8 Cara Cepat Mengantuk untuk Kamu yang Sering Sulit Tidur Cepat

Rasa kantuk tidak bisa ditahan, tidak bisa pula dipaksakan. Rasa kantuk terjadi secara alamiah menuruti tingkat kelelahan atau stresnya seseorang. Namun, kamu tetap bisa berusaha menimbulkan rasa kantuk jika kamu ingin tidur lebih cepat dan teratur.

Apa saja caranya? Simak selengkapnya berikut ini, Beauties!

1. Turunkan Suhu Kamar

Turunkan suhu kamar/Foto: Pexels/Max Rahubovskiy

Melansir Healthline, secara ilmiah, saat kamu berbaring dan bersiap untuk tidur, tubuhmu mengeluarkan panas karena terjadi pelebaran pembuluh darah.

Untuk itu, menyetel AC dengan suhu dingin atau menggunakan kipas angin dapat menjaga suhu tubuhmu tetap rendah dan mendorong rasa kantuk. Sebab, suhu ruangan yang cukup dingin dapat mempermudah rasa kantuk datang dan mendatangkan kenyamanan untuk tidur.

2. Cobalah Metode Pernapasan 4-7-8

Metode pernapasan 4-7-8/Pexels/Ivan Samkov

Metode 4-7-8 adalah teknik pernapasan yang dapat meningkatkan ketenangan dan membantu Anda melepas lelah sebelum tidur. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Tempatkan ujung lidahmu di belakang gigi atasmu.
  2. Buang napas sepenuhnya melalui mulutmu.
  3. Hirup napas dengan mulut tertutup selama 4 detik.
  4. Tahan napas dan hitung  sampai 7 hitungan.
  5. Buka mulutmu dan buang napas sepenuhnya sampai 8 hitungan.

Ulangi siklus ini setidaknya tiga kali lagi.

3. Hindari Melihat Jam

Hindari melihat jam/Foto: Pexels/Miriam Alonso

Buatlah jadwal tidur setiap harinya dan tepati itu. Lalu, jangan sering-sering melihat jam setiap kali kamu terbangun dalam tidur. Sebab menurut penelitian, memantau jam atau waktu dapat memberi rasa cemas sehingga membuatmu sulit tidur.

4. Dengarkan Cerita atau Musik yang Menenangkan

Dengarkan cerita atau musik/Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Mendengarkan backsound suara air mengalir, alam, ombak, dan sebagainya dapat menenangkanmu dan memunculkan rasa kantuk bagi para pengidap insomnia. Musik ini juga dapat memberikan rasa nyaman dan relaksasi sebelum tidur.

Atau, bagi kamu yang mudah bosan mendengarkan cerita panjang, kamu bisa mencoba mendengarkan podcast atau cerita panjang di YouTube untuk membantu rasa kantukmu cepat datang.

5. Gunakan Aromaterapi

Gunakan aromaterapi/Foto: Pexels/Olha Ruskykh

Aromaterapi pada umumnya menggunakan minyak esensial yang aromanya dapat membantu memunculkan rasa kantuk pada seseorang. Aroma peppermint dan lavender dinilai sebagai aroma yang paling bisa menenangkanmu dan membuatmu mengantuk.

6. Menulis

Menulis/Foto: Pexels/Isaac Taylor

Beberapa orang mungkin kesulitan untuk tertidur karena pikirannya terus berputar-putar. Maka dari itu,  menulis jurnal dapat kamu lakukan untuk mengurangi kekhawatiran dan stres sebelum tidur. Manfaat lainnya dari menulis adalah dapat meningkatkan waktu dan kualitas tidurmu.

Kamu bisa menulis jurnal, peristiwa positif yang pernah kamu alami dan berkesan, rencanamu di esok hari, peristiwa menarik, dan perasaanmu di hari itu.

7. Hindari Makan Satu Jam Sebelum Tidur

Hindari makan satu jam sebelum tidur/Foto: Pexels/Eren Li

Mengutip Medical News Today, apa yang dimakan seseorang di malam hari dapat berdampak pada tidurnya. Misalnya, seseorang makan dalam porsi besar satu jam sebelum tidur dapat menghambat rasa kantuk datang.

Selain itu, makan sebelum tidur dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, mual, dan memperlambat proses pencernaanmu.

8. Membaca

Membaca/Foto: Pexels/Maksim Goncharenok

Bagi sebagian orang, membaca dapat membuat mata cepat lelah dan membosankan. Maka, cobalah membaca buku sebelum tidur untuk meningkatkan rasa kantuk hingga akhirnya kamu merasa matamu berat dan lelah. Seperti itulah yang dilansir dari Real Simple.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya KLIK DI SINI!

(ria/ria)