7 Trik Psikologi Agar Orang Menyukaimu, Auto Banyak yang Mendekat!

Beauties, memang kita tidak bisa meminta atau bahkan memaksa orang lain untuk menyukai kita. Namun, dengan disukai oleh banyak orang, tentunya hal tersebut dapat memudahkan kita dalam banyak urusan, memiliki banyak teman, dan memudahkan dalam membangun relasi.

Beauties, perlu untuk diingat agar tetap menjadi diri sendiri untuk disukai oleh banyak orang. Jangan membuatmu terlalu jumawa, atau bahkan menjadi diri orang lain demi mendapatkan perhatian orang sekelilingmu.

Berikut ini deretan trik psikologi yang bisa kamu ikuti agar orang-orang mudah menyukaimu, seperti dilansir dari laman Independent.

Coba Tiru Perilaku Mereka, Namun Secara Halus

7 Trik Psikologi Agar Orang Menyukaimu, Auto Banyak yang Mendekat/Foto: Freepik/freepik

Strategi ini disebut mirroring, dan melibatkan peniruan perilaku orang lain secara halus. Saat berbicara dengan seseorang, cobalah meniru bahasa tubuh, gerak tubuh, dan ekspresi wajahnya.

Pada 1999, peneliti Universitas New York mendokumentasikan “efek bunglon”, yang terjadi ketika orang secara tidak sadar meniru perilaku satu sama lain.

Peneliti meminta 72 pria dan perempuan mengerjakan suatu tugas dengan pasangannya. Mereka meniru perilaku peserta lain atau tidak, sementara peneliti merekam interaksi tersebut. Di akhir interaksi, para peneliti meminta peserta menunjukkan betapa mereka menyukai pasangannya.

Benar saja, partisipan lebih cenderung mengatakan bahwa mereka menyukai pasangannya ketika pasangannya meniru perilakunya.

Habiskan Banyak Waktu dengan Orang yang Ingin Kamu Jadikan Teman

7 Trik Psikologi Agar Orang Menyukaimu, Auto Banyak yang Mendekat/Foto: Freepik/freepik

Psikolog di Universitas Pittsburgh dalam penelitiannya meminta empat perempuan berpose sebagai mahasiswa di kelas psikologi universitas. Setiap perempuan muncul di kelas beberapa kali berbeda. 

Ketika para peneliti menunjukkan gambar keempat perempuan tersebut kepada siswa pria, mereka menunjukkan ketertarikan yang lebih besar terhadap perempuan yang lebih sering mereka lihat di kelas, meskipun mereka belum pernah berinteraksi satu sama lain.

Jangan Segan Puji Orang Lain

7 Trik Psikologi Agar Orang Menyukaimu, Auto Banyak yang Mendekat/Foto: Freepik/freepik

Sejatinya manusia suka dipuji. Jadi, jangan segan untuk memuji bila kamu ingin disukai oleh orang lain. 

Orang akan mengasosiasikan kata sifat yang kamu gunakan untuk menggambarkan orang lain dengan kepribadianmu. Fenomena ini disebut transferensi sifat spontan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology menemukan bahwa efek ini terjadi bahkan ketika orang mengetahui sifat-sifat tertentu tidak menggambarkan orang yang membicarakannya.

Menurut Gretchen Rubin, penulis buku “The Happiness Project”, “apa pun yang kamu katakan tentang orang lain memengaruhi cara orang melihatmu.”

Jika kamu  mendeskripsikan orang lain sebagai orang yang tulus dan baik hati, orang lain juga akan mengasosiasikanmu, dalam hal ini memuji, dengan kualitas tersebut. Hal sebaliknya juga berlaku, jika terus-menerus menjelek-jelekkan orang lain di belakang mereka, teman-temanmu juga akan melakukan hal serupa.

Perlihatkan Emosi yang Positif

7 Trik Psikologi Agar Orang Menyukaimu, Auto Banyak yang Mendekat/Foto: Freepik/freepik

Menurut makalah penelitian dari Ohio University dan University of Hawaii, orang secara tidak sadar dapat merasakan emosi orang-orang di sekitarnya.

Penulis makalah tersebut mengatakan hal ini mungkin terjadi karena kita secara alami meniru gerakan dan ekspresi wajah orang lain, yang pada gilirannya membuat kita merasakan sesuatu yang mirip dengan apa yang mereka rasakan.

Jika kamu ingin membuat orang lain merasa bahagia saat berada di dekatmu, lakukan yang terbaik untuk memperlihatkan emosi positif.

Bersikap Hangat dan Kompeten

7 Trik Psikologi Agar Orang Menyukaimu, Auto Banyak yang Mendekat/Foto: Freepik/tiachardz

Psikolog Universitas Princeton dan rekannya mengusulkan model konten stereotip, yaitu teori bahwa orang menilai orang lain berdasarkan kehangatan dan kompetensinya.

Menurut model tersebut, jika kamu dapat menggambarkan dirimu sebagai orang yang hangat–misalnya, tidak kompetitif dan ramah–orang akan merasa mereka dapat mempercayaimu. Jika kamu tampak kompeten– misalnya, jika kamu memiliki status ekonomi atau pendidikan yang tinggi– mereka akan lebih cenderung menghormatimu.

Psikolog Harvard Amy Cuddy mengatakan penting untuk menunjukkan kehangatan terlebih dahulu baru kemudian kompetensi, terutama dalam lingkungan bisnis.

“Dari perspektif evolusi,” tulis Cuddy dalam bukunya “Presence,” “lebih penting bagi kelangsungan hidup kita untuk mengetahui apakah seseorang layak kita percayai.”

Ungkapkan Kekurangan Diri dari Waktu ke Waktu

7 Trik Psikologi Agar Orang Menyukaimu, Auto Banyak yang Mendekat/Foto: Freepik/freepik

Menurut efek pratfall, orang akan lebih menyukaimu setelah kamu melakukan kesalahan, tetapi hanya jika mereka yakin kamu adalah orang yang kompeten. Mengungkapkan bahwa kamu tidak sempurna membuatmu lebih mudah diterima dan rentan terhadap orang-orang di sekitarmu.

Peneliti Elliot Aronson di University of Texas, Austin pertama kali menemukan fenomena ini ketika dia mempelajari bagaimana kesalahan sederhana dapat memengaruhi ketertarikan yang dirasakan. Dia meminta mahasiswa pria dari Universitas Minnesota untuk mendengarkan rekaman orang-orang yang mengikuti kuis.

Ketika seseorang mengerjakan kuis dengan baik tetapi menumpahkan kopi di akhir wawancara, para siswa menilai mereka lebih disukai dibandingkan ketika mereka mengerjakan kuis dengan baik dan tidak menumpahkan kopi atau tidak mengerjakan kuis dengan baik dan menumpahkan kopi.

Tersenyum

7 Trik Psikologi Agar Orang Menyukaimu, Auto Banyak yang Mendekat/Foto: Freepik/cookie_studio

Terakhir adalah jangan lupa untuk selalu tersenyum. Dalam sebuah penelitian di University of Wyoming, hampir 100 perempuan sarjana melihat foto perempuan lain dalam salah satu dari empat pose: tersenyum dalam posisi tubuh terbuka, tersenyum dalam posisi tubuh tertutup, tidak tersenyum dalam posisi tubuh terbuka, atau tidak tersenyum dalam posisi tubuh tertutup.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan dalam foto tersebut paling disukai ketika dia sedang tersenyum, terlepas dari posisi tubuhnya.

Sementara para peneliti di Universitas Stanford dan Universitas Duisburg-Essen menemukan bahwa siswa yang berinteraksi satu sama lain melalui avatar, merasa lebih positif terhadap interaksi tersebut ketika avatar tersebut menunjukkan senyuman yang lebih lebar.

Nah, Beauties, itu dia deretan trik psikologis yang bisa kamu coba tiru agar disukai oleh banyak orang. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)