ Foto: Freepik.com/kamranaydinov

Siapa menyangka bahwa makanan sumber nabati dapat meningkatkan kadar asam urat. Jenis sayuran seperti bayam, kacang-kacangan, polong-polongan, asparagus, kembang kol, dan jamur memiliki kadar purin yang cukup tinggi.

Namun jangan khawatir, Beauties masih bisa memakannya, tetapi dengan porsi yang terbatas, jika tidak ingin gejala asam urat kambuh.

8. Minuman Beralkohol

Minum alkohol/ Foto: Freepik.com/freepik

Tidak semua minuman beralkohol mengandung purin yang tinggi. Misalnya bir dan minuman fermentasi ragi, minuman ini memiliki kadar purin yang lebih tinggi. Dibandingkan dengan liquor dan wine yang punya kadar purin sedang dan masih bisa dikonsumsi dalam batas wajar.

Untuk itu, sebaiknya hindari mengonsumsi bir saat malam Tahun Baru, karena dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, bir juga dapat memperlambat proses pembuangan asam urat melalui urine.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)