Biar Nggak Salah, Begini Cara Cek Daftar Caleg DPR, DPRD, dan DPD di Pemilu 2024

Masyarakat Indonesia sebentar lagi akan merayakan pesta demokrasi yang akan berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024. Selain Presiden dan Wakil Presiden, pada pemilu 2024 ini masyarakat Indonesia juga harus memilih anggota legislatif, mulai dari DPR, DPRD, hingga DPD.

Anggota legislatif nantinya memiliki peran penting sebagai perwakilan rakyat untuk mengawasi kebijakan pemerintah. Nah, berikut cara cek daftar Calon Anggota Legislatif (Caleg) di pemilu 2024 yang bisa kamu simak, Beauties!

Cara Cek Daftar Caleg DPR RI di Pemilu 2024

Selain mewakili suara rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memiliki wewenang dalam pembuatan undang-undang dan mengawasi kebijakan pemerintah. Berikut cara cek daftar Caleg DPR RI yang bisa kamu ikuti:

  • Kunjungi website Info KPU: https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Dct_dpr
  • Setelah semua data Daftar Calon Tetap DPR muncul, klik menu “Pilih Nama Dapil” lalu pilih Provinsi pilihan;
  • Kemudian klik menu “Profil” Caleg yang sudah terdaftar sebagai calon tetap anggota DPR RI sesuai Provinsi pilihan kamu.
Cara Cek Daftar Caleg DPRD Provinsi di Pemilu 2024

DPRD Riau/Foto: Instagram.com/dprd.riau

Selain DPR RI, pada pemilu 2024 nanti kamu juga harus memilih anggota DPRD Provinsi sesuai dengan daerah pemilihan. Secara garis besar, DPRD Provinsi memiliki wewenang untuk melakukan pengawasan pelaksanaan Peraturan Daerah dan APBD. Berikut cara cek daftar Caleg DPRD Provinsi di pemilu 2024:

  • Kunjungi website Info KPU: https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Dct_dprprov
  • Jika seluruh data Daftar Calon Tetap DPRD muncul, klik menu “Pilih Nama Dapil”;
  • Setelah semua Daftar Calon Tetap DPRD sesuai Provinsi pilihan muncul, klik menu “Profil” setiap Caleg yang terdaftar.
Cara Cek Caleg DPRD Kota/Kabupaten di Pemilu 2024

DPRD Kota Pekanbaru/Foto: Instagram.com/dprdkotapekanbaru

Tugas DPRD Kota/Kabupaten adalah mengawasi pemerintah tingkat Kota atau Kabupaten. Sederhananya, anggota DPRD Kota/Kabupaten akan menyetujui, memberikan pendapat, atau bahkan menolak keputusan Walikota atau Bupati. Berikut cara cek daftar Caleg DPRD Kota/Kabupaten:

  • Kunjungi website Info KPU: https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Dct_dprd
  • Setelah seluruh data Daftar Calon Tetap DPRD muncul, klik menu “Pilih Nama Dapil”;
  • Jika seluruh data Daftar Calon Anggota Tetap DPRD Kota/Kabupaten sesuai daerah pilihan muncul, klik menu “Profil” pada Caleg yang terdaftar.
Cara Cek Daftar Caleg DPD RI di Pemilu 2024

DPD RI/Foto: Instagram.com/dpdri

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) memiliki wewenang untuk mengawasi pelaksanaan otonomi daerah. Oleh karena itu, badan legislatif ini memiliki peran penting terhadap perkembangan dan pembangunan di masing-masing daerah. Berikut cara cek daftar Caleg DPD di pemilu 2024:

Nah, itulah cara cek daftar Caleg yang sudah menjadi Calon Anggota Tetap di DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota/Kabupaten, dan DPD di pemilu 2024. Yuk, cek masing-masing Caleg terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)