Bak Indonesia Kedua, Ini 4 Daftar Negara yang Paling Banyak Dihuni Orang Indonesia!

Beauties, tahukah kamu kalau orang Indonesia juga tersebar di beberapa negara lain? Bahkan, ada negara yang bisa dijuluki sebagai “Indonesia Kedua” saking jumlah penduduk yang merupakan orang Indonesia di sana begitu banyak.

Nah, kira-kira negara apa saja yang paling banyak dihuni oleh orang Indonesia? Cek ulasannya berikut ini, Beauties.

1. Australia

Australia/Foto: Pexels/Catarina Sousa

Dilansir dari Asialink, jumlah penduduk Indonesia lebih banyak sepuluh kali lipat dibanding penduduk asli Australia lho, Beauties. Namun, pendapatan per kapitanya 1/10 dari pendapatan per kapitanya Australia.

Salah satu yang membuat orang Indonesia banyak yang menghuni Australia adalah tingginya jumlah pelajar Indonesia yang memilih untuk belajar di kampus-kampus di Australia.

Ya, mengutip Australian Embassy Indonesia, Negeri Kangguru telah menjadi destinasi melanjutkan studi bagi masyarakat Indonesia sejak sepuluh tahun terakhir. Pun, faktanya Australia semakin diminati dan menjadi tujuan para pelajar melanjutkan studinya. Hal ini terbukti dari meningkatnya jumlah mahasiswa Indonesia yang kuliah di Australia pada tahun 2023, yaitu sebanyak 8% lebih tinggi dibanding tahun lalu.

2. Suriname

Suriname/Foto: Pexels/Aboodi Vesakaran

Mengutip Wikipedia, hubungan sejarah antara Indonesia dan Suriname bermula dari terjadinya migrasi orang Indonesia (khususnya orang Jawa) ke Suriname pada tahu 1890-an. Orang Jawa dikirimkan ke Suriname oleh Belanda untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di wilayah jajahannya.

Kebanyakan orang Jawa di Suriname bekerja di bidang perkebunan dan pertanian. Saat ini, terdapat lebih dari 70 ribu warga atau 15% penduduk Suriname yang merupakan keturunan Jawa. Bahkan, orang berketurunan Jawa memegang jabatan penting di Suriname. Misalnya, sebagai menteri kabinet.

Tinggalnya orang Indonesia di Suriname dinilai menguntungkan Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan fakta bahwa pada tahun 2012 ekspor Indonesia ke Suriname menghasilkan USD 7,1 juta, sedangkan impor sebesar USD 1,8 juta. Bisnis di antara kedua negara ini pun terus berjalan. Terutama di bidang tekstil, pakaian, furnitur, peralatan rumah tangga, peralatan plastik, sepatu, bahan masakan, hingga alat musik.

3. Singapore

Singapore/Foto: Pexels/Pang Yuhao

Salah satu negara yang dekat dengan Indonesia dan dihuni oleh banyak orang Indonesia adalah Singapore. Diketahui setidaknya ada 200 ribu orang Indonesia tinggal di sana untuk melanjutkan pendidikan dan mencari nafkah.

Dilansir dari detikTravel, Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham, Silmy Karim, mengatakan bahwa WNI banyak yang pindah ke Singapore. Per tahun 2022 saja, ada 1.091 orang pindah kewarganegaraan ke Singapore.

Diduga, salah satu alasannya adalah penghasilan atau standar gaji di Singapore jauh lebih tinggi dibandingkan di Indonesia sehingga masa depan lebih terjamin. Ketertiban dan kebersihan lingkungan, serta kelengkapan fasilitas di Singapore juga menjadi daya tarik tersendiri bagi orang Indonesia untuk pindah ke sana. 

4. Belanda

Belanda/Foto: Pexels/Aaron Burden

Dilansir dari sumber lainnya, negara lain yang dihuni banyak orang Indonesia adalah Belanda. Hal ini dikaitkan dengan keinginan orang Indonesia untuk memperbaiki kehidupan dan menuntut ilmu di negeri kincir tersebut. Setidaknya ada ratusan ribu orang Indonesia yang tinggal di Belanda hingga saat ini.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)