8 Cara Sederhana Mewujudkan ‘Women Empowered Women’, Yuk Mulai Ikut Lakukan!

“Women empowered women” tidak hanya perlu dijadikan slogan, namun perlu diwujudkan oleh setiap perempuan dalam mendukung perempuan lain untuk menjadi manusia yang berdaya. Pada kalimat tersebut artinya perempuan tidak saling melihat perempuan lain sebagai ancaman, melainkan sebagai saudara yang harus didukung dan disemangati agar lebih berkembang dan sukses.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mendukung dan menguatkan perempuan lainnya. Yuk kita ulas satu per satu. 

1. Memotivasi untuk Bangkit

Memotivasi untuk bangkit/Foto: Freepik/asier relampagostudio

Dikutip dari Rising Woman, sebagai perempuan kuat kamu bisa membuat perempuan lain bangkit dan kembali bergairah dalam hidupnya. Perempuan yang berdaya selalu memberikan masukan yang jujur sekalipun itu sedikit pahit untuk didengar. Namun, hal itu adalah bentuk kepedulian dan bermaksud memicu semangat perempuan lain untuk menjadi versi terbaik dirinya.

2. Memberdayakan Perempuan Lain

Memberdayakan perempuan lain/Foto: Pexels/George Milton

Melalui cara hidup, perkataan, dan masukannya, perempuan yang berdaya selalu menjadi pembela bagi perempuan lain. Perempuan yang berdaya lebih peduli dalam membantu orang lain setelah berhasil menyembuhkan dirinya sendiri.

Maka dari itu, jadilah orang yang aman untuk dikunjungi saat teman atau saudara perempuanmu sedang terpuruk dan coba bantu dia dengan memberikan nasihat yang bermanfaat.

3. Mengajak Mengerjakan Proyek Bersama

Mengajak mengerjakan proyek bersama/Foto: Pexels/Alexander Suhorucov

Dilansir dari Forbes, ketika project atau kesempatan baru muncul, seorang perempuan yang berdaya dapat membagi kesempatan untuk perempuan lain membuktikan diri bahwa dia bisa terlibat dan berkarya sesuai dengan kemampuannya.

4. Puji Pemikirannya

Puji pemikirannya/Foto: Pexels/Jopwell

Dikutip dari MBG Planet, jika ingin memuji perempuan lainnya, cobalah untuk mendeskripsikan kelebihan yang ada dalam dirinya, yaitu pemikiran dan sifat baiknya alih-alih hanya memuji penampilan fisiknya. Sebab, perempuan juga senang mendengar bahwa dia brilian, baik hati, kuat, tegar, berbakat, dan mampu

5. Peka terhadap Bias Gender

Peka terhadap bias gender/Foto: Pexels/Magda Ehlers

Kenali bias gender yang mungkin terjadi pada perempuan lain berdasarkan ras, usia, orientasi seksual, ekspresi gender, kemampuan fisik, tipe tubuh, latar belakang sosial-ekonomi, dan aspek lainnya yang melekat pada dirinya.

Kamu berhak untuk bersuara saat perempuan lain menghadapi bias di lingkunganmu yang mengarah pada diskriminasi terhadap dirinya. Selain itu, libatkan perempuan lain dalam percakapan penting agar tak hanya pria yang mendapat hak bersuara dalam pembahasan topik tertentu.

 

6. Dukung Bisnis dan Karya Perempuan

Dukung bisnis dan karya perempuan/Foto: Pexels/Tim Douglas

Faktanya, banyak pengusaha perempuan kekurangan dukungan yang memadai dalam segi pendanaan maupun keuntungan. Maka dari itu, mulailah mendukung bisnis yang didirikan perempuan lain, maupun karya yang dihasilkan perempuan lain agar mampu bersaing dengan bisnis maupun karya yang dihasilkan oleh pria.

7. Ucapkan Terima Kasih Secara Langsung

Ucapkan terima kasih secara langsung/Foto: Pexels/Marcus Wockel

Berterima kasih secara langsung pada perempuan lain atas jasa atau tindakan mereka, sekecil apa pun itu, untuk menunjukkan perhatian dan penrghargaan. Membuat perempuan lain ‘dilihat’ sangatlah membuat mereka merasa berdaya.

Di samping itu, berterima kasih merupakan bentuk sederhana kesopanan atas tindakan bermanfaat yang telah perempuan lakukan untuk kamu.

8. Tidak Bersaing dengan Perempuan Lain

Tidak bersaing dengan perempuan lain

Berhenti merasa bersaing dengan perempuan lain, menyalahkan perempuan lain, atau berpikir siapa yang lebih menderita atau lebih beruntung antara satu perempuan dengan perempuan lainnya. Hal ini dapat membantu kita terhindar dari mempermalukan orang lain atau merasa buruk.

Memandang orang lain sebagai saingan atau orang yang jahat tidak akan membuatmu terlihat lebih bersinar. Di sinilah diperlukan kejernihan hati dalam memandang perempuan lainnya sebagai orang yang setara dengan kita.

___

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)