Benarkah Cuci Muka di Pagi Lebih Baik Tanpa Facial Wash? Ini Kata Dokter Kulit!

Cuci muka memang sangat dibutuhkan di pagi hari terutama ketika bangun pagi. Kegiatan ini biasanya dilakukan agar menjaga kelembapan kulit sepanjang harinya. Tentu ini juga supaya muka menjadi segar untuk memulai aktivitas di pagi hari.

Dilansir Wolipop, dokter kulit Kevin Maharis menyebutkan alasan pentingnya cuci muka di pagi hari. Ia mengungkapkan supaya wajah bebas dari sisa krim malam yang menempel di wajah. Jika terpapar sinar matahari bisa menyebabkan kulit iritasi.

Untuk itu, cuci muka harus dilakukan namun tidak hanya menggunakan air saja, melainkan juga menggunakan sabun wajah. Mencuci wajah di pagi hari tidak hanya berlaku untuk mereka yang menggunakan krim malam saja, bagi mereka yang tidak menggunakannya, tetap disarankan untuk mencuci wajahnya.

Apalagi malam hari, kulit wajah selalu menyerap kotoran yang berada di sekeliling ruangan. Kulit pun juga memproduksi minyak di malam hari sehingga harus membiasakan mencuci wajah agar terhindar dari jerawat.

Meskipun demikian, apa cuci muka harus menggunakan sabun wajah (facial wash) atau hanya menggunakan air saja? Berikut penjelasan lengkapnya!

Mencuci Muka dengan Facial Wash Tidak Boleh Asal Dilakukan

Cuci Muka dengan Facial Wash/Foto: Pexels/Sora Shimazaki

Dalam mencuci muka dari sisa makeup, debu, maupun polusi udara dengan facial wash ternyata tidak boleh asal dilakukan, Beauties. Pasalnya, ada waktu terbaik untuk bisa mencuci muka dengan menggunakan sabun supaya kebersihan wajah selalu tetap terjaga.

Mengutip CNN Indonesia, sisa dari kotoran dan juga makeup yang menempel di wajah harus selalu dibersihkan karena kotoran-kotoran yang menempel itu bisa menumpuk di wajah. Tumpukan kotoran tersebut nantinya bisa menimbulkan berbagai macam masalah, misalnya jerawat, komedo, hingga kulit kusam. Padahal, seperti yang Beauties tahu bahwa wajah yang sehat dan bersinar atau glowing menjadi idaman semua orang.

Untuk itu, cuci muka dilakukan agar kulit bersih sebelum menggunakan berbagai skincare. Jika muka sudah bersih, maka kulit pun bisa menyerap skincare dengan maksimal. Hasil perawatan jadi terlihat di muka. Malahan, sebaiknya bersihkan sisa riasan dengan pembersih makeup terlebih dahulu agar wajah lebih bersih lagi.

 

Kapan Waktu Terbaik untuk Cuci Muka?

Waktu yang Tepat untuk Cuci Muka/Foto: Pinterest/Stocksy United

Jadi kapan waktu yang tepat untuk cuci muka menggunakan sabun ataupun facial wash? Lalu sebaiknya cuci muka dilakukan berapa kali sehari?

Berdasarkan Everyday Health, cuci muka disarankan untuk dilakukan sebanyak dua kali sehari yakni pagi hari dan malam hari. Joshua Zeichner selaku Direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis dari Mount Sinai Hospital di New York mengungkapkan cuci muka di pagi hari dapat Beauties lakukan usai bangun pagi.

Kemudian malam harinya, cuci muka bisa dilakukan sebelum tidur. Cuci muka di malam hari bisa dilakukan lebih awal, tepatnya setelah matahari terbenam. Jadi Beauties tidak perlu melakukannya sebelum tidur. Itu bisa mengoptimalkan dalam melindungi kulit dari kerusakan.

Jangan terlalu sering mencuci muka lebih dari dua kali. Apabila keseringan mencuci muka maka kulit wajah terasa kering apalagi jika kulitnya berjenis kulit terang.

Di sisi lain, dokter kulit dan asisten profesor klinis dermatologi, Fakultas Kedokteran University of Miami, dr. Todd Minar, MD menyebutkan bahwa mencuci muka di malam hari jauh lebih penting daripada cuci muka di pagi harinya.

Ia berpendapat apabila Beauties tidur dengan wajah bersih tanpa ada sisa riasan maupun kotoran yang menempel, maka cuci muka secara menyeluruh di pagi harinya tidak perlu dilakukan lagi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

 

(ria/ria)