Begini Pola Makan Orang-Orang dengan Umur Terpanjang di Dunia, Tertarik Mencoba?

Orang-orang yang tinggal di wilayah Zona Biru memiliki kehidupan yang sehat dan hidup lebih lama dibandingkan orang-orang di belahan dunia lain. Banyak dari mereka yang berumur lebih dari 100 tahun dan jarang mengidap penyakit seperti jantung, diabetes, kanker, dan obesitas.

Beberapa tempat di wilayah Zona Biru tersebut ialah Ikaria (Yunani), Okinawa (Jepang), Sardinia (Italia), Loma Linda (California), dan Nicoya (Kosta Rika). Salah satu rahasia yang membuat mereka memiliki umur lebih panjang ialah terletak pada pola makan mereka yang sangat sehat. 

Melansir dari laman Very Well Health, berikut pola makan orang-orang dengan umur terpanjang di dunia. Simak!

1. Makanan Kebanyakan dari Tumbuhan

Ilustrasi orang tua/Foto: Freepik.com/prostooleh

Orang-orang yang berumur panjang di dunia cenderung memiliki pola makan yang sebagian besar berbasis tumbuhan. Bisa dikatakan, asupan makanan sehari-hari mereka sekitar 95% hingga 100% persen berasal dari tumbuhan. 

2. Mengonsumsi Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Ilustrasi pasangan yang sedang memasak/Foto: Freepik.com/freepik

Sayuran berdaun gelap merupakan salah satu sayuran yang paling padat nutrisi. Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan lobak Swiss merupakan salah satu makanan berharga yang dikonsumsi oleh penduduk yang tinggal di wilayah Zona Biru. 

Sayuran hijau tua merupakan sumber vitamin A dan vitamin C yang baik. Vitamin tersebut memiliki zat di dalamnya yang membantu mencegah kerusakan sel. 

3. Mengonsumsi Bluberi

Ilustrasi bluberi/Foto: Freepik com/wirestock

Bluberi merupakan buah segar dan manis yang banyak disukai oleh para penduduk yang tinggal di wilayah Zona Biru.

Penelitian juga telah menunjukkan, bahwa bluberi dapat meningkatkan kesehatan otak seiring bertambahnya usia. Selain itu, juga dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan cara mengontrol tekanan darah.

4. Mengonsumsi Kacang-kacangan

Ilustrasi kacang-kacangan/Foto: Freepik.com/Racool_studio

Kacang kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Kacang mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk jantung. 

Penelitian juga menunjukkan, bahwa mengonsumsi kacang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Dengan menjaga kolesterol, maka dapat membantu mencegah penyakit jantung. 

5. Membatasi Produk Susu

Ilustrasi susu/Foto: Freepik.com/jcomp

Masyarakat yang tinggal di sebagian besar negara wilayah Zona Biru tidak banyak mengonsumsi produk susu. Produk susu biasanya tinggi lemak dan gula, dan sebaiknya dihindari. 

Beberapa negara wilayah Zona Biru memang memasukkan produk susu domba atau kambing, tetapi biasanya dikonsumsi dalam produk fermentasi seperti yogurt atau keju. 

6. Membatasi Daging

Ilustrasi daging/Foto: Freepik.com/freepik

Orang-orang dengan umur terpanjang di dunia jarang mengonsumsi daging. Sebaiknya, konsumsi tidak lebih dari 2 ons daging lima kali sebulan.

7. Menghindari Gula Tambahan

Ilustrasi gula/Foto: Freepik.com/jcomp

Gula tambahan sebaiknya hanya dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit, kurang dari 7 sendok teh sehari. Batasi camilan manis seperti kue dan permen. Jika ingin nyemil, pilihlah camilan yang sehat dari buah-buahan. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)