9 Kebiasaaan yang Jarang Disadari Ini Bisa Mengundang Penyakit, Cegah Sebelum Terlambat!

Menjaga kebersihan diri memang penting karena bisa berkaitan dengan kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Kamu bisa memulai menjaga kebersihan itu dari hal-hal kecil, seperti menyikat gigi, mencuci tangan, dan mencuci pakaian setelah digunakan.

Menjaga kebersihan diri itu penting untuk menjauhkan kita dari berbagai ancaman penyakit.  Namun, masih banyak kebiasaan yang tidak kamu sadari yang sebenarnya merupakan kebiasaan jorok yang bisa mengundang penyakit datang. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini!

1. Menggunakan Ponsel di Toilet

Bermain ponsel di toilet/ Foto: pexels.com/Miriam Alonso

Tak jarang ketika di dalam kamar mandi kamu membawa ponsel, entah itu untuk mendengarkan lagu ketika mandi atau dimainkan sambil Buang Air Besar (BAB).

Ketika ponsel kamu bawa ke dalam toilet, akan menyebabkan kuman yang ada di toilet menempel pada ponsel. Penelitian yang dilakukan London School of Hygiene and Tropical Medicine menemukan bahwa sebanyak 92 persen ponsel mengandung bakteri dan satu dari enam ponsel mengandung kotoran. 

2. Menggunakan Cotton Bud

Menggunakan cotton bud/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska:

Membersihkan kotoran telinga memang menyenangkan dan membuat telinga merasa lega. Namun, tak jarang membersihkan telinga dengan cotton bud dapat membuat telinga sakit.

Menurut American Academy of Otolaryngology, tidak boleh ada benda asing masuk ke telinga dengan alasan apa pun.

Ketika kamu mengorek telinga, akan menyebabkan kotoran telinga semakin terdorong ke dalam dan masuk lebih jauh ke saluran telinga. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada gendang telinga dan saluran telinga kamu. 

3. Kuku yang Dibiarkan Panjang

Kuku yang dibiarkan panjang/Foto: freepik.com

Tak jarang kuku yang panjang akan terlihat lebih cantik dibandingkan ketika kuku pendek. Namun, ternyata kuku yang cantik itu menyimpan banyak bakteri di dalamnya.

Menurut Centers for Disease Control (CDC), kuku yang kotor dapat menyebarkan sejumlah infeksi, seperti cacing kremi.

Ketika kamu jarang memotong kuku, kuku akan mudah rusak dan patah, serta lebih rentan menjadi sarang bakteri yang bisa menyebarkan infeksi pada tubuh.

 

4. Mencuci Rambut Setiap Hari

Mencuci rambut setiap hari/Foto: pexels.com/Armin Rimoldi

Kulit kepala menghasilkan minyak alami yang dibutuhkan untuk membuat rambut sehat dan berkilau. Ketika kamu mencuci rambut menggunakan sampo, kamu bukan hanya menghilangkan kotoran di rambut tapi juga minyak yang dibutuhkan rambut.

Dalam kandungan sampo juga terdapat bahan-bahan yang dapat mengeringkan kulit kepala yang bisa membuat rambut kering. Selain itu, mencuci rambut terlalu sering juga dapat membuat warna rambut kamu menjadi lebih kusam. 

5. Tidak Membersihkan Remote TV

Tidak membersihkan remot TV/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Remote TV menjadi barang yang sering digunakan, namun sering diabaikan kebersihannya. Remote TV banyak mengandung kuman yang berasal dari tangan kita.

Sebuah penelitian dari Universitas Virginia menemukan jejak flu biasa pada separuh remote TV yang diuji. Hal ini berarti apa yang kita lihat bersih tidak bersih sepenuhnya. 

6. Meletakkan Sikat Gigi di Dekat Toilet

Meletakan sikat gigi jauh dari toilet/ Foto: freepik.com

Ketika kamu meletakkan sikat gigi di dekat toilet, ada kemungkinan sikat gigi kamu mengalami kontaminasi silang. Setiap kali kamu menyiram toilet, partikel mikropis yang tidak terlihat akan menyebar ke area sekitarnya.

Sebaiknya, simpan sikat gigi kamu jauh dari toilet atau kamu bisa menyimpan sikat gigi kamu di tempat yang benar-benar kering. 

7. Jarang Mengganti Seprai

Mengganti seprai/Foto: freepik.com

Mengganti seprai tempat tidur memang merupakan kegiatan yang sulit dilakukan, sehingga kamu jarang melakukannya.

Ketika kamu jarang mengganti seprai, akan menyebabkan masalah kesehatan. Tungau, debu, dan jamur di seprai dapat berkembang biak pada seprai yang kotor, sehingga bisa menimbulkan masalah kesehatan, salah satunya alergi.

Melansir dari Health Digest, seprai yang tidak lama di cuci dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri yang berasal dari keringat kamu, sehingga bisa menimbulkan masalah pada kulit, seperti jerawat. 

8. Tidak Mencuci Tangan Usai dari Kamar Mandi

Mencuci tangan usai dari kamar mandi/Foto: freepik.com

Mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi penting untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Menurut Health, tidak mencuci tangan setelah buang air besar, lebih berbahaya dari pada memakan daging mentah. Tidak mencuci tangan setelah buang air besar dapat menyebarkan bakteri E.coli pada diri sendiri dan juga orang lain. 

Penelitian yang diterbitkan dalam Lancet Infectious Disease Journal, ada banyak jenis E. coli yang berbeda. Mereka bisa menyebabkan gejala yang mirip dengan keracunan makanan, infeksi saluran kemih, hingga infeksi darah. 

Kamu bisa mencuci tangan selama 20 detik usai menggunakan kamar mandi dan sebelum memegang makanan. 

9. Jarang Mencuci Botol Air Minum

Jarang mencuci botol air minum setelah pakai/Foto: freepik.com/stockking

Menggunakan botol air minum yang dapat digunakan berkali-kali memang baik untuk membantu mengurangi banyak sampah plastik.

Namun, seberapa sering kamu mencuci botol minum kamu setelah digunakan? Menurut USA Today, botol minum yang tidak dicuci selama beberapa hari dapat menampung bakteri dan partikel kotoran.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)