Calon Bintang Masa Depan, Ini 4 Boy Group K-Pop yang Debut di 2023

Sepanjang 2023, agensi hiburan Korea Selatan seakan berlomba membentuk grup K-Pop terbaru. Mereka hadir dengan berbagai konsep, genre musik dan keunikan.

Diantaranya, ada empat boy group K-Pop yang berhasil menarik perhatian pencinta musik K-Pop. Bahkan, beberapa diantaranya berhasil memecahkan rekor sebagai pendatang baru dengan penjualan album debut terbanyak.

Wah, kira-kira siapa saja, ya, mereka? Berikut TheTriump bagikan informasi lengkapnya buat kamu. Yuk, kita ikuti bersama informasinya, Beauties.

XODIAC

XODIAC/Foto: instagram.com/xodiacofficial

Xodiac merupakan K-Pop Group di bawah naungan One Cool Jacso Entertainment. Resmi debut pada 25 April 2023, Xodiac hadir dengan sembilan anggota. Mereka adalah Hyunsik, Zayyan, Lex, Beomsoo, Gyumin, Wain, Sing, Davin dan Leo. Rookies Group ini debut dengan single digital bertajuk “Throw A Dice.”

Menariknya, sebelum resmi debut sebagai grup K-Pop, beberapa anggota Xodiac sudah lebih dulu dikenal sebagai kontestan beberapa survival show. Ada Zayyan yang pernah mengikuti ajang pencarian bakat Rising Star Indonesia di 2018 dan Indonesian Idol di 2019. Pada 2019, Hyunsik juga mengikuti survival show Mnet Produce X 101. Namun, ia gagal debut sebagai X1.

Terakhir, ada Lex yang pernah mengikuti ajang pencarian bakat Loud pada 2021. Ia harus berhenti di babak final. Kehadiran Zayyan sebagai salah satu anggota Xodiac, berhasil menarik perhatian penggemar K-Pop Indonesia. Setelah Dita dan Loudi, Zayyan menjadi orang Indonesia selanjutnya yang berhasil berkarir di industri hiburan Korea Selatan.

Berselang dua bulan, Xodiac resmi mengeluarkan mini album pertama berjudul, “Throw A Dice”. Album ini berhasil terjual hingga 9ribu kopi. Selain berisi lagu debutnya, album ini juga berisi 4 lagu lainnya, termasuk lagu “Special Love”.

Kemudian, pada Oktober, mereka kembali dengan single “Lemonade” dan “Only Fun”.

BoyNextDoor

BoyNextDoor/Foto: instagram.com/boynextdoor_official

Rapper sekaligus produser musik, ZICO berhasil mendirikan agensi hiburan bernama KOZ Entertainment pada 2019. Di 2022, ia mengumumkan sedang mempersiapkan boy group pertamanya. Dan pada April 2023, BoyNextDoor pertama kali diperkenalkan lewat Youtube.

Sesuai namanya, grup ini hadir dengan lagu-lagu yang ramah dan mudah didekati, layaknya “anak laki-laki tetangga sebelah”. Musiknya menceritakan tentang kehidupan sehari-hari. Sehingga, siapa saja bisa mudah menerima musik mereka.

BoyNextDoor hadir dengan enam anggota yakni, Sungho, Riwoo, Jaehyun, Taesan, Leehan, dan Woonhak. Pada 23 dan 26 Mei, mereka merilis music video untuk lagu “But, I Like You” dan “One and Only”. Kemudian, pada 30 Mei, BoyNextDoor resmi debut dengan single “Serenade”, serta album “Who!”.

ZICO berperan penting dalam perilisan dan penyusunan lagu mereka. Selain itu, tiga member mereka yakni, Jaehyun, Taesan dan Woonhak ikut berpartisipasi dalam penyusunan, serta penulisan lirik lagu “Serenade” dan “But I Like You”.

Mereka melakukan comeback pertama pada September dengan mini album, “Why..”. Pada November lalu, mereka juga mengisi OST untuk webtoon “Garbage Time” dengan judul lagu “Fade Away”.

Dalam kurun waktu kurang lebih tujuh bulan, BoyNextDoor berhasil mengantongi beberapa pencapaian. Mereka berhasil mendapat sertifikat Platinum untuk penjualan album mencapai 500 ribu lebih.

Mereka juga meraih penghargaan Rookie Male Idol di Brand of The Year, K-Global Super Rookie Award di K Global Heart Dream Award, serta Global Hottest Award di The Fact Music Awards.

ZeroBase

ZeroBase/Foto: instagram.com/zb1official

ZeroBase atau kerap disebut juga ZB1 merupakan K-Pop group yang lahir dari survival show, Mnet Boys Planet. Acara tersebut dimulai sejak awal Februari hingga akhir April 2023.

Dari puluhan kontestan yang bersaing, sembilan finalis teratas berhasil debut sebagai ZeroBase. Mereka adalah Kim Ji Woong, Zhang Hao, Sung Hanbin, Seok Matthew, Kim Tae Rae, Ricky, Kim Gyu-min, Park Gu Wook dan Han Yujin. ZeroBase akan aktif sebagai grup selama 2 tahun 6 bulan kedepan.

Grup ini resmi debut dengan EP “Youth in Shade”. Pre-order album debut mereka berhasil mencapai angka 1,08 juta. Menjadikannya sebagai penjualan tertinggi untuk album debut K-Pop. Hanya dengan waktu delapan hari setelah debut, ZeroBase berhasil meraih penghargaan musik pertama di acara musik The Show SBS.

Mereka comeback pada November lalu dengan EP kedua bertajuk, “Melting Point”. Kembali mencetak rekor, ZeroBase berhasil menjual EP ini dengan angka 2 juta kopi.

Pencapaian luar biasa mereka tidak sampai disana. Mereka juga berhasil membawa pulang beberapa penghargaan, diantaranya lima penghargaan di acara K-Global Heart Dream Award, salah satunya penghargaan Best New Male Artist.

Baru-baru ini, ZeroBase juga membawa pulang penghargaan Best New Artist di Melon Music Awards dan Next Leader Award di The Fact Music Awards.

RIIZE

RIIZE/Foto: instagram.com/riize_official

RIIZE adalah rookies group dari SM Entertainment. Nama grup mereka terbentuk dari perpaduan kata Rise dan Realize. Jika diartikan, RIIZE bermakna tim yang tumbuh bersama dan mewujudkan impian.

Grup ini resmi debut dengan 7 anggota, yakni Shotaro, Eunseok, Sungchan, Wonbin, Seunghan, Sohee dan Anton. Namun, kini RIIZE lebih aktif dengan 6 anggota. Sedangkan, Seunghan dikabarkan menjalani hiatus untuk waktu yang belum bisa ditentukan.

Sebelum resmi debut sebagai RIIZE, Shotaro dan Sungchan lebih dulu menjalani promosi sebagai anggota NCT. Mereka debut pertama kali pada 2020 lewat project tahunan NCT 2020. Seunghan dan Eunseok pertama kali dikenalkan sebagai SM Rookies.

Mereka juga pernah muncul lewat reality show Welcome to NCT Universe pada 2022, bersama Shotaro dan Sungchan. Namun, diawal 2023 lalu, Shotaro dan Sungchan diumumkan tidak lagi menjadi bagian dari NCT dan akan bergabung dengan RIIZE. Begitu pula dengan Eunseok dan Seunghan.

Akhirnya, pada 1 Agustus, SM Entertainment resmi memperkenalkan anggota RIIZE lewat sosial media. RIIZE merilis lagu pra-rilis bertajuk “Siren” dan “Memorise”. Mereka juga tampil di panggung KCON LA.

Kemudian, pada 4 September, RIIZE resmi debut dengan single album “Get A Guitar”. Album debut ini berhasil terjual lebih dari 1 juta copy pada minggu pertama. Hanya berselang satu bulan, mereka kembali dengan single “Talk Saxy”.

RIIZE menjadi kandidat Rookies Moster, karena berhasil meraih berbagai penghargaan. Mereka sukses membawa pulang Rising Award di Dong-A.com’s Pick, Next Leader Award dan Favorite New Artist di The Fact Music Award, serta Rookie of The Year di Melon Music Awards.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)