Beberapa Hal Ini Ternyata Bisa Jadi Penyebab Seseorang Menangis Saat Tidur! Apa Saja?

Tidur merupakan salah satu cara seseorang untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas. Memiliki tidur yang berkualitas adalah harapan setiap orang, agar bisa memulihkan tenaganya kembali.

Namun, apa jadinya jika saat tertidur terdapat beberapa kondisi yang tak bisa dikendalikan seperti mimpi buruk, mimpi terjatuh bahkan menangis saat terlelap.

Lantas, apa sebenarnya penyebab seseorang bisa menangis saat tertidur? Simak penuturan selengkapnya di artikel ini yuk, Beauties!


Mengapa Bisa Menangis Saat Tidur?

Ilustrasi Tidur/Foto: Freepik.com/jcomp

Jika bayi atau anak kecil menangis saat tidur itu dianggap hal wajar karena bisa saja mereka merasa kurang nyaman. Namun, jika orang dewasa menangis saat tidur bisa jadi itu artinya ada sesuatu yang terjadi.

Bisa jadi, hal itu disebabkan oleh kelelahan emosional, mengalami kondisi mental tertentu, atau baru saja mengalami kejadian yang membuat trauma. Ataupun hal lainnya, bisa disebabkan karena stres atau jika pada lansia yang mengalami perasaan emosional akibat penuaan yang menyebabkan keluarnya air mata saat tidur.

Dilansir dari Verrywell Mind, terdapat beberapa alasan lainnya yang bisa menyebabkan seseorang menangis saat terlelap. Seperti mimpi buruk, pasalnya hal itu dapat membuat seseorang merasa ketakutan, kesal, terguncang, gelisah hingga menangis.

Selain mimpi buruk, depresi juga bisa jadi salah satu alasannya, kaitan antara masalah tidur dengan depresi terlihat jelas, salah satu gejala depresi adalah menangis tanpa alasan yang jelas.

Kemungkinan lainnya adalah demensia pada lansia, ataupun parasomnia yang masuk ke gangguan tidur mencakup berjalan atau berbicara saat tidur.

Kemungkinan Adanya Kondisi Medis Tertentu

Tidur/Foto: Freepik.com/jcomp

Pada beberapa kasus, menangis saat tidur bisa jadi bukan karena emosi atau masalah mental belaka. Tapi sebaliknya, tangisan tersebut mungkin disebabkan oleh kondisi fisik yang menyebabkan mata berair.

Misalnya seperti alergi atau saluran air mata tersumbat, jika karena alasan tersebut jangan lupa untuk memeriksakannya ke dokter.

Cara Mengatasinya

Ilustrasi Konsultasi Ahli/Foto: Freepik.com

Beauties, sebenarnya menangis saat tidur sesekali bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Menjadi manusia berarti adalah hal yang wajar merasakan emosional, dan air mata adalah salah satu cara pengolahan emosi tersebut.

Namun, jika hal itu sudah mengganggu kondisi tubuh atau psikologismu, sebaiknya pergi konsultasikan dengan dokter, psikolog atau tenaga ahli lainnya untuk mengidentifikasinya lebih lanjut dan memulihkan kondisi tersebut.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)