Bukan Obat Pencahar, 5 Makanan dan Minuman Alami Ini Efektif Atasi Masalah Sembelit

Mengalami sembelit dan kesulitan buang air besar adalah masalah pencernaan yang umum dihadapi oleh banyak orang. Untuk mengatasi ketidaknyamanan ini, memilih makanan dan minuman yang tepat dapat menjadi kunci untuk meredakan gejala.

Ada berbagai pilihan nutrisi yang dapat membantu merangsang gerakan usus. Berikut adalah daftar lima makanan dan minuman yang dapat menjadi sahabat terbaikmu saat menghadapi masalah sembelit. Simak!

1. Air Lemon

Air lemon/ Foto : Freepik/ Freepik

Air lemon, terutama saat diminum hangat, dapat memberikan sejumlah manfaat bagi sistem pencernaan. Kandungan vitamin C dalam lemon membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sementara asam sitratnya dapat merangsang produksi enzim pencernaan.

Lemon juga memiliki sifat detoksifikasi, membantu membersihkan racun dalam tubuh dan mempromosikan fungsi hati yang sehat. Minum air lemon hangat pada pagi hari dapat menjadi kebiasaan yang menyegarkan dan merangsang sistem pencernaan.

2. Teh Herbal

Teh herbal/ Foto : Freepik/ KamranAydinov

Teh herbal merupakan pilihan minuman yang bebas kafein dan dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan pencernaan. Teh herbal seperti peppermint, jahe, atau chamomile dapat memiliki efek menenangkan pada saluran pencernaan. Peppermint, misalnya, dapat membantu meredakan kelelahan pada otot usus dan merangsang gerakan usus.

Chamomile memiliki sifat anti-inflamasi dan antispasmodik yang dapat membantu meredakan gangguan pencernaan seperti perut kembung dan gas. Secara keseluruhan, teh herbal tidak hanya menyajikan rasa yang lezat, tetapi juga dapat menjadi bagian dari strategi untuk meredakan masalah pencernaan.

3. Yogurt atau Produk Fermentasi

Yogurt atau produk fermentasi/ Foto : Freepik/ Jcomp

Yogurt mengandung probiotik, mikroorganisme hidup yang menguntungkan kesehatan usus. Probiotik membantu menjaga keseimbangan usus, mengurangi peradangan, dan meredakan sembelit. Selain yogurt, produk fermentasi seperti kefir dan kimchi juga mengandung bakteri baik yang dapat mendukung kesehatan pencernaan.

4. Buah-buahan Berair

Buah-buahan Berair/ Foto : Freepik/ Freepik

Buah-buahan yang kaya air, seperti semangka, pepaya, melon, stroberi, dan beri lainnya, tidak hanya menyegarkan tetapi juga membawa manfaat untuk pencernaan.

Kandungan air dalam buah-buahan ini membantu menjaga tubuh terhidrasi, sementara serat larut dan pektin membantu melancarkan pencernaan. Serat tersebut juga mempercepat gerakan usus, memberikan bantuan alami dalam meredakan sembelit.

5. Sayuran dan Kacang-kacangan

Sayuran dan Kacang-kacangan/ Foto : Freepik/ Freepik

Serat memiliki peran krusial dalam memelihara kesehatan pencernaan, dan sayuran hijau, brokoli, wortel, kacang-kacangan, serta biji-bijian utuh adalah sumber serat tinggi yang tinggi. Serat ini membantu memperbaiki tekstur tinja, memberikan kepadatan yang sehat, dan merangsang gerakan usus. Peningkatan asupan serat sebaiknya dilakukan secara bertahap untuk mencegah kelebihan gas atau kembung.

____

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)