Banyak yang Ngalamin, Apa Itu Boyfriend Air yang Trending di TikTok?

Buat kamu yang suka main media sosial terutama platform TikTok, pasti udah nggak asing dengan istilah Boyfriend Air, kan? Ya, baru-baru ini fenomena Boyfriend Air ramai diperbincangkan dalam platform video tersebut.

Banyak TikTokers yang membahas fenomena ini karena ternyata fenomena ini juga dirasakan oleh banyak orang. Lantas, apa sih Boyfriend Air itu? Apakah kamu pernah mengalaminya juga? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu Boyfriend Air?

Ilustrasi wajah kusam/ Foto: freepik.com

Dilansir dari USA Today, istilah “Boyfriend Air” yang viral beberapa waktu terakhir merupakan suatu fenomena di mana adanya perbedaan penampilan fisik perempuan setelah menghabiskan waktu bersama pasangannya. 

Berdasarkan konten-konten tersebut, fenomena ini terlihat memberikan perbedaan pada penampilan perempuan. Saat sendiri atau belum bertemu pasangan, tampilan perempuan akan terlihat glowing dan fresh. Sebaliknya, saat perempuan sudah bertemu dengan pasangannya dan menghabiskan waktu beberapa jam saja, penampilannya akan terlihat kurang fresh

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Ilustrasi pasangan/ Foto: freepik.com

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Personality and Social Psychology menunjukkan bahwa kehadiran pasangan dapat meningkatkan keamanan emosional, di mana hal ini dapat mengurangi tekanan terkait penampilan fisik.

Tentu dalam hubungan yang dekat, apabila seseorang merasa aman maka ia akan lebih nyaman untuk mengekspresikan diri tanpa memikirkan penampilannya. Perempuan akan merasa lebih bebas dan diterima sepenuhnya, sehingga tidak merasa perlu untuk  memperhatikan penampilannya. Terlebih, kebanyakan pasangan akan lebih memprioritaskan kualitas hubungan dan perasaan emosional. Oleh karena itu, perempuan akan cenderung untuk fokus dengan interaksi emosional.

Pendapat lainnya, yakni pernyataan dari seorang pekerja sosial klinis berlisensi, Cecille Ahrens, mengatakan bahwa hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan kebiasaan, seperti tidak terlalu memperhatikan kebersihan. Kebiasaan seperti ini kemungkinan menjadi salah satu penyebab mengapa perempuan bisa merasakan efek Boyfriend Air

Lalu bagaimana agar terhindar dari efek Boyfriend Air?

Ilustrasi perawatan wajah/ Foto: freepik.com

Sebagai seorang perempuan, ada cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari efek fenomena ini. Pastinya, kamu harus konsisten dengan perawatan diri. Meskipun sedang bersama pasangan, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan.

Hindari kebiasaan yang tidak baik seperti tidak mencuci tangan, menyentuh muka sembarangan, dan kebiasaan buruk lainnya. Dengan begitu, kamu tetap akan tampil fresh meskipun saat bersama pasanganmu.  

Gimana pendapat kamu soal fenomena Boyfriend Air? Apakah kamu juga mengalaminya, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)