Cara Mudah Melakukan Refleksi Diri di Akhir Tahun, Cukup Menjawab 4 Pertanyaan Ini

Tidak terasa, sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2023 dan membuka lembaran baru untuk tahun 2024. Sebelum benar-benar membuka lembaran baru, ada baiknya kamu melakukan refleksi tentang capaian apa saja yang sudah kamu dapatkan dan target apa saja yang terlewatkan. 

Jangan takut terlihat menyedihkan ketika melakukan refleksi hanya karena banyak target yang belum tercapai di tahun ini. Agar lebih seru, kamu bisa lakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan berikut ini.

1. Apa Hal Terberat di Tahun Ini?


Penyesalan/ Foto: freepik.com/freepik

Di awal, kita mulai dari hal yang tersedih terlebih dahulu ya, Beauties. Melalui jurnal, kamu bisa tuliskan hal yang paling mengecewakan yang terjadi di tahun ini. Kamu mungkin mengalami kehilangan, patah hati, melewatkan kesempatan, hingga mengalami kejadian memalukan. 

Setelah menuliskan semuanya, renungkan bahwa pada akhirnya kamu masih berdiri tegar dan berhasil melewati semua hal berat tersebut. Menandakan bahwa kamu adalah orang yang kuat dan teruji.

Juga menjadi pengingat bahwa cobaanmu mungkin tidak seberat apa yang dialami oleh orang lain, sehingga membuatmu lebih bersyukur.

2. Pelajaran Hidup Apa yang Didapat?

Pelajaran hidup/ Foto: freepik.com/benzoix

Satu tahun adalah waktu yang sangat panjang. Mustahil di dalam 365 hari tersebut kamu tidak mendapatkan pelajaran hidup. Di tahun ini kamu mungkin mendapatkan pelajaran hidup mengenai pentingnya belas kasihan terhadap sesama manusia. 

Kamu mungkin belum menjadi pelakunya, namun kamu mungkin sudah menyaksikan perjalanan hidup orang lain yang membuatmu lebih bersyukur atau termotivasi untuk menjadi lebih baik.

Di tahun yang baru nanti, jadikanlah pelajaran hidup tersebut sebagai dorongan untuk membuatmu menjadi pelaku kebaikan yang bisa memberikan kebahagiaan bagi orang lain.

3. Apa Saja yang Membuat Bersyukur?

Merasa bersyukur/ Foto: freepik.com/tirachardz

Menemukan hal-hal kecil yang terjadi di tahun 2023 untuk bisa membuatmu bersyukur sepertinya cukup mudah. Hal-hal kecil seperti; masih diberi kesehatan, berat badan yang turun meski hanya beberapa kilo, hingga masih diberi kesempatan untuk bersua dengan teman-teman tercinta adalah hal yang patut disyukuri.

Belum cukup untuk merasa bersyukur? Cobalah untuk membuka postingan lama atau foto-foto selama tahun 2023 di galeri ponsel. Perhatikan satu persatu foto penuh senyum bahagia, maka otomatis kenangan indah beserta latar belakang kisahnya akan muncul ke dalam ingatan dan membuatmu bersyukur karena pernah mengalami momen membahagiakan.

4. Apa yang Akan Membawa Kebahagiaan di Tahun yang Baru?

Resolusi baru/ Foto: freepik.com/KamranAydinov

Mengulas kembali jawaban atas pertanyaan-pertanyaan sebelumnya, coba pertimbangkan kira-kira apa saja yang akan membawa kesenangan di tahun yang baru nanti.

Apakah mungkin berarti lebih banyak waktu bersama orang-orang terkasih, lebih banyak perjalanan, atau lebih banyak pengalaman baru. Bisa juga lebih tentang mendapatkan banyak waktu untuk istirahat, menetapkan batasan, dan memprioritaskan waktu sendiri.

Tiap-tiap insan pasti memiliki perbedaan sudut pandang dalam mengidentifikasi apa saja yang akan membuat mereka bahagia. Jadi tidak perlu menggunakan standar orang lain untuk mengukur kebahagiaanmu. Mulai sekarang, fokuslah pada kebahagiaan diri sendiri di tahun yang baru dan semangat yang baru ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)