8 Lagu Indonesia yang Cocok Bikin Suasana Hujan Makin Syahdu, Wajib Masuk Playlist!

Musim hujan telah tiba! Kabar ini tentu saja dissambut gembira banyak orang karena sudah beberapa bulan terakhir Indonesia tengah dilanca cuaca panas dan kemarau yang berkepanjangan. Sejak November kemarin, musim hujan perlahan mulai merata ke seluruh wilayah Indonesia.

Lantas, mengapa musim hujan begitu dirindukan? Selain karena cuaca panas yang nyaris membakar tubuh, musim hujan kerap dirindukan karene filosofinya yang syahdu. Rintik hujan bahkan kerap digambarkan sebuah kesedihan sehingga nuansanya bisa berubah jadi tenang menjadi sedih hingga galau.

Di sisi lain, hujan kerap menjadi sebuah filosofi dari masa lalu dan kenangan. Tidak heran jika suasana hujan sangat identik dengan ketenangan. Karena itulah, menghabiskan waktu hujan dengan mendengarkan lagu-lagu bernuansa hujan akan memberikan kamu pengalaman yang menarik.

Jadi, lagu Indonesia apa saja sih yang wajib masuk dalam playlist musim hujan? Simak rekomendasinya berikut ini!

 

Utopia – Hujan

Utopia – Hujan/ Foto: YouTube/Aquarius Musikindo

Salah satu lagu wajib yang nggak boleh kamu lewatkan dari playlist musim hujan adalah Utopia – Hujan. Selama lebih dari satu dekade, lagu yang pertama kali rilis tahun 2007 ini masih relate dengan masa kini. Pasalnya, meskipun bertema hujan, namun nuansa lagu ini begitu cerah dan ceria.

Jika kamu mendengarkan lagu ini saat hujan tiba, maka suasana hujan pun akan jadi lebih berwarna. Liriknya pun dijamin mampu membuatmu melayang mengingat masa-masa indah dengan orang terkasih.

Efek Rumah Kaca – Desember

Efek Rumah Kaca – Desember/ Foto: YouTube/Efek Rumah Kaca Official

Mau menikmati suasana syahdu hujan? Maka coba dengarkah lagu dari Efek Rumah Kaca yang berjudul Desember ini. Seperti judulnya, lagu ini memiliki latar suasana hujan di bulan Desember. Wah, sangat cocok dengan suasana terkini saat ini kan, Beauties!

Selain latar suasananya yang cocok, irama dalam lagu ini benar-benar lembut. Alunan musik yang santai dan tenang pun akan membawa kamu seolah terbang dengan suasana dingin dan syahdunya hujan. Penasaran bagaimana syahdunya lagu ini? Segera masukkan playlist sekarang juga!

Taxi – Hujan Kemarin

Taxi – Hujan Kemarin/ Foto: YouTube/TAXI Band Official

Lagu Hujan Kemarin sempat populer saat masa kejayaannya di sekitar tahun 2010 lalu. Iramanya yang lembut, syahdu sekaligus lirik yang menusuk sangat cocok untuk menemani kamu yang lagi patah hati.

Pada lagu ini, hujan diartikan sebagai kebahagiaan cinta sesaat yang dirasakan oleh seseorang. Keindahan hujan sesaat yang ternyata menjadi badai ini pun membuat seseorang jadi trauma dan tak ingin jatuh cinta lagi. Benar-benar dalam ya, Beauties!

Ghaitsa Kenang – Hujan Bulan Juni

Ghaitsa Kenang – Hujan Bulan Juni/ Foto: YouTube/Warner Music Indonesia

Para pecinta novel sudah pasti tidak akan asing dengan lagu satu ini! Yap! Lagu ini diambil dari judul novel Sapardi Djoko Damono. Pada tahun 2017, novel ini kemudian diadaptasi menjadi film dengan soundtrack judul yang sama.

Dalam filosofinya, lagu Hujan Bulan Juni berkisah tentang perasaan cinta yang tumbuh namun disembunyikan karena beberapa hal. Seperti diketahui, bulan Juni sebenarnya sudah masuk musim panas. Sehingga hujan yang turun di bulan Juni termasuk jarang dan “sembunyi-sembunyi”.

Buat kamu yang lagi mendam rasa, lagu ini jangan luput masuk playlist, ya!

Payung Teduh – Puan Bermain Hujan

Payung Teduh – Puan Bermain Hujan/ Foto: YouTube/Payung Teduh Official

Mau suasana hujan lebih ceria? Coba buat masukkan lagu Puan Bermain Hujan dari Payung Teduh ini ke dalam playlist kamu! Irama lagunya yang syahdu membuat suasana tenang hujan jadi lebih asyik.

Dari liriknya, hujan dalam lagu ini dapat diartikan sebagai “kenangan masa lalu”. Arti “Puan Bermain Hujan” ini bisa berarti seorang perempuan yang masih merindukan dan terjebak pada kenangan masa lalunya bersama sang mantan kekasih. Padahal, di sisi lain sudah ada seseorang yang ingin mendekatinya.

Punya pengalaman yang relate dengan arti mendalam lagu tersebut? Yuk masukkan playlist!

Hivi! – Musim Hujan

Foto: YouTube/HIVI!

Layaknya filosofi pada umumnya, lagu ini menggunakan kiasan hujan sebagai gambaran dari masa lalu. Dari liriknya, tergambarkan jelas tentang seorang yang tidak bisa lepas dari musim hujan selama beberapa waktu. Sederhananya, lagu ini berkisah tentang seseorang yang gagal move on!

Meskipun memiliki ironi yang cukup sedih, namun irama nada dalam lagu ini dibuat cukup santai. Hasilnya, lagu ini cocok untuk yang tengah galau namun tidak ingin terlalu terpuruk!

Fatin – Pelangi dan Hujan

Fatin – Pelangi dan Hujan/ Foto: YouTube/Fatin

Lagu Pelangi dan Hujan dari Fatin ini sangat cocok untuk menemani keceriaan musim hujanmu. Pasalnya, meskipun bertema hujan, namun lagu ini memiliki nuansa yang menyenangkan karena berkisah tentang seseorang yang tengah dimabuk asmara.

Nuansa jatuh cinta yang penuh gemerlap rasa yang tidak bisa dijelaskan, digambarkan campur aduk melalui nada yang dilantunkan sang pemilik suara khas, Fatin. Penasaran seperti apa nuansa ceria hujan dari Fatin? Langsung play musiknya sekarang juga!

Sheila On 7 – Hujan Turun

Sheila On 7 – Hujan Turun/ Foto: YouTube/Sony Music Entertainment Indonesia

Sheila On 7 disebut band yang legendaris ternyata bukan tanpa alasan. Setelah puluhan tahun berkelana di dunia musik, lagu-lagu SO7 masih benar-benar diterima oleh telinga masyarakat apapun generasinya. Karena itulah, lagunya selalu direkomendasikan.

Salah satu lagu SO7 yang wajib banget masuk ke daftar playlist kamu adalah Hujan Turun. Nuansa tenang lagu ini akan membawamu hanyut dalam nostalgia.

Pada akhirnya, lagu tidak hanya bisa menemanimu menikmati hujan, tetapi juga bisa menjeratmu dengan nostalgia. Jadi, sudahkan memasukkan 8 lagu tersebut di dalam playlist kamu?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)