Bukan ke Gym, 5 Aktivitas Sehari-hari di Rumah Ini Ternyata Bisa Bakar Kalori Lho!

Siapa bilang aktivitas sehari-hari di rumah cuma bikin capek? Ternyata juga bisa jadi cara seru buat bakar kalori, loh!

Cara ini mungkin cocok banget buat kamu yang pengin tetap bergerak tapi nggak punya banyak waktu buat berangkat ke gym. Yuk, simak lima aktivitas simpel yang bisa dilakukan di rumah, tapi tetap bikin tubuh kamu aktif dan sehat berikut.

1. Membersihkan Kamar Mandi

Membersihkan kamar mandi/Foto: Freepik/Prostooleh

Membersihkan kamar mandi bukan cuma bikin ruangan bersih, tapi juga jadi olahraga kecil yang efektif. Ketika membersihkan kamar mandi, kamu melakukan gerakan menggosok yang melibatkan otot-otot tangan, lengan, dan bahkan perut.

Dalam 30 menit membersihkan kamar mandi, kamu bisa membakar sekitar 100-150 kalori. Wow, praktis bukan?

2. Mencuci Piring

Mencuci piring/Foto: Freepik/Freepik

Aktivitas mencuci piring ternyata bisa kamu manfaatkan untuk membakar kalori. Selain itu, berdiri di dapur sambil mencuci piring juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Dalam 20 menit mencuci piring, kamu bisa membakar sekitar 50-80 kalori. Jadi, daripada duduk-duduk dan berakhir nimbun lemak di perut, mending aktif bergerak dengan mencuci piring, kan?

3. Menyetrika Baju

Menyetrika baju/Foto: Freepik/KamranAydinov

Menyetrika memang kerap dianggap pekerjaan rumah tangga yang melelahkan, tapi tahukah kamu bahwa aktivitas ini juga bisa diterapkan untuk membakar kalori? Selama 30 menit menyetrika, kamu bisa membakar sekitar 60-90 kalori.

Jadi, sambil merapikan pakaian, kamu juga bisa menjaga kebugaran tubuh. Jangan lupa, putar musik favoritmu biar suasana semakin seru!

4. Membersihkan Kolong

Membersihkan kolong/Foto: Freepik/Freepik

Membersihkan kolong yang ada di setiap sudut ruangan ternyata juga bisa dijadikan sebagai latihan kardio ringan loh. Saat membersihkan kolong, kamu melibatkan gerakan membungkuk dan berjalan-jalan kecil.

Dalam 20 menit membersihkan kolong, kamu bisa membakar sekitar 80-120 kalori. Maka, mulai jadikan aktivitas ini sebagai cara me-refresh diri sambil tetap aktif bergerak.

5. Mendekorasi Rumah

Mendekorasi rumah/Foto: Freepik/Freepik

Aktivitas mendekorasi rumah tak hanya membuat hunian jadi lebih cantik, tapi juga bisa jadi bentuk latihan fisik yang menyenangkan. Mengangkat barang-barang ringan, naik turun tangga, atau bahkan menyusun furnitur dapat membakar kalori secara perlahan.

Dalam 30 menit mendekorasi, kamu bisa membakar sekitar 100-150 kalori. Jadi, kapan lagi kamu bisa berkreasi sambil tetap aktif menggerakkan tubuh?

Nah, Beauties, itu dia 5 aktivitas sehari-hari di rumah yang ternyata bisa bikin kamu bakar kalori tanpa harus ke gym. Ingat, setiap gerakan kecil juga dapat berperan bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kamu loh.

Jadi, jangan bosan bergerak aktif dan mari membuat aktivitas sehari-hari di rumah jadi lebih menyenangkan dan bermanfaat untuk kesehatan. Selamat beraktivitas!

****

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(ria/ria)