7 Trik Diet Ala Orang Jepang agar Tubuh Ramping dan Sehat

Orang Jepang dikenal memiliki tubuh sehat dan tubuh ramping. Hal ini membuat banyak yang penasaran akan tips diet ala orang Jepang. Nah, diet ini dikenal cukup tradisional dengan memperbanyak asupan ikan, seafood, hingga sayuran.

Pasalnya, sejumlah makanan tersebut kaya akan kandungan nutrisi yang berperan dalam menjaga berat badan ideal serta meningkatkan kesehatan organ tubuh.

Nah, untuk mengurangi rasa penasaranmu, berikut ini adalah beberapa tips diet ala orang Jepang yang bisa kamu ikuti.

1. Perkaya Asupan Makanan Bernutrisi

Salah satu tips diet ala orang Jepang adalah memperbanyak asupan makanan bernutrisi, mulai dari kalsium, potasium, serat, magnesium, zat besi, vitamin A, C, serta E. Nutrisi tersebut bisa kamu jumpai pada beberapa jenis sayuran, ikan laut, maupun buah-buahan.

Berdasarkan laman Healthline, konsumsi sayuran dan ikan bisa membantu menambah energi sepanjang hari sekaligus menunjang program dietmu. Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi rumput laut dan teh hijau karena kaya akan kandungan antioksidan yang berperan dalam melindungi tubuh dari kerusakan sel serta serangan penyakit.

2. Perbanyak Konsumsi Sayuran

Ilustrasi/pexels.com/Cats Coming

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, memperbanyak konsumsi sayuran adalah hal penting untuk menunjang program diet. Orang Jepang terbiasa mengonsumsi setidaknya 4-5 jenis sayuran dalam setiap makanannya.

Sayuran tersebut bisa dimakan dalam kondisi mentah sebagai salad atau diolah menjadi sayur berkaldu. Namun, hindari menumisnya karena dapat menghilangkan nutrisinya. 

Di sisi lain, laman India Times juga menyarankan untuk konsumsi salad dengan saus berbahan yoghurt dan hindari saus mayones agar manfaatnya dapat diperoleh secara lebih maksimal.

3. Memenuhi Perut Sampai 80% Saja

Ilustrasi/freepik.com/jcomp

Tips diet ala orang Jepang lainnya adalah memenuhi perut sampai 80 persen saja. Pada dasarnya, makan sampai kenyang akan membantu tubuh agar dapat berenergi sepanjang hari dan menahan rasa lapar. 

Namun, untuk menunjang proses diet, sebaiknya penuhi perut sampai 80 persen saja dan hindari makan sampai benar-benar kenyang. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tekanan di usus dan memperlambat proses penuaan sel.

Di sisi lain, saat malam hari, kamu bisa mengonsumsi makanan ringan dan hindari makan berat. Tujuannya adalah untuk menjaga kinerja sistem pencernaan saat tidur.

Pasalnya, konsumsi makanan berat hanya akan membuatmu kenyang di pagi hari. Alhasil, kamu akan melewatkan sarapan dan justru mengganggu produktivitas sehari-hari.

4. Ganti Daging Merah dengan Ikan

Ilustrasi/pexels.com/Dana Tentis

Tips diet ala orang Jepang selanjutnya adalah mengganti asupan daging merah dengan ikan, seperti makarel, salmon, tuna segar, maupun sarden. Pasalnya, jenis ikan ini kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung serta memperbaiki suasana hati.

5. Konsumsi Makanan Fermentasi

Ilustrasi/pexels.com/Ella Olsson

Kamu juga dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan fermentasi, seperti miso, yoghurt, maupun tahu. Pasalnya, beberapa jenis makanan tersebut berperan dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Bukan hanya itu, makanan fermentasi juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, sehingga baik bagi penderita diabetes.

6. Konsumsi Produk Olahan Kedelai

Ilustrasi/pexels.com/Polina Tankilevitch

Tips diet ala orang Jepang berikutnya adalah mengonsumsi produk olahan kacang kedelai. Pasalnya, kacang-kacangan ini kaya akan kandungan protein dan minim kadar lemak jenuh, sehingga bisa menjadi alternatif bagi para vegetarian yang ingin diet.

Tak hanya itu, kacang kedelai juga diperkaya dengan kandungan vitamin B1, B2, B6, hingga E yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah timbulnya jerawat. Adapun beberapa produk olahan kedelai yang bisa kamu konsumsi adalah tahu dan susu kedelai.

7. Buah-buahan Segar

Ilustrasi/pexels.com/Jane Doan

Tips diet ala orang Jepang yang terakhir adalah konsumsi buah-buahan segar. Pasalnya, buah-buahan mengandung berbagai nutrisi yang dapat menunjang berat badan ideal serta membantu menjaga kesehatan tubuh. Kamu bisa memilih buah-buahan yang masih segar, seperti pisang, semangka, alpukat, buah beri, jeruk, hingga buah naga.

Nah, itulah beberapa tips diet ala orang Jepang yang bisa kamu coba untuk memperoleh berat badan ideal. Selain itu, kamu juga dapat mendukungnya dengan menerapkan gaya hidup sehat setiap hari. Jadi, yuk, selalu jaga berat badan agar tetap ideal mulai sekarang!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)