Buah Wajib Ada, Mengapa Jeruk Identik dengan Perayaan Imlek?

Saat merayakan Tahun Baru Imlek, tradisi yang dilakukan juga berkaitan dengan makanan yang disajikan, mulai dari kue keranjang hingga jeruk. Buah jeruk yang dicari pun bemacam-macam, seperti jeruk santang, mandarin, ataupun jeruk ponkam.

Bukan cuma disediakan untuk keluarga, jeruk terkadang diberikan sebagai hadiah untuk kerabat yang merayakan Imlek. Namun, apa sebenarnya makna jeruk sehingga begitu melekat dengan Tahun Baru Imlek ini?

Makna Jeruk saat Imlek

Jeruk/ Foto: detikcom/Grandyos Zafna

Bagi orang Tionghoa, jeruk punya makna tersendiri yang menjadikannya “buah wajib” untuk Imlek. Mengutip monash.edu.my, jeruk dianggap sebagai buah pembawa keberuntungan bagi masyarakat Tiongkok. Sebab dalam bahasa Mandarin, pengucapan kata jeruk mirip dengan pelafalan “kekayaan”.

Selain itu, bentuknya pun juga punya makna. Bentuk bulat pada jeruk menyerupai matahari yang memiliki makna kebahagiaan dan sangat menguntungkan. Sementara warna oranye pada jeruk melambangkan emas yang dipercaya sebagai simbol keuntungan.

Setelah mengetahui maknanya, tak heran jika orang Tionghoa mempunyai tradisi makan jeruk atau memberi hadiah jeruk, bukan? Melansir DetikNews, ketika jeruk diberikan sebagai hadiah, maka pemberi mengharapkan kemakmuran dan kebahagiaan untuk orang tersebut.
Nah, untuk menyambut Tahun Naga Kayu, apakah kamu ingin sediakan atau memberi hadiah jeruk juga untuk kerabat dan keluarga?

TransmartTransmart promo jeruk ponkam/ Foto: Courtesy of Transmart

Transmart punya promo spesial buat kamu yang ingin beli jeruk! Pembelian 10 buah jeruk ponkam (setara +/- 2kg) menggunakan Kartu Kredit Bank Mega hanya Rp 1,-MPC Points. Penawaran ini berlaku pada Minggu, 4 Februari 2024 pukul 14.00-15.00 di Transmart Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Balikpapan & Makassar dengan syarat dan ketentuan berlaku.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)