8 Tanda Hubungan Kamu dan Pasangan Dipenuhi dengan Green Flag, Alias Akan Selalu Aman!

Green flag adalah pola atau perilaku positif yang dapat membuat kondisi hubungan menjadi sehat. Untuk mewujudkannya, tentunya diperlukan usaha yang sama besar antara pihak perempuan maupun pria dalam menciptakan keharmonisan dan melakukan tindakan positif kepada pasangannya.

Apakah sebuah pasangan sudah aman dari red flag dan hubungannya dipenuhi oleh green flag dapat ditandai dengan hal-hal berikut ini.

1. Komunikasi Efektif

Komunikasi efektif/Foto: Pexels/cottonbro studio

Dilansir dari Choosing Therapy, komunikasi merupakan faktor utama yang dapat melanggengkan maupun menghancurkan sebuah hubungan. Dengan kata lain, komunikasi yang efektif merupakan indikator hubungan yang sehat.

Komunikasi bukan hanya soal nyambung saat mengobrol, tetapi juga saling memahami dan menghormati perasaan satu sama lain, bagaimana seseorang jujur terhadap pasangannya, bagaimana sebuah pasangan bisa mendiskusikan masalah dan mencari solusinya berdua. 

2. Adanya Empati

Adanya empati/Foto: Pexels/Timur Weber

Menunjukkan empati dapat dilakukan dengan sesederhana mendengarkan pasangan dan peduli terhadap apa yang dia alami. Menunjukkan empati dengan konsisten dapat membantu pasangan merasa diakui dan dipahami.

3. Menghargai Perbedaan

Menghargai perbedaan/Foto: Pexels/Vera Arsic

Menghargai perbedaan dalam hubungan bisa menjadi hal yang indah. Hal ini ditandai dengan kemampuan pasangan yang berbeda secara latar belakang, pengalaman, sifat, dan sikap denganmu namun bersedia untuk menerima dan memahami dirimu, begitu juga sebaliknya.

Pasangan yang baik tidak akan mencoba memaksakan keyakinan atau pandangannya terhadapmu, tapi memberimu ruang untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandangmu sendiri dan kamu bebas membagikannya pada dirinya.

4. Memiliki Minat yang Sama

Memiliki minat yang sama/Foto: Pexels/Luis Zambrano

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa suatu hubungan akan lebih bertahan lama pada pasangan yang memiliki minat yang sama dibandingkan ketika mereka tidak memiliki banyak kesamaan. Orang dengan minat dan pandangan hidup yang sama cenderung memiliki hubungan yang lebih lama dan lebih memuaskan dengan pasangannya. 

5. Saling Berbagi Rasa Aman

Saling berbagi rasa aman/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Dikutip dari Insider, merasa aman untuk berbagi apa pun dengan pasang merupakan salah satu indikasi bahwa kamu dan pasangan sama-sama berperan sebagai pendukung, pemberi rasa semangat dan aman, serta saling merasa diperhatikan dan dianggap penting oleh satu sama lain.

Contohnya, kamu merasa aman dengan pasangan adalah ketika kamu tidak ragu untuk menceritakan trauma, masa lalu, impian dan keinginan, serta pengalaman masa kecilmu padanya. Begitu juga sebaliknya.

6. Bisa Menikmati Waktu dengan Pasangan

Bisa menikmati waktu dengan pasangan/Foto: Pexels/Maksim Goncharenok

Sebuah studi pada tahun 2015 menemukan bahwa salah satu indikator utama kepuasan dalam hubungan adalah kualitas waktu yang dihabiskan bersama. Contohnya, ketika kamu dan pasangan senang melakukan hal-hal sederhana bersama-sama. Kamu menikmati setiap momen sekecil apa pun bersamanya.

 

7. Memiliki Nilai dan Tujuan Bersama

Memiliki nilai dan tujuan bersama/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Melansir Pink Villa, bendera hijau lain dalam hubungan adalah ketika kamu dan pasangan memiliki prinsip dan tujuan jangka panjang yang sama. Karena ini dapat membuka jalan untuk hubungan yang lebih mendalam.

Nilai-nilai yang diakui bersama merupakan dasar yang kuat untuk saling memahami, bekerjasama, saling mendorong pertumbuhan dan perkembangan antara satu sama lain.

8. Saling Mendukung

Saling mendukung/Foto: Pexels/Andres Ayrton

Kesediaan pasangan untuk memberikan dukungan, baik secara emosional, praktis, atau motivasi, adalah bendera hijau yang luar biasa dalam hubungan apa pun. Green flag yang satu ini ditandai dengan  perempuan dan pria saling mendukung selama masa-masa sulit, merayakan keberhasilan satu sama lain, dan memberikan bantuan ketika diperlukan.

____

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)