Cari Tahu Kepribadian Orang dari Media Sosialnya, Kalau Hobi Posting Gimana?

Kepribadian seseorang dapat dilihat dari banyak cara karena seseorang akan mengekspresikan dirinya dalam berbagai hal pula. Sebab itu, kita bisa memprediksi kepribadian seseorang lewat media sosial mereka. Apakah orang tersebut rajin update, cuma suka menyukai postingan orang lain, atau sering berinteraksi dengan orang-orang yang mereka ikuti?

Melalui tulisannya dalam laman Psychology Today, Gwendolyn Seidman Ph.D selaku profesor psikologi dari Albright College membagikan sederet kepribadian orang jika dilihat dari aktivitasnya di media sosial. Mengetahui kepribadian berdasarkan media sosial digolongkan berdasarkan The Big Five (lima sifat besar kepribadian) atau disebut juga OCEAN, yakni Openness (O), Conscientiousness (C), Agreeableness (A), Extraversion (E), dan Neuroticism (N). Yuk simak lebih lanjut!

Openness (O)

Ilustrasi media sosial/ Foto: Freepik/tirachardz

Orang dengan kepribadian O sangat terbuka terhadap pengalaman baru. Mereka juga kreatif dan cerdas karena rasa ingin tahu yang tinggi, Beauties. Individu dengan kepribadian O menggunakan media sosial untuk mengekspresikan apa yang menjadi ketertarikannya. Mereka akan menggunakan akun media sosial untuk mencari informasi atau untuk bermain game. Seorang O juga lebih tertarik untuk membahas hal terkait pekerjaan dibandingkan topik lain dalam media sosial mereka.


Conscientiousness (C)
Ilustrasi bermain media sosial/ Foto: Freepik.com/lifeforstock

Ilustrasi/ Foto: Freepik.com/lifeforstock

Individu dengan kepribadian C lebih hati-hati dalam menggunakan media sosial karena pada dasarnya mereka adalah orang yang bertanggung jawab, produktif, dan terorganisir. Individu berkepribadian C tidak terlalu aktif di media sosial. 

Studi bertajuk Automatic Personality Assessment Through Social Media Language dalam Journal of Personality and Social Psychology juga membahas penggunaan bahasa di media sosial yang menunjukkan kepribadian. Mereka dengan kepribadian C biasa menggunakan kata-kata seperti “family” (keluarga), “week” (minggu), “weekend” (akhir pekan) yang menunjukkan rencana atau sesuatu yang berhubungan dengan tanggung jawab keluarga.

Agreeableness (A)
Alasan media sosial tidak selamanya buruk

Ilustrasi/Foto: Freepik.com

Individu berkepribadian A bertolak belakang dengan C, yakni mereka aktif di media sosial. Sosok A memiliki sifat yang kooperatif, baik hati, ramah, dan simpatik. Sifat ini pun ikut terpancar lewat media sosialnya di mana mereka suka mengunggah foto-foto.

Seseorang yang memiliki kepribadian A juga menyukai penggunaan kata-kata yang positif, sedangkan mereka yang punya level A rendah cenderung menggunakan kata-kata negatif atau kasar.

Extraversion (E)
Bijak dalam menggunakan media sosial

Ilustrasi/Foto: Freepik.com/freepik

Orang dengan kepribadian E cukup mudah ditemukan di media sosial karena karakteristik yang menonjol. Mereka menyukai interaksi, tegas, suka beraktivitas, punya emosi positif, tapi kadang impulsif. Dalam media sosial, sosok E juga sangat aktif. Mereka berinteraksi dengan orang lain dan sering “like” konten.

Seseorang yang punya level Extraversion tinggi juga bisa dilihat dari bahasa yang digunakan di media sosial. Studi menjelaskan orang dengan level E tinggi biasa menggunakan kata “love”, “night, “party” atau kata-kata yang menunjukkan aktivitas sosial, sedangkan mereka yang punya level rendah cenderung menggunakan kata-kata seperti “computer”, “I have” (aku sudah, atau “I don’t” (aku tidak)––menunjukkan aktivitas tidak melibatkan orang lain.

Neuroticism (N)
Ilustrasi seseorang sedang menonton kehidupan orang lain di media sosial/Foto: Pexels.com/Mikotoraw Photographer

Ilustrasi/ Foto: Pexels.com/Mikotoraw Photographer

Mereka dengan tipe kepribadian N dikenal punya tendensi kecemasan, depresi, serta meragukan diri sendiri. Sebab itu dalam media sosial, mereka dengan level N tinggi cenderung menggunakan bahasa yang mencerminkan emosi negatif. Sama aktif di mesos seperti tipe kepribadian E, individu N mencoba menggunakan akunnya untuk mencerminkan versi ideal dari diri mereka sendiri.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)