8 Kesalahan yang Bikin Kamu Sulit Kaya, Hindari Agar Keuanganmu Selalu Aman!

Sama halnya dengan keberhasilan, kekayaan tidak dapat diperoleh begitu saja. Kecuali, apabila kamu pewaris atau terlahir dari keluarga yang kaya raya hingga turun temurun.

Diperlukan pengetahuan dan cara membedakan gaya hidup dan pengelolaan uang yang benar dan yang salah agar kamu tidak mengalami kesulitan finansial nantinya. Berikut adalah sederet kesalahan yang dinilai dapat membuatmu sulit menjadi kaya. Apa saja? 

1. Sibuk Menyalahkan Orang Lain

Sibuk menyalahkan orang lain/Foto: Pexels/Liza Summer

Dilansir dari Business Revol, jika kamu lebih mudah menyalahkan orang lain yang lebih sukses atas kesusahan yang sedang kamu alami, berarti kamu memilih untuk tidak mau berusaha untuk maju. Kamu lebih merasa wajar untuk tetap hidup sengsara daripada bekerja seperti mereka yang lebih kuat secara finansial. Ini merupakan pola pikir yang salah dan tidak akan membawamu ke mana-mana, Beauties.

2. Kebiasaan Boros

Kebiasaan boros/Foto: Pexels/Energepiccom

Mengutip dari Kiplinger, salah satu gaya hidup yang sudah pasti membawamu ke jurang kesulitan finansial tentunya perilaku boros, yakni mengeluarkan uang di luar kemampuan atau pemasukan. Menghabiskan seluruh gaji atau pendapatanmu setiap bulan dapat menguras tabunganmu dan saldo kredit (bagi kamu yang memilikinya).

Untuk mengendalikan pengeluaran, mulailah melacak pengeluaran per bulan, berfokus membelanjakan kebutuhan dan bukan keinginan, buat anggaran yang realistis mencakup tagihan dan dana darurat. 

3. Selalu Membeli Barang Baru

Selalu membeli barang baru/Foto: Pexels/Sam Lion

Membeli barang baru memang tidak apa-apa, namun dapat menjauhkanmu dari investasi yang baik. Jika kamu merasa tidak nyaman membeli barang bekas, maka kamu bisa kehilangan peluang untuk menghemat uang karena barang bekas biasanya memungkinkan pembeli mendapatkan barang dengan harga 50%-75% lebih murah daripada harga barunya. Kamu bisa kok mendapatkan barang bekas dengan kondisi bagus dan kelihatan seperti baru asal pandai-pandai dalam memilihnya. 

4. Tidak Berinvestasi untuk Diri Sendiri

Tidak berinvestasi untuk diri sendiri/Foto: Pexels/Julia M Cameron

Ini mungkin hambatan terbesar dalam usahamu menu menuju kekayaan. Jika kamu tidak berinvestasi dalam melanjutkan pendidikan, mengikuti pelatihan, dan pengembangan pribadi, artinya kamu membatasi kemampuan untuk menghasilkan lebih banyak uang di masa depan. Karena pendidikan dan keterampilan kerja adalah aset paling berharga, Beauties.

So, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengambil kursus online atau melanjutkan studimu untuk memperbesar peluang mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan yang lebih besar.

5. Kebiasaan Membeli Barang yang Tidak Mampu Dibeli

Kebiasaan membeli barang yang tidak mampu dibeli/Foto: Pexels/The Glourious Studio

Dikutip dari Business Insider, jika kamu hidup tidak sesuai kemampuan, maka sulit untukmu menjadi kaya, Beauties. Sekalipun kamu mempunyai penghasilan yang besar, jangan jadikan itu sebagai pembenaran untuk meningkatkan gengsi atau gaya hidup sebelum kamu yakin keuanganmu akan selalu aman.

6. Puas dengan Gaji Tetap

Puas dengan gaji tetap/Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Bagi sebagian besar orang, ini merupakan penghambat kemakmuran karena hanya berani menempatkan diri di jalan yang aman. Orang-orang hebat tahu bahwa berwirausaha adalah jalan tercepat menuju kekayaan. Sementara lebih banyak orang hanya berani untuk tetap bekerja dengan gaji pas-pasan karena takut mencoba hal baru atau mencoba tantangan.

7. Tidak Punya Tujuan Pengeluaran Besar

Tidak punya tujuan pengeluaran yang besar/Foto: Pexels/Thgusstavo Santana

Jika kamu ingin kaya, prosesnya akan lebih mudah dan menyenangkan bila kamu memiliki tujuan pengeluaran yang jelas. Misalnya, untuk membeli rumah, membeli mobil, tinggal di kota atau negara lain, travelling sebulan sekali, membiayai pendidikan adikmu, atau membiayai kehidupan keluarga.

Mendahulukan Belanja Daripada Menabung

Mendahulukan belanja daripada menabung/Foto: Pexels/Maitree Rimthong

Jika Anda ingin kaya, lakukanlah yang sebaliknya, yaitu sisihkan dulu sebagian uangmu lalu membelanjakannya. Hal ini dapat membantumu memastikan uangmu dimanfaatkan secara efisien dan tidak terbuang sia-sia entah untuk membeli atau membayar apa.

____

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

 

(ria/ria)