Bikin Hoki, Ini 5 Sajian Wajib Saat Imlek yang Melambangkan Kemakmuran

Perayaan Imlek lekat dengan berbagai tradisi hingga makanan. Sejumlah makanan tertentu pun diklaim menjadi sajian khas yang wajib ada saat perayaan Tahun Baru China tersebut. Menariknya, hidangan yang disiapkan ini tak hanya sekadar nikmat, tetapi juga memiliki nilai filosofi mendalam. 

Beberapa hidangan Imlek bahkan dipercaya dapat memberikan keberuntungan dan kemakmuran bagi yang menyantapnya. Penasaran apa saja? Dilansir dari China Highlights, berikut sederet sajian yang dimaksud. 

1. Ikan

Ikan/ Foto: Freepik.com/freepik

Ikan termasuk hidangan tradisional saat Tahun Baru Imlek. Bahan makanan ini biasanya diolah dengan cara dikukus.

Jenis ikan yang kerap digunakan adalah ikan mas crucian dan ikan mas lumpur cina yang dianggap dapat membawa keberuntungan.  Selain itu, ikan lele juga tak jarang dipilih karena melambangkan keinginan untuk surplus.

Ikan harus menjadi hidangan terakhir yang tersisa di meja karena dianggap sebagai simbol baik untuk memiliki lebih banyak uang di tahun mendatang. 

2. Pangsit

Pangsit/ Foto: Freepik.com/freepik

Lebih dari 1800 tahun lalu, pangsit telah menjadi makanan klasik yang disantap pada malam Tahun Baru Imlek. Hidangan ini pun disebut sebagai makanan keberuntungan dan dikaitkan dengan kekayaan.

Menurut tradisi, semakin banyak pangsit yang dimakan saat perayaan Imlek, maka semakin banyak uang yang akan dihasilkan di Tahun Baru. Pangsit cina dibuat berbentuk lonjong seperti perahu dengan kedua ujungnya yang menghadap ke atas.

Isiannya terdiri dari daging cincang dan sayuran cincang halus yang kemudian diolah dengan cara direbus, dikukus, digoreng, maupun dipanggang. Uniknya, penyajian pangsit tidak boleh disusun melingkar melainkan harus disusun dalam barisan sebagai lambang untuk menuju ke suatu tempat.

3. Ayam Utuh

Ayam utuh/ Foto: China Highlights

Ayam adalah simbol dari keluarga. Masyarakat Tionghoa biasanya menyajikan hidangan ayam ini secara utuh termasuk kepala dan kaki sebagai lambang persatuan dan keutuhan. Sajian yang satu ini pun sekaligus melambangkan awal dan akhir tahun yang baik. 

Umumnya, ayam direbus atau dipanggang dengan bahan-bahan sederhana. Setelah matang, seekor ayam utuh pertama kali akan dipersembahkan kepada leluhur dan dewa untuk mendapat berkah. Adapun bagian ceker ayam biasanya dimakan oleh pencari nafkah dalam keluarga karena dipercaya dapat membantu mereka ‘merebut’ kekayaan. 

4. Kue Ketan

Kue ketan/ Foto: China Highlights

Sajian lainnya yang juga wajib ada saat Imlek adalah kue ketan atau niangao. Hidangan manis ini terbuat dari ketan, gula, kastanye, kurma, dan daun teratai. Kalimat keberuntungan karena menyantap hidangan ini, yaitu ‘semakin tinggi dari tahun ke tahun.’

Artinya, hidangan ini diyakini bisa membuat kehidupan pada tahun berikutnya jauh lebih meningkat. Baik itu dari segi kesejahteraan dalam berbisnis, nilai belajar yang lebih baik, promosi di tempat kerja, hingga kemajuan umum dalam hidup. 

5. Lumpia

Lumpia/ Foto: Freepik.com/vecstock

Lumpia menjadi hidangan Imlek yang sangat populer, khususnya di Tiongkok Timur. Sajian berbentuk silinder ini diisi dengan sayuran, daging, atau sesuatu yang manis lalu dibungkus dengan adonan tipis. 

Selanjutnya, adonan tersebut digoreng hingga berwarna kuning keemasan. Ucapan keberuntungan saat makan lumpia adalah hwung-jin wan-lyang yang artinya ‘satu ton emas’. Ini karena lumpia goreng terlihat seperti emas batangan yang diharapkan dapat membawa kemakmuran.

Nah, itulah sejumlah sajian Imlek yang melambangkan kemakmuran. Pastikan hidangan tersebut tersedia di rumahmu saat Tahun Baru Imlek nanti ya, Beauties. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)