7 Sosok Juri MasterChef Indonesia dari Season ke Season

Buntut dari keluarnya Belinda Christina Sianto sebagai pemenang MasterChef Indonesia season 11, sosok para juri pun jadi sorotan besar netizen. Pada season ini sosok yang didapuk sebagai juri adalah Juna, Renatta, dan Arnold.

Terlepas dari kekecewaan netizen terhadap hasil penilaian para juri, siapa saja kah yang juga pernah menduduki singgahsana juri MasterChef Indonesia? Bagaimanakah sosok juri MasterChef dari season ke season? Berikut profil singkat juri MasterChef Indonesia pada season 1 hingga 11.

 

1. Juna Rorimpandey

Juna Rorimpandey/foto: instagram.com/junarorimpandeyofficial

Pria bernama lengkap Junior John Rorimpandey ini adalah juri paling senior di MasterChef Indonesia. Bagaimana tidak, Juna didapuk sebagai juri sejak season 1 hingga 11. Namun, di season 3 dan 4 Juna absen menjadi juri.

Juna menjadi salah satu juri MasterChef Indonesia dengan spesialisasi makanan Jepang dan Prancis. Sepanjang kariernya di MasterChef, Juna dikenal dengan sosoknya yang galak dan pedas dalam memberikan komentar.

Aksinya yang sering membuat netizen geram adalah kerap membuang masakan peserta MasterChef Indonesia yang rasanya tidak enak di lidah. Namun, melalui akun YouTube Arnold Poernomo, Juna mengatakan aksinya itu adalah wujud dari sikap refleks lantaran ketidakmauan mulut untuk menelannya.

2. Arnold Poernomo

Arnold Poernomo/foto: instagram.com/arnoldpo

Terlahir dari keluarga yang ahli memasak, membuat Arnold tertarik terjun ke dunia kuliner sejak kecil. Dulu, Arnold tercatat pernah mengeyam pendidikan di Covenant Christian School Sydney. Sebelum menjadi juri MasterChef di season 3 hingga sekarang, Arnold pernah menjadi juri tamu di season 2. 

Jika Juna dikenal kejam atau galak, Arnold dikenal tegas dan kocak. Pria kelahiran 1988 ini pun kerap memberikan komentar dengan nada meledek dan menggelitik. Selain itu, busana yang dipakai Arnold identik berwarna cerah dan bermotif jika dibandingkan dengan Juna dan Renatta.

3. Renatta Moeloek

Renatta Moeloek dan Choi Siwon/foto: instagram.com/renattamoeloek

Renatta mulai didapuk sebagai juri MasterChef Indonesia pada season 5. Kala itu dia menjadi chef perempuan yang menggantikan Marinka. Mengulik pendidikan seorang Renatta, ternyata dia adalah lulusan Le Cordon Bleu Paris dengan Sertifikat Superior dalam program diploma Cuisine & Pastry. 

Dia dikenal dengan gaya busananya yang simpel. Pembawaannya sebagai juri di MasterChef dinilai tegas dan misterius. Kedua rekannya yaitu Juna dan Arnold mengakui bahwa diantara mereka bertiga yang memiliki sifat paling jutek adalah Renatta.

4. RinRin Marinka (Chef Marinka)

Chef Marinka/foto: instagram.com/rinrinmarinka

Marinka sukses menjadi perempuan pertama yang didapuk sebagai juri MasterChef Indonesia. Meski akhirnya, keterlibatannya sebagai juri hanya berlangsung dalam 3 season, yaitu season 1 hingga 3. 

Marinka memiliki pembawaan diri yang lembut. Maka tak ayal, banyak yang menyayangkan dirinya berhenti menjadi juri MasterChef Indonesia.

Meski tak lagi menjadi juri, Marinka masih seliweran di layar kaca sebagai bintang iklan, pembawa acara, hingga bintang tamu. Dikanal YouTubenya, Simply Marinka, perempuan kelahiran Jakarta ini aktif membagikan konten memasak.

5. Vindex Tengker

Vindex Tengker/foto: instagram.com/chef_vindex_tengker

Vindex Tengker mulai santer dikenal publik lewat kariernya sebagai juri di MasterChef Indonesia season pertama bersama Juna dan Marinka. Namun sangat disayangkan, Vindex hanya bertahan di season 1 sebagai juri. Saat menjadi juri, pria kelahiran 1968 ini dikenal sebagai orang yang sangat berwibawa.

Di usianya yang sudah tidak muda lagi, Vindex masih semangat mendedikasikan dirinya di dunia kuliner. Hal itu dapat dilihat di laman instagramnya. Disana Vindex kerap membagikan konten makanan hingga tips memasak.

6. Degan Septoadji

Degan Septoadji/foto: instagram.com/deganseptoadji

Degan Septoadji menjadi juri MasterChef Indonesia pada season 2 dan 3. Pada season 2 Degan dipasangkan dengan Marinka dan Juna. Sementara di season 3 dipasangkan dengan Marinka dan Arnold.

Lahir di Jakarta, 1 September 1967, Degan juga pernah menjadi juri pada acara kompetisi masak-memasak di TV Nasional.

7. Matteo Guerinoni

Matteo Guerinoni/foto: instagram.com/matteoguerinoni33

Dalam sejarah kompetisi MasterChef Indonesia, season keempat hanya terdapat 2 juri yaitu Arnold Poernomo dan Matteo Guerinoni. Rupanya Matteo dan Juna memiliki kesamaan di mata netizen yaitu sama-sama sebagai juri bercap ‘galak’.

Peran Matteo sebagai juri pun sempat menuai pro dan kontra. Diketahui selain pebisnis Food and Beverage di wilayah Bali dan Jakarta, Matteo juga seorang pembalap dan komentator motorGP. 

Itulah profil singkat juri MasterChef Indonesia dari season 1-11. Gimana, siapa sih juri jagoan, Beauties? 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(ria/ria)