Bulan Rajab Bulan Mulia, Isi Waktu dengan 4 Kegiatan Ini untuk Memaksimalkan Ibadah

Rajab adalah salah satu bulan mulia bagi umat muslim. Tahun ini, tanggal 01 Rajab 1445 H jatuh pada Sabtu, (13/01) lalu. Pada bulan Rajab, kita sebagai umat muslim disarankan untuk memaksimalkan ibadah.

Ibadah menjadi salah satu cara untuk terus mendekatkan diri kepada Allah Subhanahuwata’ala. Tidak hanya memaksimalkan ibadah wajib, kita juga dianjurkan untuk melaksanakan ibadah-ibadah sunnah.

Dari Ustadzah Halimahayadrus, setidaknya ada tiga amalan yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan ibadah di bulan ini. Kamu bisa membaca istighfar di pagi dan sore, memperbanyak puasa sunnah, serta menghidupkan malam Rajab dengan ibadah.

Untuk penjelasan lebih lengkap, yuk simak bersama informasi berikut ini, Beauties. 

Memperbanyak Istighfar

Berdoa memohon ampun kepada Allah/Foto: pixabay.com/artadyagumelar

Istighfar menjadi ibadah yang bisa kita lakukan kapan saja. Terbiasa melantunkan istighfar akan membuat hati kita lebih tenang. Allah Subhanahuwata’ala juga akan senantiasa menutupi dosa-dosa kita dari mata manusia, serta mengampuninya.

Nah, ada satu amalam istighfar di bulan rajab yang bisa kita baca secara rutin setiap pagi dan sore. Melalui sosial medianya, Ustadzah Halimahalaydrus membagikan bacaan istighfar ini.

Kamu bisa membaca, “Allahummaghfirli Warhamnii Watub’alayya” sebanyak 70kali, setelah sholat subuh dan magrib. Bacaan istighfar ini memiliki arti, “Yaa Allah ampuni aku dan sayangilah aku, Yaa Allah karuniakanlah aku taubat kembali ke jalan-Mu.”

Memperbanyak Puasa Sunnah

Berbuka puasa/Foto: pexels.com

Puasa sunnah menjadi ibadah yang rutin dilaksanakan Rasullullah dan para sahabat. Kebiasaan ini, harus bisa kita tiru nih, Beauties.

Tidak hanya menambah pahala di sisi Allah, rajin berpuasa sunnah juga membuat kita mampu mengelola nafsu, termasuk emosi dengan baik. Dari segi kesehatan pun, rutin berpuasa akan membuat kesehatan pencernaan lebih baik.

Memasuki bulan Rajab ini, kamu disarankan untuk melaksanakan puasa  sunnah. Kegiatan ibadah ini juga bisa melatih diri kamu untuk menyambut puasa Ramadhan yang sebentar lagi tiba.

Kesempatan baik ini juga dapat dimanfaatkan bagi kamu yang masih memiliki hutang puasa Ramadhan. Ayo, Beauties, sudah lunas belum nih, hutang puasa Ramadhan kamu?

Menghidupkan Ibadah Malam

Ibadah malam/Foto: freepik.com/Sketsapedia

Bangun malam untuk melaksanakan ibadah, tidak hanya dianjurkan di bulan Rajab. Namun, kamu bisa memaksimalkan waktu di bulan ini untuk meningkatkan ibadah malam.

Kamu juga bisa menggunakan kesempatan ini untuk membiasakan diri, sehingga terbiasa mendirikan ibadah malam. Allah memberikan kesempatan kepada hamba-Nya untuk memohon ampun dan meminta pada waktu-waktu di akhir malam.

Maka dari itu, ayo kita manfaatkan waktu di bulan mulia ini untuk memperbaiki hubungan kita dengan Allah. Dan melatih diri kita menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya. Siap nggak nih, Beauties?

Mengikuti Kajian Islami

Belajar ilmu agama/Foto: freepik.com/tirachardz

Saat ini, kamu bisa menemukan informasi kajian dengan mudah di sosial media. Kelas kajian online ini menawarkan banyak pembahasan, mulai dari perkara tauhid hingga fiqih. Kamu bisa mengikuti kelas secara gratis, sampai kelas rutin yang berbayar.

Tidak hanya online, beberapa masjid juga menawarkan kelas kajian rutin yang bisa diikuti secara offline. Coba deh, kamu cek masjid di sekitar tempat tinggalmu. Kamu bisa mengikuti kajian-kajian tersebut, sesuai jadwal yang ditawarkan.

Mengikuti kajian islami, bukan hanya menambah pemahaman kita tentang ilmu agama. Namun, kajian ini juga membantu kita dalam membangun semangat beribadah, sekaligus menambah teman-teman shalehah.

Nah, kamu bisa memanfaatkan waktu baik di bulan mulia ini untuk memperbanyak mengikuti kajian. Baik secara online maupun offline, insyaAllah semuanya memiliki manfaat untukmu.

Itulah empat kegiatan ibadah yang bisa kamu maksimalkan di bulan Rajab ini. Sekaligus mempersiapkan diri menyambut Ramadhan, kita harus terus menambah semangat untuk beribadah, ya.

Kita juga tidak boleh lupa bersyukur, Beauties, karena masih diberi kesempatan bertemu dengan bulan mulia ini. Jadi, semangat terus belajar dan beribadahnya ya, Beauties.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)