8 Gejala Kolesterol Tinggi Pada Perempuan yang Perlu Dikenali, Termasuk Gampang Lelah!

Seiring bertambahnya usia, gejala kolesterol pada perempuan akan terlihat jelas. Untuk itu, kamu perlu mewaspadai tanda-tanda maupun gejala orang dengan kolesterol tinggi.

Gejala kolesterol umumnya dirasakan ketika kadar kolesterol sudah cukup tinggi. Kondisi tersebut dapat menyerang siapa saja dan jika kadar kolesterol sudah tinggi, maka dapat memicu berbagai risiko penyakit berbahaya.

Jurnal Women’s Cholesterol Levels Vary with Phase of Menstrual Cycle menyatakan, kadar kolesterol pada perempuan bergantung fase siklus menstruasi karena adanya perubahan kadar estrogen saat menstruasi.

Terdapat beberapa gejala kolesterol tinggi pada perempuan yang perlu dikenali dan diwaspadai kemunculannya. Yuk simak dengan seksama, Beauties!

1. Lidah Berwarna Ungu

Lidah berwarna ungu/Foto: Pexels/osvaldo castillo

Perubahan warna yang terjadi pada lidah dan membesarnya darah sublingual merupakan salah satu tanda gejala kolesterol tinggi pada perempuan. Kondisi tersebut mungkin terjadi ketika darah tidak dapat mengalir dengan baik melalui jaringan hingga menyebabkan kecepatan aliran darah berkurang.

2. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi/Foto: Pexels/nataliya vaitkevich

Tekanan darah tinggi atau kerap dikenal juga dengan hipertensi memiliki kaitan erat dengan kadar kolesterol yang tinggi. Jadi, kamu perlu berhati-hati ketika sudah mengidap hipertensi ya, Beauties.

Perlu diketahui, ketika plak kolesterol dan kalsium menyebabkan arteri bekerja lebih keras dan sempit, maka kerja jantung untuk memompa darah lebih keras. Jika hal tersebut terjadi terus-menerus, maka akan mengakibatkan hipertensi.

3. Nyeri pada Kaki

Nyeri pada kaki/Foto: Pexels/vidal balielo jr

Kesemutan hingga nyeri pada kaki ternyata tidak boleh dianggap sepele lho, Beauties. Karena hal ini merupakan salah satu gejala kolesterol yang terjadi pada perempuan.

Umumnya kondisi kesemutan hingga nyeri pada bagian kaki diakibatkan arteri yang tersumbat di kaki dan tidak mengalirkan darah yang dibutuhkan tubuh.

4. Xanthelasma Palpebrarum (XP)

Xanthelasma palpebrarum/Foto: Pexels/brianna swank

Xanthelasma Palpebrarum atau yang kerap disingkat XP merupakan endapan lemak yang muncul di bagian kelopak mata. Endapan lemak tersebut akan menimbulkan masalah pada fungsi mata, karena kadar kolesterol jahat yang berlebih dan menggumpal di bagian kelopak mata.

5. Lesi Kulit

Lesi kulit/Foto: Pexels/karolina grabowska

Kemunculan lesi kulit dapat terjadi karena penumpukan kolesterol jahat. Umumnya kemunculan lesi kulit dapat berupa benjolan kecil, nodul bahkan tumor jinak yang lama-kelamaan membesar.

Lima gejala kolesterol tinggi pada perempuan di atas perlu kamu waspadai agar terhindar dari risiko penyakit berbahaya, salah satunya penyakit jantung. Meski gejala kolesterol banyak dianggap remeh, nyatanya kondisi penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh menjadi salah satu penyebab utama kematian di dunia.

6. Kenaikan Berat Badan

Berat badan naik/Foto: Pexels/mart production

Berat badan naik yang drastis dalam waktu singkat meski nafsu makan turun merupakan salah satu gejala kolesterol tinggi. Umumnya penderita kolesterol sangat mudah mendeteksi gejala ini. Untuk mencegahnya, lakukan aktivitas fisik rutin setidaknya selama 2-3 minggu.

7. Nyeri pada Dada

Nyeri pada dada/Foto: Pexels/puwadon sangngern

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan endapan berbahaya di dinding arteri. Karena endapan tersebut, maka sirkulasi darah tidak lancar. Akibatnya, dada akan terasa nyeri.

8. Mudah Lelah

Mudah lelah/Foto: Pexels/cottonbro studio

Kondisi mudah lelah bisa menjadi salah satu tanda kolesterol tinggi. Adanya plak pada pembuluh darah membuat sirkulasi darah ke sel dan jaring tubuh terhambat. Biasanya hal tersebut akan menyebabkan seseorang sering merasa mengantuk dan mudah lelah ketika beraktivitas.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)