Benarkah Anak Bungsu yang Paling Humoris di Keluarga? Ini Kata Penelitian

Beauties, apakah kamu anak sulung, tengah, bungsu, atau tunggal? Setiap anak tentu memiliki karakter dan sifatnya masing-masing. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa si bungsu ternyata anak yang paling humoris dan lucu di keluarga.

Meskipun kamu dan saudara tumbuh di lingkungan yang sama, tentu akan ada perbedaan sifat. Menurut para psikolog, urutan kelahiran bisa memengaruhi sifat seorang anak, termasuk soal si bungsu yang ternyata menjadi si paling humoris.

Dilansir dari Bright Side, psikoterapis Alfred Adler berpendapat bahwa urutan kelahiran dan saudara kandung memengaruhi kita dan berperan dalam pembentukan kepribadian kita. Meskipun anak-anak yang dibesarkan dalam satu keluarga tumbuh dalam lingkungan yang serupa, namun kondisi psikologisnya tetap bersifat individual karena urutan suksesinya.

Peneliti Ungkap Anak Bungsu Lebih Humoris

Benarkah Anak Bungsu yang Paling Humoris di Keluarga? Ini Kata Penelitian/Foto: unsplash.com/@thecreative_exchange

Banyak peneliti menjadi tertarik dengan teori ini, dan tren tersebut berlanjut hingga saat ini. Salah satu studi mengenai topik ini dilakukan oleh YouGov, sebuah firma riset pasar asal Inggris.

Sebanyak 1.782 orang berusia 18 tahun ke atas, berpartisipasi dalam penelitian ini, dan mereka diminta untuk membandingkan diri mereka dengan saudara mereka yang lain berdasarkan parameter yang berbeda, seperti rasa bertanggung jawab, easy-going, bersikap santai, dan humoris.

Ternyata, salah satu perbedaan paling drastis adalah soal sifat humoris. Anak bungsu cenderung mengatakan bahwa mereka lebih lucu dibandingkan saudara kandungnya (46 persen), serta lebih easy-going (42 persen) dan santai (47 persen). S

Sebaliknya, anak tertua menganggap diri mereka lebih bertanggung jawab (54 persen), lebih terorganisir (54 persen), dan lebih sukses (38 persen).

Anak Sulung Lebih Bertanggung Jawab
Si Paling Setia Kawan! 4 Zodiak Ini Merasa Lebih Tersakiti Ketika Kehilangan Sahabat daripada Pacar, Siapa Saja?/Foto: Freepik

Benarkah Anak Bungsu yang Paling Humoris di Keluarga? Ini Kata Penelitian/Foto: Freepik

Para peneliti yang mengembangkan teori ini berpendapat bahwa setiap anak mencari ‘posisi’ dalam keluarganya, dan di sinilah kepribadian mereka terbentuk.

Anak sulung mempunyai hak istimewa untuk menemukan tempat hidupnya terlebih dahulu. Mereka biasanya mendefinisikan peran mereka sebagai orang yang bertanggung jawab dan lebih teliti, berusaha menyenangkan orang tuanya, dan juga merasa bertanggung jawab terhadap adik-adiknya.

Sementara itu, anak bungsu yang berusaha menolak ‘status’ lebih tinggi dari anak sulung, berusaha mencari cara alternatif untuk mengekspresikan diri. Karena peran tanggung jawab telah diambil oleh anak sulung, maka anak bungsu mencoba membedakan diri mereka dengan cara lain dan sering kali menjadi lebih emosional, kreatif, dan lucu.

Kecenderungan Anak Tengah dan Anak Tunggal
Ilustrasi Pisces dan sahabat dekatnya/Foto: pexels.com/yankrukov

Benarkah Anak Bungsu yang Paling Humoris di Keluarga? Ini Kata Penelitian/Foto: Freepik

Lantas, bagaimana dengan si anak tengah? Mereka tidak mendapat ‘keistimewaan’ si bungsu, dan terkadang tidak mendapat perhatian yang sama seperti anak bungsu. Akibatnya, mereka sering kali merasa cemburu.

Mereka lebih cenderung menjadi pemberontak dalam keluarga, namun mereka juga mempelajari keterampilan berharga yang membantu mereka mudah bergaul dengan orang lain, sehingga mereka sering kali sangat ramah.

Berbeda dengan anak tunggal, mereka mendapat semua perhatian orang tuanya dan tidak perlu membaginya dengan siapa pun, sehingga mereka bisa jadi cukup manja. Pada saat yang sama, mereka mendapat semua dukungan yang mereka perlukan dan dikelilingi oleh orang-orang lanjut usia, yang membuat mereka sangat cerdas dan termotivasi, dan kemungkinan besar mereka akan sukses di masa depan.

Bagaimana menurutmu, Beauties? Apakah kamu si bungsu memang merasa paling humoris di dalam keluarga? Atau justru saudaramu yang lain yang paling humoris? Yuk, share ceritamu di kolom komentar!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)