7 Penyebab Utama Orang Selingkuh Menurut Konselor Pernikahan, Termasuk Faktor Biologis!

Selingkuh menjadi suatu permasalahan hubungan yang menyakitkan ketika salah satu dari pasangan menjalani sebuah hubungan rahasia dengan orang lain. Perselingkuhan juga banyak memiliki macamnya, mulai dari selingkuh berupa pesan singkat hingga hubungan terlarang yang disembunyikan dengan jangka waktu pendek bahkan bertahun-tahun. Terkadang, kita penasaran apa yang menjadi penyebab seseorang selingkuh padahal mungkin mereka selalu bersikap manis juga kepada pasangannya?

Seorang konselor pernikahan, Dr. Rachel Glik, Ed.D., LPC mengungkapkan 7 alasan atau penyebab seseorang bisa berselingkuh pada situs mbgrelationship berdasarkan pengalaman praktiknya. Kira-kira apa saja ya?

1. Tidak Bisa Komitmen

llustrasi/Foto: freepik.com/stefamerfik

Rachel menemukan pasiennya yang selingkuh biasanya berawal dari patah hati dan kemudian jatuh cinta kembali. Namun, mereka seakan tidak menemukan kepuasan saat menjalin hubungan baru yang selalu dibandingkan dengan mantan kekasihnya sehingga mereka lebih mudah tertarik kepada orang lainnya lagi. Jadi, untuk menjalin komitmen dengan hubungan yang serius mereka akan kesulitan.

2. Kesulitan Mengontrol Emosi

llustrasi/Foto: freepik.com/pressfoto

Ketika seseorang sedang memiliki masalah yang membuat emosinya tidak terkontrol, baik itu masalah di keluarga ataupun pekerjaan yang mereka sendiri tidak bisa mengatasinya bisa menjadi salah satu pemicu perselingkuhan di mana ketika ia menemukan hal yang menyenangkan sesaat pada orang baru.

3. Adanya Peluang untuk Selingkuh

llustrasi/Foto: freepik.com/freepik

Peluang terjadi perselingkuhan lebih banyak dialami oleh pria dan wanita dalam lingkup pekerjaan dan lingkungan yang sama. Mereka lebih banyak saling berinteraksi. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka telah terjebak dalam sebuah hubungan rahasia hingga merasa terlanjur ketika melakukannya, meskipun dalam diri mereka tetap mencintai pasangan dan menjadikan pasangannya sebagai pilihan seumur hidup.

 

4. Menjadi Orang Tua

llustrasi/Foto: freepik.com/DC Studio

Rachel banyak menemui pasangan yang kewalahan dalam mengasuh dan bertanggung jawab kepada anak terutama pada pria. Kurangnya ikatan yang terjalin tentang kebersamaan antara orang tua dan anak bisa menyebabkan mereka mencari kebahagiaan di luar keluarga.

Banyak yang merasa malu karena menganggap anak adalah penghalang kebebasan serta kurangnya perhatian pada pasangan. Untuk menghindari terjadinya perselingkuhan dalam pernikahan, pasangan harus melakukan quality time berdua meskipun waktu sangatlah terbatas.

5. Merasa Tidak Dihargai

llustrasi/Foto: freepik.com/freepik

Seseorang yang merasa tidak dihargai akan membuat dirinya tidak nyaman dalam suatu hubungan. Mereka merasa tidak cukup baik sehingga merasa diremehkan oleh pasangannya. Alhasil, mereka akan mudah menjalin hubungan rahasia untuk mencari validasi yang mereka butuhkan.

6. Pertengkaran yang Belum Selesai

llustrasi/Foto: freepik.com/Drazen Zigic

Ketika masalah dalam hubungan tidak diselesaikan secara tuntas, tentu hal itu akan memberikan jarak kepada pasangan. Banyak penyebab pertengkaran yang biasanya berulang dalam pernikahan, seperti masalah dengan mertua, tanggung jawab masing-masing pasangan, hingga rasa senang dan dihargai oleh pasangan.

7. Faktor Biologis

llustrasi/Foto: freepik.com/freepik

Menjadi hal yang tidak masuk akal jika orang yang dianggap baik bisa terjebak untuk mengkhianati pasangannya. Namun, ternyata seorang ahli saraf menggunakan istilah neuroplastisitas untuk menjelaskan perubahan di otak sebagai akibat dari pengalaman dan pengetahuan. Hal serupa juga didukung oleh pernyataan konselor pernikahan lainnya bahwa ketika seseorang berselingkuh maka hormon-hormon bisa berkontribusi untuk melakukannya.

Sebuah survei menunjukkan adanya faktor biologis lainnya menunjukkan bahwa orang yang menderita neurologi ADHD lebih mudah untuk selingkuh. Meskipun faktor biologi tidak selalu menentukan tindakan, namun otak mampu memutuskan tindakan untuk kesadaran diri sebelum melakukan hal yang berakibat fatal.

Itulah 7 penyebab utama seseorang bisa selingkuh, bagaimanapun mengkhianati seseorang tidak pernah dibenarkan apalagi sudah terikat secara sah. Setuju, Beauties?

***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)