8 Cara Memulai Percakapan dengan Orang Baru, Menurut Para Ahli Public Speaking!

Sebagian orang begitu mudah menyapa dan mengajak mengobrol seseorang. Atau, selalu punya banyak topik untuk dibicarakan. Namun, sebagian orang lainnya termasuk sulit mencari topik pembicaraan atau bingung ingin memulai percakapan dari mana.

Jika kamu termasuk orang yang sulit memulai percakapan, yuk simak 8 cara memulai percakapan menurut para ahli komunikasi dan public speaking berikut ini.

1. Memperkenalkan Diri

Memperkenalkan diri/Foto: Pexels/George Milton

Tidak ada salahnya jika kamu ingin memulai percakapan dengan orang di dekatmu, misalnya, saat mengantre atau menunggu kendaraan umum yang sama.

Dengan perkenalan, akan timbul banyak interaksi seputar penyakit (jika kamu berkenalan dengan orang di rumah sakit), maupun tentang hal-hal lain yang related dengan kamu dan orang lain yang posisinya berdekatan denganmu di tempat umum lainnya. Seperti itulah tips pertama yang dilansir dari Pumble.

2. Komentari Lingkungan Sekitar

Komentari lingkungan sekitar/Foto: Pexels/Josh Sorenson

Mengomentari keadaan sekitar atau hal-hal yang sedang viral sekarang ini menjadi topik yang aman untuk dijadikan awalan percakapanmu dengan orang lain. Kamu bisa membicarakan hal-hal menarik, kemacetan kota, atau topik positif lain bersama orang yang berdiri atau duduk di dekatmu.

3. Meminta Informasi

Meminta informasi/Foto: Pexels/tirachard kumtanom

Dikutip dari Indeed, tips yang satu ini kamu bisa lakukan dengan orang yang sudah kamu kenal maupun yang belum. Mintalah informasi yang kamu butuhkan dari orang yang kamu ajak bicara. Ini adalah cara yang dinilai efektif dan alami untuk membangun komunikasi dengan orang lain secara cepat.

4. Berikan Pujian

Berikan pujian/Foto: Pexels/JopwellS

Memuji seseorang dapat menyenangkan hatinya dan meningkatkan kepercayaandirinya. Maka, memuji potongan rambutnya yang bagus, presentasinya yang menarik, atau outfit-nya yang lucu bisa menjadi bahan yang mengawali obrolanmu dengan orang lain.

5. Menawarkan Atau Meminta Bantuan

Menawarkan atau meminta bantuan/Foto: Pexels/Shvets Production

Manfaatkan rasa butuh bantuan yang kamu alami atau berinisiatiflah untuk membantu orang lain yang sedang kesusahan melakukan atau memahami sesuatu di dekatmu.

Menawarkan bantuan bisa membuatmu disukai dan dipercaya orang lain. Sementara itu, meminta bantuan juga dapat menjadi cara efektif untuk memulai percakapan.

6. Membahas Pengalaman Bersama

Membahas pengalaman bersama/Foto: Pexels/Elle Hughes

Jika kamu ingin berbicara dengan orang yang sudah kamu kenal dan memiliki kesamaan pengalaman denganmu, kamu dapat menjadikan pengalaman itu sebagai topik pembicaraan.

Pengalaman yang kamu alami bersamanya dapat membuat hubungan dan komunikasimu dengannya lebih mudah. Percakapan pun dapat mengalir dengan lancar.

7. Minta Pendapat

Minta pendapat/Foto: Pexels/Anastasiya Gepp

Meminta pendapat orang lain menunjukkan bahwa kamu menghargai orang tersebut dan tertarik dengan cara berpikirnya. Apalagi jika orang tersebut familier dengan topik yang kamu berikan. Banyak orang yang akan senang hati menjawab bila dimintai pendapat pribadinya.

8. Tanyakan tentang Orang Tersebut

Tanyakan tentang orang tersebut/Foto: Pexels/Zen Chung

Orang pada dasarnya suka membicarakan diri mereka sendiri. Cobalah mencari topik yang memungkinkan orang tersebut berbicara tentang minat, keluarga, apa yang sedang dia hadapi, atau pengalamannya. Dijamin komunikasi dan perbincangan akan berjalan lancar antara kamu dan dia. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya KLIK DI SINI!

(ria/ria)