Calon Ibu Perlu Tahu, Ini Sederet Manfaat Musik Klasik untuk Bayi, Termasuk Bikin Bayi Lebih Cerdas!

Musik klasik dipercaya memiliki sejumlah manfaat untuk menunjang perkembangan bayi. Mendengarkan musik klasik seperti Mozart, Beethoven maupun Bach dapat meningkatkan ketenangan dan kegembiraan.

Gagasan bahwa mendengarkan musik klasik menjadikan bayi lebih pintar dikenal dengan istilah efek Mozart. Istilah tersebut berasal dari studi pada 1993 yang menemukan bahwa siswa yang mendengarkan sonata Mozart mendapatkan nilai lebih tinggi pada tes penalaran spasial dibandingkan dengan mereka yang mendengarkan musik lain atau tidak mendengarkan musik sama sekali.

Melansir Stage Music Center, penelitian yang terdiri dari bayi berusia 3-4 tahun yang diberikan pelajaran keyboard selama enam bulan mengalami peningkatan performa dalam tes penalaran spasial sebesar 30 persen dibandingkan dengan mereka yang mengikuti pelatihan komputer maupun yang tidak mengikuti pelatihan sama sekali dalam durasi yang sama.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa tikus yang terpapar Mozart sebelum dan sesudah lahir dapat menemukan jalan menuju ujung labirin dengan lebih cepat dibandingkan dengan tikus yang tidak terpapar Mozart.

Berdasarkan penelitian tersebut, beberapa orang percaya bahwa musik klasik memiliki efek positif bagi anak, bahkan bayi yang masih dalam kandungan. Setidaknya ada lima manfaat musik klasik untuk bayi. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini, Beauties!

1. Membantu Bayi Tidur

Membantu bayi tidur/Foto: Freepik/javi_indy

Memainkan atau memutarkan musik klasik yang lembut dapat dijadikan sebagai musik penghantar tidur karena melodi yang menenangkan dengan pola berulang-ulang dapat menurunkan detak jantung dan meratakan pernapasan, sehingga membantu bayi atau anak untuk terlelap.

2. Membantu dalam Pemerolehan Bahasa

Membantu dalam pemerolehan bahasa/Foto: Freepik

Penelitian mengungkapkan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan kemampuan anak dalam memproses musik dan ucapan, begitu pula pada bayi.

Bahasa memiliki pola ritme mendasar yang membantu pendengarnya membedakan bunyi atau ujaran yang berbeda. Dengan mengekspos pola-pola dalam musik, maka kemampuan anak dalam mengidentifikasi suara pun meningkat.

3. Mengurangi Stres

Mengurangi stres/Foto: Pexels/karolina grabowska

Mengutip Baby Center,  penelitian menunjukkan bahwa musik klasik dapat menurunkan detak jantung dan pernapasan bayi yang baru lahir, meredakan stres, dan meningkatkan perkembangan otak, terutama bayi yang terlahir prematur.

Musik klasik juga memiliki melodi yang lembut sehingga dapat memberikan efek menenangkan pada bayi. Dengan memutarkan musik klasik saat bayi rewel, maka bayi akan merasa tenang dan bahagia.

4. Meningkatkan Kecerdasan

Meningkatkan kecerdasan/Foto: Pexels/andrea piacquadio

Ibu hamil yang mendengarkan musik klasik dapat memberikan efek positif bagi perkembangan kognitif bayi yang dikandungnya. Memainkan Mozart selama masa kehamilan juga dapat membantu merangsang pertumbuhan otak bayi dalam memproses informasi.

Oleh karena itu, bayi yang mengenal Mozart sejak dini dipercaya dapat belajar berbicara, mendengar, menulis, bahkan berhitung lebih cepat dan efektif. Tak hanya itu, pelajaran musik terutama memainkan alat musik menurut penelitian juga dapat membantu anak memecahkan teka-teki atau melakukan tugas spasial dengan lebih cepat dan efektif.

5. Melatih Keterampilan Motorik

Melatih keterampilan motorik/Foto: Pexels/karolina grabowska

Bayi mendengarkan dan merespon musik meskipun tidak paham lirik dan maknanya bahkan sebelum mereka belajar berbicara. Biasanya mereka merespon dengan menari atau bergoyang.

Nah, respon tersebut dapat membantu bayi melatih keterampilan motorik sehingga otot-ototnya lebih kuat. Tak hanya itu, saat merespon musik bayi juga belajar melatih koordinasi antara musik dengan anggota tubuhnya.

Meski musik klasik memiliki efek positif bagi perkembangan bayi, namun tidak semua musik klasik cocok untuknya. Menurut Mom Junction, ada 12 rekomendasi musik klasik yang cocok untuk diperdengarkan pada bayi. Berikut daftarnya, Beauties!

  1. Brahms-Wiegenlied
  2. Johann Sebastian Bach-Sheep May Safely Graze
  3. Wolfgang Amadeus Mozart-Piano Sonata No. 11 in A
  4. William Tell Overture, Gioachino Rossini
  5. Felix Mendelssohn-Calm Sea and Prosperous Voyage
  6. Claude Debussy: Clair De Lune
  7. Ralph Vaughan Williams-The Lark Ascending
  8. Ave Maria
  9. Serenade No. 13 untuk senar di G Mayor, K. 525
  10. Air from Orchestral Suite No. 3 (Air on the G String)
  11. Victor Herbert-March of The Toys
  12. Mozart-12 variasi “Ah, vous dirai-je, Maman” KV. 265

Demikian manfaat dan rekomendasi musik klasik yang bisa kamu perdengarkan pada bayi. Pastikan kamu memberikan berbagai stimulus pada bayi sejak masih dalam kandungan untuk menunjang perkembangan otaknya, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)