7 Makanan Viral di Indonesia Sepanjang 2023, Ada Seblak Cobek Rafael hingga Ikan Shisamo!

Media sosial seperti TikTok dan Instagram mencetak banyak tren viral di masyarakat. Salah satu konten yang paling digemari adalah tren kuliner viral. Sepanjang tahun 2023, para kreator konten telah mengenalkan berbagai pilihan makanan yang inovatif dan menarik untuk dicoba.

Mulai dari makanan sehat hingga camilan manis yang lezat, berikut deretan makanan viral tahun 2023. Mana, nih, yang Beauties pernah coba?

1. Seblak Cobek Rafael

Seblak Cobek Rafael/Foto: Instagram.com/rafaell_16

Siapa yang tidak mengenal seblak? Jajanan khas Sunda ini sebenarnya sudah digandrungi banyak orang sejak beberapa tahun lalu karena cita rasanya yang gurih pedas dan harga yang murah meriah. Tapi, ada varian seblak cobek baru yang viral tahun ini berkat aksi Rafael Tan di TikTok.

Awalnya, Rafael Tan, salah satu personel boygroup SMASH, gencar membuat konten review makanan dan jajanan khas Sunda di akun Instagramnya dengan menggunakan bahasa Sunda. Pada satu waktu, pria kelahiran Garut ini membagikan video mukbang seblak cobek beserta resepnya. Konten seblak tersebut kemudian jadi viral dan banyak yang tergiur untuk mencobanya. Lucunya lagi, warganet sampai mengangkat Rafael sebagai Duta Seblak.

Seblak cobek, atau dalam bahasa Sunda disebut seblak coét, berbahan dasar kerupuk mawar, bawang putih, kencur, dan cabai rawit, lalu disajikan di atas cobek. Seblak cobek ala Rafael ini menghadirkan cita rasa gurih dan pedas yang berbeda dari seblak kuah yang umumnya beredar.

2.Ikan Shisamo

Ikan Shisamo/Foto: Freepik.com/ikarahma

Ikan shisamo menjadi sangat populer setelah putra kedua pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad atau kerap disapa Cipung, diketahui sangat lahap makan ikan shishamo. Alhasil, banyak orang tertarik untuk menikmati kelezaan ikan ini. Lantas, seperti apa ikan shisamo itu?

Berasal dan populer di Hokkaido, Jepang, ikan shisamo merupakan ikan berukuran 15-20 cm yang tubuhnya berisi telur dan bertulang lunak. Ikan ini memiliki rasa yang cukup gurih dan aroma khas yang unik, biasanya disajikan dalam bentuk digoreng atau dibakar. Ada banyak restoran Jepang yang menjual menu ikan shisamo dengan harga berkisar Rp40 ribu–Rp45 ribu rupiah per porsinya.

Dari segi kesehatan, ikan shisamo sendiri memiliki banyak manfaat. Mengutip CNN Indonesia, kandungan asam lemak omega-3 pada ikan shisamo bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut, bagus untuk diet, hingga membantu menyeimbangkan kolesterol dan menjaga jantung sehat.

3. Rujak Jeruk Nipis

Rujak Jeruk Nipis/Foto: Instagram.com/jerrymci7

Rujak jeruk nipis masuk dalam jajaran makanan viral tahun 2023 di TikTok. Lain dengan kudapan rujak buah kebanyakan, rujak jeruk nipis isinya hanya terbuat dari jeruk nipis yang dilapisi dengan bumbu bubuk.

Untuk membuat rujak viral ini caranya sangat simpel. Pertama-tama, siapkan beberapa buah jeruk nipis. Kemudian kupas jeruk nipis, buang bijinya, dan potong sesuai selera. Campurkan jeruk nipis dengan bumbu-bumbu seperti cabe bubuk, garam, terasi, dan banyak gula.

Rujak ini menawarkan rasa yang asam, manis, asin, pedas, dan sangat segar.

4. Tunacado

Tunacado/Foto: Instagram.com/joeandthejuice

Tunacado merupakan sajian roti lapis spesial berupa roti gandum yang krispi dan tipis dengan tambahan isian tuna, alpukat, dan saus pesto. Makanan ini beberapa bulan lalu sangat viral di TikTok, bahkan banyak influencer yang berlomba-lomba mencicipi kuliner satu ini.

Hal unik yang membuat kuliner satu ini terkenal adalah perpaduan antara roti yang kering dan krispi dengan tuna dan alpukat yang lembut. Roti lapis ini juga didukung dengan cita rasa yang kaya, ada rasa gurih, asin, manis, tapi tetap ringan dan segar.

Tunacado sandwich bisa menjadi inspirasi menu sarapan yang bergizi komplit dan mudah dibuat di rumah.

5. Ichigo Daifuku

Ichigo Daifuku/Foto: Instagram.com/luvitaho

Ichigo daifuku adalah camilan manis berupa buah stroberi (ichigo) yang dilapisi pasta kacang merah (daifuku) yang dibungkus oleh moci yang lembut. Jika dahulu moci terbatas dengan isian pasta kacang merah, kini resepnya makin berkembang dengan menambahkan potongan stroberi segar.

Dengan sedikit sentuhan berbeda, penganan tradisional dari Negeri Sakura ini banyak digemari masyarakat Indonesia karena rasanya nggak membosankan. Ichigo daifuku memiliki cita rasa manis dan tekstur lembut yang memanjakan lidah.

6. Bento

Bento box/Foto: Freepik.com/freepik

Bento adalah istilah bahasa Jepang untuk makanan bekal berisi nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa dan dimakan di tempat lain. Bento sempat populer di Instagram dan TikTok menjadi bekal makan siang karena dianggap sebagai cara yang bagus untuk menyiapkan makanan yang bergizi lengkap.

Satu kotak bento biasanya diisi dengan karbohidrat, sayuran, protein, buah-buahan, dan camilan pendamping lainnya. Apalagi, sangat seru saat kamu mengatur semuanya secara rapi di kotak bento dengan tampilan yang lucu.

7. Es Kul-kul

Es Kul-kul/Foto: Instagram.com/jakulcepu

Es kul kul ialah kudapan buah beku yang dicelupkan ke dalam lelehan cokelat, lalu disajikan dengan topping di atasnya. Buah-buahan yang dipilih umumnya serupa pisang, melon, semangka, stroberi, anggur, dan nanas. Lantaran buahnya beku, maka lelehan cokelatnya dengan cepat akan ikut membeku.

Walaupun jajanan ini sudah eksis sejak era 2000-an, popularitasnya kembali meroket lantaran viral di media sosial. Bahkan, sekarang semakin banyak pedagang kaki lima yang menawarkannya. Biasanya sepotong es kul-kul dibanderol dengan harga Rp2 ribu. Tak ayal jajanan ini jadi favorit di kalangan anak-anak dan juga orang dewasa.

****
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

 

(ria/ria)