9 Kebiasaan dan Rutinitas di Malam Hari yang Bikin Kulit Glowing

Terkadang kebiasaan dan rutinitas di malam hari sebelum tidur berpengaruh bagi kesehatan tubuh dan juga kulit. Namun, jadwal yang padat seringkali menghalangi kita untuk melakukan beberapa kebiasaan baik di malam hari.

Melansir Pure Fiji, berikut sembilan tips dan kebiasaan sederhana di malam hari yang dapat membuat tidur lebih nyenyak, meningkatkan kesehatan kulit, dan membuat kulit lebih glowing.

1. Rapikan Barang-barang di Sekitar Kamu

Rapikan barang sekitar / Foto: pexels.com/cottonbro studio

Merapikan barang-barang yang berantakan adalah salah satu cara sederhana untuk menghilangkan stres sebelum tidur. Stres yang kamu biarkan akan berdampak buruk bagi kesehatan dan juga kulit, sehingga sulit bagi kamu untuk mendapatkan kulit glowing.

Menata barang-barang di rumah tidak harus rumit, kamu dapat meluangkan waktu 10-15 menit untuk merapikan skincare, lemari, meja, atau apa pun yang memberi sedikit ruang di sekitar.

2. Makan Camilan Maksimal Tiga Jam Sebelum Tidur

Jangan makan camilan sebelum tidur / Foto: pexels.com/Askar Abayev

Hindari makan camilan ketika beranjak tidur, dan usahakan untuk makan maksimal tiga jam sebelum jam tidur. Pastikan kamu menghindari keju, gandum, dan gula yang dapat merusak kulit dan mencegah kulit menjadi glowing. 

Camilan sehat yang ramah kulit dan dapat kamu konsumsi tiga jam sebelum tidur contohnya adalah ikan salmon, ikan teri, sarden, makarel, telur, kacang almond dan yogurt. 

3. Buat Jadwal Tidur yang Konsisten

Jadwal tidur konsisten / Foto: pexels.com/Craig Adderley

Buat jadwal tidur pada waktu yang sama setiap malam, dan usahakan untuk tidur setidaknya tujuh hingga delapan jam. Tidur yang cukup tidak hanya akan membantu memperbaiki kulit lebih glowing, tetapi juga akan membuat tubuh lebih segar dan berenergi keesokan harinya.

4. Mandi dan Menggunakan Masker Sebelum Tidur

Mandi dan memakai masker / Foto: pexels.com/Angela Roma

Mandi sebelum tidur dapat membantu mengeluarkan racun dan meredakan nyeri otot. Kamu juga dapat menggunakan masker ketika akan tidur, karena masker lebih efektif digunakan dalam keadaan rileks untuk membuat wajah glowing.

5. Yoga

Yoga untuk tubuh lebih sehat / Foto: pexels.com/Elina Fairytale

Yoga sebelum tidur dapat menjadi pertahanan terbaik dalam melawan insomnia. Ketika pikiran dan tubuh tenang, kamu juga dapat mempersiapkan diri untuk tidur yang lebih nyenyak, sehingga kulit pun juga akan lebih sehat dan glowing.

6. Bersihkan dan Hidrasi Wajah Kamu

Bersihkan wajah sebelum tidur / Foto: pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA

Mengaplikasikan skincare rutin sebelum tidur adalah salah satu cara untuk menunjukkan bahwa kamu mencintai diri sendiri. Jadi, jangan lupa untuk membersihkan dan menghidrasi wajah kamu sebelum tidur untuk kulit yang lebih glowing ya, Beauties.

7. Atur Suhu Ruangan

Atur suhu ruangan / Foto: freepik.com

21 derajat adalah suhu ruangan optimal untuk mencapai REM. Menurut ilmuwan dan pakar biometrik Lorenzo Turicchia, suhu tubuh kita perlu turun dua derajat agar bisa tertidur, dan berada di ruangan bersuhu tinggi membuat proses ini lebih sulit.

8. Pijat Kaki

Memijat kaki / Foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Memijat kaki membantu menarik kamu keluar dari pikiran-pikiran dan overthinking yang dapat membuat kamu tetap terjaga. Kamu dapat memijat kaki sesaat sebelum tidur agar cepat mengantuk dan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

9. Gunakan Minyak Esensial yang Menenangkan

Minyak esensial / Foto: pexels.com/Mareefe

Tingkatkan kecantikan tidur dengan minyak esensial. Tidak hanya aromanya yang harum, tetapi minyak esensial juga berasal dari bahan alami yang memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan kualitas tidur, mengurangi kecemasan, menurunkan tekanan darah, dan menghilangkan stres yang menumpuk.

Kamu dapat mengaplikasikannya dengan berbagai cara, seperti melalui diffuser, menggunakan krim, menabur air mawar, atau rollerball yang dapat kamu simpan di samping tempat tidur atau di bawah bantal.

Itu dia sembilan tips kebiasaan di malam hari sebelum tidur yang dapat membuat kulit glowing. Mendapatkan kulit glowing tidak hanya karena skincare, tetapi juga dimulai dari menjaga kesehatan dan kualitas tidur yang baik. Jadi, mulai lah dari memperbaiki kualitas tidur kamu ya, Beauties!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)