7 Perubahan dalam Kerajaan Inggris saat Raja Charles Bertakhta, Termasuk Soal Hidangan!

Semenjak kepergian Ratu Elizabeth II di tahun 2022 lalu, Kerajaan Inggris dipimpin oleh Raja Charles III. Anak sulung mendiang Ratu Elizabeth itu secara resmi menjadi raja sejak penobatannya atau coronation pada 6 Mei 2023. 

Dengan pimpinan dari ayahanda Pangeran William tersebut, struktur dan tradisi kerajaan mengalami perubahan. Nggak hanya itu, beberapa dokumen negara pun mengalami hal yang sama. 

Penasaran apa saja yang berubah? Yuk, simak deretan perubahan Kerajaan Inggris di bawah pimpinan Raja Charles III yang telah dirangkum oleh Reader’s Digest

1. Perubahaan pada Ahli Waris Kerajaan

Raja Charles dan Dua Pewaris Takhta Kerajaan Inggris/Foto: Instagram.com/theroyalfamily

Semenjak Raja Charles bertakhta, garis pewaris kerajaan berubah. Saat ini, Pangeran William menjadi pewaris pertama atau sebagai putra mahkota kerajaan. Ahli waris kedua dan ketiga diisi oleh anak pertama dan kedua William yakni Pangeran George dan Putri Charlotte. 

Lalu bagaimana jika sang raja meninggal dunia? Pangeran William langsung diangkat sebagai raja, Kate Middleton menjadi ratu, dan kedudukan Pangeran George menjadi putra mahkota. 

2. Alamat Tinggal Raja dan Ratu

Potret Kediaman Raja Charles dan Ratu Camilla/Foto: Royal UK

Raja dan istrinya, Ratu Camilla, nggak tinggal di Istana Buckingham seperti mendiang sang ratu. Sebab, istana mewah itu sedang dalam renovasi yang akan memakan waktu selama 10 tahun. 

Melansir RD, raja dan ratu tinggal di sebuah rumah kerajaan bernama Clarence House. Mereka sudah tinggal di rumah itu sejak tahun 2003. 

3. Lagu Kebangsaan Inggris

Bendera United Kingdom / Foto: Pexels/Ellie Burgin

Lagu kebangsaan Inggris berubah, yang awalnya God Save the Queen menjadi God Save the King setelah ayahanda dari Pangeran Harry itu naik takhta. Mengutip New York Times, pemerintah Inggris memang tidak pernah menulis lirik lagu kebangsaan secara resmi karena lagunya mengikuti siapa pemimpin kerajaan saat ini. 

Nggak ada perubahan banyak selain kata “queen” diubah menjadi “king“. Selain itu, kata ganti “she/her” yang kini “he/him“. 

4. Royal Cypher yang Baru

Royal Cypher Terbaru Kerajaan Inggris /Foto: Royal UK

Royal chyper atau simbol monarki kini berinisial “CIIIR” yang mengandung arti “Charles III Rex”. Kata ‘Rex‘ bermakna raja dalam bahasa Latin. Sebelumnya, simbol kerajaan adalah “EIIR” yang merupakan kepanjangan dari “Elizabeth II Regina” yang mana Regina ialah ratu dalam bahasa Latin pula. 

Melansir Telegraph, simbol tersebut akan nampak dalam beberapa dokumen dan properti negara seperti paspor, kancing, seragam militer, dan kotak pos di Inggris. Dalam paspor pun sebutan “Her Majesty” bakal diganti “His Majesty”.  

5. Uang Poundsterling

Raja Charles dan Ratu Camilla/Foto: Instagram.com/theroyalfamily

Raja yang berkuasa di Inggris saat ini bakal muncul di beberapa koin dan lembaran uang poundsterling. Menurut Bank Inggris, wajah sang raja akan dicetak dalam lembaran uang £5, £10, £20 dan £50. Uang tersebut akan beredar di musim panas 2024. 

Wajah dari Charles sebenarnya sudah ‘mejeng’ di uang koin 50 perak sejak 2020. Kendati demikian, uang-uang yang masih menampakkan wajah dari mendiang ratu masih dianggap sah sebagai alat transaksi.

6. Hidangan Istana

Foei Gras /Foto: iStock via DetikFood

Mantan suami dari Putri Diana itu disebut telah melarang foei gras untuk dihidangkan dalam perjamuan istana. Foei gras adalah makanan mewah khas Prancis yang terbuat dari hati angsa atau bebek.

Foei gras memang banyak dilarang di berbagai negara karena adanya penyiksaan terhadap angsa. Oleh karena itu, sikap dari sang raja banyak menuai pujian dari para aktivis anti penyiksaan terhadap hewan. 

Sang raja juga lebih mempromosikan makanan berbasis tumbuhan dalam setiap jamuan istana. Dalam sebuah wawancara dengan BBC, ia pernah mengaku telah mengurangi mengonsumsi makanan dan minuman hewani guna mengurangi ancaman lingkungan.   

7. Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Sambutan Natal Raja Charles/Foto: Instagram.com/theroyalfamily

Bukan rahasia lagi bahwa Raja Charles III peduli dengan isu-isu lingkungan. Ia nggak hanya menyebarkan kesadaran pentingnya lingkungan, tetapi juga langsung mengimplementasikan ke dalam gaya hidupnya. 

Sang raja disebut sering menyuruh staf istana untuk mematikan termostat di ruang istana yang kosong serta nggak terlalu sering memanaskan kolam renang. Selain itu, ia disebut mendaur ulang air mandi di rumahnya serta menggunakan bahan bakar ramah lingkungan untuk mobilnya. 

Melansir People, suami dari Ratu Camilla itu sempat mendobrak tradisi istana saat natal tahun 2023. Dalam sebuah siaran sambutan Natal, sang raja nampak berdiri di samping pohon natal yang asli. Staf istana menyebut dekorasi-dekorasi pohon natal itu juga ramah lingkungan dan dapat didaur ulang.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)