9 Film Tentang Perjuangan Rakyat Palestina Melawan Serangan Israel, Ada di Netflix!

Film adalah salah satu media penyampaian narasi berbagai isu yang ada di dunia. Hal ini termasuk genosida yang dilakukan oleh Israel kepada Palestina. 

Film-film yang tayang di Netflix ini bisa menggambarkan bagaimana kerasnya kehidupan di Palestina, Beauties. Dari yang setiap hari harus berhadapan dengan tentara bersenjata hingga mimpi-mimpi mereka yang terkubur akibat dari serangan tersebut. 

Berikut adalah daftar film di Netflix tentang perjuangan rakyat Palestina selama diserang oleh Israel yang telah dirangkum dari berbagai sumber.  

1. Children of Shatila (1998)

Children of Shatila/Foto: Netflix

Children of Shatila adalah film dokumenter karya Mai Masri yang memperlihatkan kehidupan di Shatila, sebuah tempat pengungsian di Lebanon. Dilansir dari PalestineCinema.com, kamp pengungsi ini menampung 150 ribu orang Palestina. 

Ada pendekatan unik dari sang sutradara dalam membuat dokumenter yang berdurasi 45 menit ini. Mai memberi handycam kepada Issa dan Farah, dua pengungsi yang masih kanak-kanak, untuk merekam segala apapun di sana. Dari kamera itu penonton diperlihatkan bagaimana kisah, mimpi-mimpi mereka, dan cara bertahan di Shatila. 

2. Like Twenty Impossible (2003)

Like Twenty Impossible/Foto: Netflix

Like Twenty Impossible adalah film pendek berdurasi 17 menit karya Annemarie Jacir, sutradara Palestina yang tinggal di Amerika Serikat. Film ini menceritakan kisah mencekam dari kru film asal Amerika Serikat yang kembali ke Tepi Barat, Palestina, dan harus melewati beberapa pos pengamanan tentara Israel. 

Film yang sempat tayang di Festival Cannes ini direkam saat Intifada yang kedua. Intifada adalah gerakan perlawanan rakyat Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza atas kependudukan Israel di dua wilayah tersebut. 

3. Salt of This Sea (2008)

Salt of the Sea/Foto: Netflix

Annemarie kembali lagi menggambarkan keadaan negara asalnya melalui Salt of This Sea yang tayang di tahun 2008. Film ini mengisahkan seorang perempuan berdarah Amerika-Palestina yang kembali ke tanah kelahirannya untuk meminta kembali beberapa aset keluarganya yang direbut saat Perang Arab-Israel terjadi di tahun 1948. 

4. Omar (2013)

Omar/Foto: Everett Collection

Omar, seorang pemuda Palestina, harus berjuang untuk menikahi kekasihnya yang tinggal di wilayah yang dikelilingi oleh tembok Israel. Di tengah perjuangan kisah cintanya itu, ia juga harus memikirkan tentang keamanan dirinya dan negaranya. 

5. Born in Gaza (2014)

Born in Gaza/Foto: Netflix

Serangan Israel kepada wilayah Gaza menimbulkan banyak kerusakan bangunan hingga korban jiwa yang berjumlah lebih dari 2 ribu orang. Film dokumenter Born In Gaza memperlihatkan kondisi Gaza dari perspektif 10 anak kecil yang hidupnya berubah akibat dari kejadian tersebut.

6. Eyes of a Thief (2014)

Eyes of a Thief/Foto: Netflix

Terinspirasi dari kisah nyata, Eyes of A Thief menceritakan kisah seorang ayah mencari anaknya yang hilang setelah ia dipenjara selama 10 tahun. Penonton akan dibuat berdebar dengan perjalanan pria tersebut karena harus berhadapan dengan tentara Israel yang menduduki wilayah Palestina. Serta adanya teka-teki: siapakah penculik dari anak kecil itu?

7. 3000 Nights (2015)

3000 Nights/Foto: Nour Productions

Terdapat seorang guru sekolah Palestina yang dipenjara secara tidak adil oleh Israel pada tahun 1980-an, ketika Palestina sedang mengalami gejolak politik. Saat di penjara itu, ia melahirkan seorang anak laki-laki. 3000 Nights menceritakan kisahnya yang berjuang untuk bertahan hidup dan membesarkan putranya dalam kondisi yang penuh tantangan.

8. The Present (2020)

The Present/Foto: Netflix

The Present adalah film pendek karya Farah Nabulsi yang mengambil kisah hangat antara ayah dan anak yang pergi ke Tepi Barat untuk membeli kado pernikahan. Saat menuju ke wilayah tersebut, terdapat tantangan yang harus mereka lewati seperti bernegosiasi dengan tentara zionis. 

Dikutip dari CNNIndonesia, film pendek ini memperoleh penghargaan Best Short Film 2021 di acara penghargaan bergengsi BAFTA. Selain itu, The Present juga mendapatkan nominasi Best Live Action Short Film dari Academy Awards.

9. Farha (2021)

Farha/Foto: Netflix

Yang terakhir ada Farha, sebuah film coming of age yang menggambarkan kehidupan seorang gadis Palestina saat peristiwa Nakba. Dilansir dari Al Jazeera, nakba adalah peristiwa pembersihan orang Palestina yang harus meninggalkan negaranya sendiri di tahun 1948. 

Itu dia 9 film Netflix tentang perjuangan rakyat Palestina. Film-film di atas akan memberimu perspektif baru dalam menyikapi genosida yang dilakukan Israel terhadap Palestina. Banyak kisah yang dapat membuatmu menangis, haru, dan bersimpati kepada para korban. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)