Atasi Insomnia dengan Cara Menyenangkan! Ini 5 Minuman yang Bisa Bantu Tidurmu Makin Nyenyak

Ada berbagai gangguan tidur yang bisa memperburuk kualitas dan durasi tidurmu di malam hari, salah satunya insomnia. Jika dibiarkan berlarut-larut, kondisi insomnia ini bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan, baik fisik maupun mental.

Untuk mengatasi insomnia, kamu bisa mencoba berbagai cara, salah satunya adalah mengonsumsi minuman untuk mengatasi insomnia. Dilansir dari Healthline, inilah beberapa minuman yang bisa kamu konsumsi sebagai cara mengatasi insomniamu!

Jus Ceri


Ilustrasi/Foto: Unsplash/Rirri

Ceri adalah buah berbiji yang punya rasa bervariasi tergantung dengan varietasnya. Ada yang rasanya manis, getir, atau masam. Warna dari ceri juga cukup beragam, mulai dari kuning, merah, hingga ungu.

Selain cocok dijadikan selai untuk isian pai, ceri juga memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya meningkatkan kualitas tidur. Kandungan triptofan dalam ceri adalah alasan yang membuat buah ini bisa memberikan manfaat untuk membantu tidur tersebut.

Teh Kamomil

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Tea Creative │ Soo Chung
Ilustrasi/Foto: Unsplash/Tea Creative │ Soo Chung

Kamomil punya tampilan seperti bunga aster dan teh yang dibuat dari tumbuhan ini telah dikonsumsi selama bertahun-tahun. Teh dari kamomil punya segudang manfaat kesehatan, mulai dari meringankan gejala flu, mengurangi inflamasi, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Selain itu, beberapa peneliti juga menyatakan bahwa kamomil bisa meningkatkan kualitas tidur. Sebuah studi pada partisipan yang berusia 60 tahun ke atas menyatakan bahwa mengonsumsi 400 mg ekstrak kamomil selama 28 hari berturut-turut merupakan cara yang aman untuk meningkatkan kualitas tidur mereka.

Teh Ashwagandha

Ilustrasi/Foto: Unsplash/David Mao

Ashwagandha terkenal sebagai salah satu tanaman obat-obatan yang punya kualitas ampuh. Tanaman yang satu ini juga dikenal dengan julukan ginseng India atau ceri musim dingin. Ekstrak yang dibuat dari akar, beri, dan daunnya kerap digunakan untuk mengatasi stres, kecemasan, hingga radang sendi.

Akar ashwagandha mengandung komponen yang bisa menginduksi tidur ketika dikonsumsi dalam jumlah besar. Sebuah studi juga menyatakan bahwa ashwagandha menunjukkan potensi untuk membantu tubuh beristirahat sehingga meningkatkan kualitas tidur.

Teh Valerian

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Aaron Burden

Valerian adalah tanaman tahunan yang memiliki bunga berwarna pink atau putih dengan aroma yang manis. Sama seperti ashwagandha, akar valerian juga digunakan sebagai herbal obat-obatan yang bisa meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi insomnia.

Akar valerian bahkan menunjukkan hasil yang lebih optimal dalam mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur bagi perempuan yang sudah menopause. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 30 persen perempuan pascamenopause yang mengonsumsi 530 mg kapsul akar valerian 2 kali sehari selama seminggu mengalami peningkatan kualitas tidur.

Teh Peppermint

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Massimo Rinaldi

Herbal dari keluarga min ini lebih dikenal dalam dunia kuliner. Meskipun begitu, ternyata peppermint juga digunakan sebagai obat-obatan tradisional selama bertahun-tahun. Teh peppermint  dipercaya memiliki kandunagn antivirus, antimikroba, dan bahkan anti-alergi.

Peppermint juga bisa membantu masalah-masalah yang berkaitan dengan pencernaan dan meningkatkan kualitas tidur. Meskipun terbilang aman untuk dikonsumsi, teh peppermint memiliki kemungkinan untuk bereaksi terhadap pengobatan untuk masalah tekanan darah, pencernaan, hingga diabetes.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)