Berbahaya! Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini Bersamaan dengan Susu

Susu merupakan sumber nutrisi penting yang kaya akan kalsium, protein, dan vitamin D. Konsumsi susu secara teratur dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar. 

Ada berbagai cara kreatif dan bervariasi untuk mengkonsumsi susu, yang dapat memenuhi selera dan kebutuhan masing-masing individu. Meski begitu, terdapat beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan susu.

Kira-kira makanan apa saja dan kenapa, ya? Simak penjelasannya!

Ikan

Ikan/ Foto: freepik.com/topntp26

Dilansir dari Healthshot, berdasarkan penjelasan Dr. Pritam Moon selaku Consultant Physician, susu mempunyai efek mendinginkan tubuh, sedangkan daging ikan memiliki dampak pemanasan bagi badan.

Kombinasi ini menciptakan ketidakseimbangan yang dapat menyebabkan perubahan kimiawi dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan masalah pencernaan atau sakit pada bagian perut.

Pisang

Pisang/ Foto: unsplash.com/Eiliv Aceron

Banyak dari kita yang gemar makan pisang lalu minum susu. Apalagi kombinasi ini menjadi salah satu menu alternatif untuk sarapan. Akan tetapi, ternyata berdasarkan penjelasan Dr. Moon, kombinasi susu dan pisang membuat pencernaan bekerja lebih berat karena sulit memprosesnya dan mencerna lebih lama sehingga tubuh akan merasa lelah.

Melon

Melon/ Foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Susu cenderung berfungsi sebagai laksatif, dan buah melon memiliki sifat diuretik karena kaya akan kandungan air. Oleh karena itu, menggabungkan keduanya bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti muntah atau diare. Pasalnya, ketika susu dan melon bertemu maka akan ada penumpukan racun-racun dalam tubuh.

Daging

Daging/ Foto: unsplash.com/Stu Moffat

Meskipun susu sudah menjadi sumber protein yang baik, mengonsumsinya bersama dengan makanan tinggi protein lainnya seperti telur atau daging tidak disarankan. Dilansir dari Times of India, mengonsumsi sumber protein yang berat bersamaan bisa memberikan beban lebih pada sistem pencernaan. Efeknya yaitu ketidaknyamanan pencernaan dan kembung.

Makanan Asam

Makanan Asam/ Foto: freepik.com/wirestock

Dr. Moon mengatakan agar tidak mencampurkan buah-buahan citrus atau yang bersifat asam seperti jeruk atau lemon dengan susu. Pasalnya, susu membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, dan ketika seseorang mengonsumsi susu dan lemon atau buah sitrus lainnya bersamaan, susu cenderung menggumpal. Hal ini dapat menyebabkan perut penuh dengan gas hingga sakit maag.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)