8 Barang yang Ternyata Nggak Boleh Naik Kabin Pesawat, Sebelum Pergi Liburan Yuk Catat Dulu!

Beberapa waktu lalu, sempat viral di media sosial terkait video seorang kreator di TikTok dengan akun (@febriansyahputra_24) mengenai koper AirWheel yang dilarang masuk ke kabin pesawat.

Dirinya yang saat itu membawa koper AirWheel mengaku terkejut sekaligus mempertanyakan adanya larangan baru tersebut. Sebab, berdasarkan pengalaman terbang sebelumnya, tidak ada larangan untuk membawa koper jenis AirWheel ke kabin.

Tentunya, larangan ini bukan tanpa alasan, melainkan karena semakin meningkatnya penggunaan koper AirWheel di bandara-bandara, terutama di Indonesia. Di mana pihak bandara mengkhawatirkan keselamatan dan kenyamanan penumpang.

Bukan cuma koper listrik saja, beberapa daftar barang berikut ini juga tidak boleh dibawa di kabin pesawat. Apa saja? Simak yuk!

1. Koper Listrik

Koper listrik/ Foto: Wikimedia

Smart luggage atau koper AirWheel merupakan jenis koper yang bisa dikendarai, karena dilengkapi dengan pegangan, roda, dan mesin yang memakai baterai litium. Tujuannya adalah untuk memudahkan penumpang dan membuat orang-orang tidak kelelahan saat berjalan jauh di bandara. Pemilik AirWheel hanya perlu duduk di atas koper dan mengendarainya seperti sepeda listrik.

Sayangnya, kebanyakan koper AirWheel menggunakan baterai litium yang mana berpotensi untuk meledak, sehingga tidak diizinkan untuk masuk ke kabin ataupun bagasi tercatat. Sementara itu, alat-alat elektronik atau koper listrik yang tidak menggunakan baterai lithium diizinkan, namun melalui ketentuan yang berlaku dari PED dan IATA.

2. Benda Tajam dan Senjata Api

Benda tajam/ Foto: Freepik.com/wirestock

Keberadaan benda tajam, seperti pisau, silet, gunting, dan alat pemotong daging, serta senjata api, berupa pistol, panah, ketapel, airsoft gun, maupun mainan replika senjata sangat dilarang masuk ke kabin pesawat untuk mengantisipasi kondisi-kondisi yang membahayakan penumpang.

Namun, jika benda tersebut memang harus dibawa, kamu harus menutup dan membungkusnya dengan sangat aman agar tidak melukai petugas bandara yang memeriksa barang-barang penumpang. Selain itu, benda tersebut hanya bisa dimasukkan ke dalam bagasi saja.

3. Cairan, Aerosol, dan Gel

Skincare travel size/ Foto: Freepik.com/freepik

Aturan satu ini sebenarnya tidak mutlak dilarang dibawa ke dalam kabin pesawat. Melainkan ada batasan untuk membawa benda berbentuk cairan, yaitu 100ml.

Sehingga, untuk membawa benda cair, seperti skincare, parfume, aerosol, dan gel harus dimasukkan ke dalam botol yang ukurannya lebih kecil atau menggunakan kantong plastik transparan khusus yang disediakan pihak maskapai, kemudian disegel.

Kalau Beauties tidak mematuhi aturan ini, maka siap-siap barang bawaan kamu bakal disita petugas bandara. Duh, jangan sampai, ya!

4. Barang yang Mudah Terbakar dan Meledak

Granat/ Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Semua jenis barang yang mudah terbakar dan meledak sangat dilarang untuk dibawa naik ke dalam kabin pesawat. Selain untuk alasan kenyamanan, membawa barang-barang tersebut ke kabin bisa membahayakan penumpang lain.

Beberapa barang yang termasuk kategori tersebut seperti bahan bakar, cat, thinner, granat, dan alat peledak. Bahkan, penumpang juga tidak diperbolehkan membawa replika yang serupa dengan barang-barang tersebut, misalnya granat mainan.

5. Benda atau Makanan Berbau Tajam

Durian/ Foto: Freepik.com/jcomp

Seperti yang kita ketahui, membawa benda-benda atau makanan berbau tajam dan menyengat ke dalam kabin dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain di dalam pesawat. Misalnya saja, buah durian, nangka, terasi, petis, ataupun bawang putih.

Tentu saja, sederet makanan tersebut mengeluarkan aroma-aroma yang tidak biasa, bahkan tak semua orang menyukainya.

6. Powerbank

Powerbank/ Foto: Freepik.com/fabrikasimf

Siapa nih yang baru tahu kalau tidak semua jenis powerbank bisa masuk ke dalam kabin pesawat? Yup, nyatanya powerbank dengan kapasitas diatas 20.000 mAh atau 100 watt, 5V, berisiko meledak. Sehingga, powerbank dengan kapasitas lebih dari itu, misalnya 32.000mAh atau lebih harus dengan seizin pihak maskapai dan hanya diperbolehkan membawa dua unit saja.

Beauties juga tidak diperbolehkan melakukan pengisian daya dari powerbank ke dalam jenis perangkat apa pun, termasuk mengisi daya handphone menggunakan powerbank.

7. Alat Pemukul

Alat pemukul/ Foto: Freepik.com/freepik

Membawa alat pemukul yang berpotensi melukai, seperti tongkat baseball, stik golf, tongkat, sampai double stick tidak diperbolehkan masuk ke kabin. Penyebabnya karena benda-benda tersebut bisa saja melukai penumpang lain atau seseorang melakukan kejahatan di dalam pesawat.

8. Benda Antik

Keris/ Foto: detikCom/Rifkianto Nugroho

Sejumlah benda antik dengan bentuk tajam dan berisiko melukai, seperti keris, guci kuno, piringan hitam, atau alat-alat berbahan besi tidak diperbolehkan masuk ke kabin. Kalaupun Beauties ingin membawanya, pastikan untuk membungkusnya dengan sangat aman dan rapi agar tidak melukai penumpang dan petugas pemeriksaan di bandara.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)