Cara Mengatasi Tekanan Musim Liburan ala Orang Denmark, Biar Nggak Stres!

Liburan sering kali berkaitan dengan proses pembaruan hubungan dengan keluarga dan teman, pertukaran hadiah yang penuh kebahagiaan, dan tradisi yang berharga lainnya. Sayangnya, kebahagiaan saat liburan sering kali disertai dengan sejumlah pemicu stres, seperti perjalanan yang kacau, percakapan makan malam yang sulit dengan keluarga, atau kekhawatiran ketika membeli dan menemukan hadiah liburan yang tepat.

Alih-alih menikmati liburan, situasi tersebut tentu berpotensi memperburuk kesehatan mental dan fisikmu. Kira-kira, bagaimana cara terbaik untuk menemukan keseimbangan selama liburan, sehingga kamu tidak merasa lelah dan tertekan?

Melansir dari CNN, ada sejumlah tips ala orang Denmark untuk menemukan keseimbangan dan tidak stres ketika menjalani liburan bersama keluarga. Simak!

Melampauinya

Orang-orang Denmark, sebagai penduduk negara paling bahagia di dunia membagikan tips pertama yaitu kamu harus memahami istilah “overskud.” Pemahaman ini dapat membantu kamu menemukan lebih banyak keseimbangan salaam periode liburan, lho.

“Overskud” adalah kata benda yang secara kasar artinya “kelebihan.” Mempunyai waktu berlebihan dapat dipandang sebagai hal yang baik. Misalnya, kamu mungkin bekerja ekstra di tempat kerja, merencanakan pesta liburan yang rumit, mencari hadiah yang lebih menarik, atau menjadi sukarelawan di sekolah.

Orang Denmark terkadang menggabungkan istilah itu dengan kata lainnya. Misalnya, sarapan berlebihan. Beberapa terapis Denmark berpendapat bahwa makan berlebihan dapat membuat kamu merasakan lebih banyak kepuasan dan ketenangan. Jadi, tidak ada salahnya, kok, melakukan sesuai dengan lebih ekstra saat liburan.

Energi yang Tidak Terbatas

Energi yang Tidak Terbatas/Foto: Freepik/lookstudio

Liburan terkadang menuntut kelebihan dalam beberapa hal. Misalnya makanan harus sehat namun juga sesuai dengan preferensi dan harapan semua orang. Lantas, bagaimana kamu bisa menyeimbangkan hal ini?

Seorang psikolog menyatakan bahwa menjaga batasan yang sehat dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik. Jadi, kamu bisa menggunakan istilah “overskud” tadi untuk mengkomunikasikan dengan jelas ketika seseorang tidak dapat menangani suatu peristiwa.

Orang Denmark memiliki cara singkat untuk mengatakan dengan cara yang tidak menghakimi, bahwa sesuatu hal mungkin terdengar menyenangkan dan kamu ingin melakukannya, namun kamu tidak punya energi untuk itu.

Apabila kamu tidak punya energi dan lebih memilih berdiam diri di rumah, kamu bisa berkata, “Aku tidak bisa melakukannya terlalu lama.” Mengatakan “tidak” pada beberapa hal juga akan memberi kamu waktu dan energi untuk mengatakan “Ya” pada hal lain. Karena itu, kamu bisa menghadapi liburan dengan penuh semangat dan keceriaan.

Pentingnya ‘Pyt’

Pentingnya ‘Pyt’/Foto: Freepik

Orang-orang mungkin ingin rencana liburannya berjalan lancar. Kenyataannya, sering kali tidak demikian. Ada hal-hal tak terduga seperti orang asing yang kasar, antrean yang panjang, dekorasi yang berantakan, teriakan anak-anak, dan kerabat yang kesal.

Nah, kamu bisa berlatih melepaskan rasa frustasi akibat liburan yang buruk dengan mengucapkan kata dari Denmark berupa “Pyt” atau “pid.” Istilah ini mirip dengan kata “Oh, baiklah” atau “hal-hal terjadi” dan digunakan untuk melepaskan rasa frustasi, kerepotan, atau kesalahan kecil lainnya.

Orang Denmark biasanya akan mengatakan “Pyt, saya tidak melakukan pekerjaan yang baik dalam membungkus hadiah itu” atau “Pyt, kue-kue itu memang terlihat agak lucu, tapi tetap enak.”

Pyt” adalah tentang menerima bahwa segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana dan kamu menerima kenyataan itu. Cara lain untuk mencapai Pyt adalah dengan fokus pada hal yang benar-benar penting. Misalnya, apakah antrean panjang di sini layak untuk merusak hari liburmu?

Meluangkan waktu sejenak sambil menunggu antrean, seperti memikirkan beberapa hal yang kamu syukuri atau mengingatkan diri sendiri bahwa kamu baik-baik saja adalah pilihan yang tepat. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari stres saat liburan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)