Bak di Surga, Ini Fakta Menarik Kota Kopenhagen yang Kian Memanjakan Warganya!

Siapa yang nggak tau Kopenhagen? Kopenhagen adalah kota terbesar sekaligus ibukota dari negara Denmark. Kota yang menyabet predikat tata kota terbaik di dunia ini kerap menjadi salah satu tujuan wisata.

Banyak hal yang disuguhkan di kota Kopenhagen. Baik soal wisata, fasilitas, infrastruktur, hingga keamanannya. Yang menginginkan suasana damai dan nyaman, Kopenhagen bisa jadi solusinya.

Berikut ada 4 hal menarik dari Kopenhagen yang akan membuat Beauties ingin mengunjunginya!

1. Punya Jalur Sepeda, Jadi Surga Pecinta Gowes!

Kopenhagen punya 546 km jalur sepeda/foto: pexels.com/maria orlova

Siapa yang suka kemana-mana pakai sepeda? Jika di berbagai negara jarang ditemui jalur khusus sepeda, tidak dengan Kopenhagen, Denmark. Kopenhagen justru menjadi surganya pegiat sepeda.  

Diketahui Kopenhagen memiliki 546 km jalur sepeda. Tahun 2021, sebanyak 35% penduduk Kopenhagen memilih menggunakan sepeda sebagai alat transportasinya.

2. Siap Gempur 2025: Terapkan Netral Karbon

2025 Kopenhagen siap jadi ibukota negara yang pertama kali menerapkan netral karbon/foto: pexels.com/daniel jurin

Melansir CNCA (Carbon Neutral Cities Alliance), tahun 2025 mendatang Kopenhagen dirancang menjadi ibukota pertama di dunia yang menerapkan netral karbon. Setidaknya pada tahun itu sebanyak 75% dari semua perjalanan harus menggunakan sepeda, angkutan umum atau berjalan kaki. 

Kini, bus di Kopenhagen mulai marak berbasis listrik. Pada 2020 lalu, bus pelabuhan di Kopenhagen telah menggunakan listrik. Keputusan itu menjadi salah satu proyek pertama di dunia yang menjadikan transportasi umum di atas air 100% menggunakan listrik.

3. Sabet Kota Teraman di Dunia!

Tahun 2021 Kopenhagen sabet peringkat satu kota teraman di dunia/foto: pexels.com/shvets anna

Tak hanya dimanja dengan fasilitas kendaraan yang mumpuni, warga Kopenhagen juga mendapat jaminan rasa aman. Aman disini dinilai dari keamanan digital, kesehatan, infrastruktur, dan keamanan pribadi.

Untuk pertama kalinya pada 2021, Safe City Index (SCI) merilis Kopenhagen sebagai juara satu kota teraman di dunia. Sebelumnya pada 2019 Kopenhagen hanya berada di peringkat kedelapan. SCI adalah laporan dari The Economist Intelligence Unit yang disponsori oleh NEC Corporation.

4. Masyarakatnya Doyan Makanan Organik

Geranium, salah satu restoran di Kopenhagen yang menyediakan menu vegan/foto: pexels.com/taryn elliott

Melansir The World of Organic Agriculture Report (2021), wilayah Denmark termasuk Kopenhagen tercatat sebagai negara dengan konsumsi makanan organik tertinggi di dunia. Diketahui tiga dari empat orang di Denmark setiap harinya mengonsumsi makanan organik.

Kopenhagen adalah salah satu pusat kuliner yang ramah vegan. Salah satu restoran yang wajib dikunjungi untuk penikmat vegan adalah Geranium. Restoran ini masuk dalam 50 restoran terbaik di dunia 2022.

Geranium sendiri mengusung konsep menu tanpa daging. Restoran ini hanya fokus mengolah makanan lauk dan sayuran organik.

Gimana Beauties, apa pendapatmu tentang kota Kopenhagen? Tertarik untuk pindah kesana? 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(ria/ria)