7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Bikin Kamu Lebih Panjang Umur, Yuk Mulai Terapkan!

Sebagian besar orang mendambakan memiliki fisik yang sehat dan umur yang panjang. Bukan hal yang mustahil untuk mewujudkannya. Tetap dibutuhkan usaha yang konsisten dan gaya hidup sehat agar bisa panjang umur.

Orang-orang yang mulai mengubah gaya hidup jadi lebih positif dan aktif secara fisik mempunyai peluang umur panjang lebih besar. Salah satunya seperti yang dilakukan kebanyakan orang Jepang. Mereka gemar berjalan kaki berkilo-kilo meter, serta mengonsumsi makanan tanpa pengolahan panjang dan tanpa banyak minyak.

Eits, nggak cuma itu aja, melansir dari CNN Indonesia, ada beberapa kebiasaan sederhana yang dilakukan sehari-hari yang dapat membantu kamu berumur panjang. Apa saja? Simak infonya disini!

1. Berolahraga

Berolahraga/ Foto: Freepik.com/benzoix

Sudah bukan rahasia, rutin berolahraga jadi salah satu kunci utama seseorang bisa berumur panjang. Tak harus olahraga berat, Beauties hanya perlu konsisten dan berkomitmen untuk berolahraga setidaknya 20 menit setiap hari.

Orang yang aktif berolahraga berkaitan dengan peningkatan harapan hidup yang lebih lama dan lebih sehat, dibandingkan seseorang yang jarang berolahraga dan tidak aktif bergerak sama sekali.

2. Rutin Berjalan Kaki

Rutin berjalan kaki/ Foto: Freepik.com/freepik

Siapa sangka dengan menjalani rutinitas sederhana seperti berjalan kaki, ternyata dapat membantu meningkatkan harapan hidup. Rutin berjalan kaki sebanyak 1.000 langkah setiap hari juga mampu mencegah kanker, penyakit jantung, dan membakar kalori.

Hal ini terbukti oleh beberapa hasil penelitian. Orang dewasa yang rutin berjalan kaki setidaknya 2.000-4.000 langkah per hari, bisa menurunkan risiko kematian di usia muda. Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dengan memulai hari dengan berjalan pagi sebelum beraktivitas atau bekerja. Rutinitas sederhana ini dapat memberikan rasa semangat sepanjang hari, loh.

3. Tidur Berkualitas

Memiliki waktu tidur yang berkualitas/ Foto: Freepik.com/senivpetro

Memiliki waktu tidur yang berkualitas terbukti dapat membuat umur lebih panjang. Selain dapat mempengaruhi kondisi mental, tidur yang cukup dan berkualitas berkaitan dengan tingkat hidup yang lebih lama.

Bahkan, sebuah studi mengemukakan, bahwa memiliki kebiasaan tidur yang baik bisa menambah 5 tahun pada umur laki-laki, dan meningkatkan hampir 2,5 tahun pada umur perempuan.

Jadi, jangan sering-sering begadang kalau ingin berumur panjang ya, Beauties!

4. Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Mengonsumsi buah dan sayur/ Foto: Freepik.com/wirestock

Terkesan sepele, tapi kenyataannya masih banyak orang mengabaikan manfaat baik dari mengonsumsi buah dan sayuran. Tak harus menjadi seorang vegan, kamu hanya perlu menyeimbangi asupan makanan sehari-hari dengan sayuran hijau dan buah-buahan.

Menerapkan pola makan sehat dengan memperbanyak sayuran hijau dapat meningkatkan peluang hidup lebih lama sebanyak 21 persen, loh.

So, tunggu apalagi? Jangan sampai malas makan sayuran ya!

5. Kumpul Bersama Teman

Kumpul bersama teman/ Foto: Freepik.com/freepik

Berkumpul dan dikelilingi oleh teman-teman yang kamu sayangi ternyata berdampak positif pada tingkat harapan hidup. Menghabiskan waktu dengan berbincang bersama ataupun melakukan aktivitas sosial memiliki kesempatan berumur lebih panjang.

Orang-orang yang memiliki lingkungan positif dan aktif dalam hubungan sosial mempunyai tekanan darah dan kadar kolesterol yang lebih rendah. Bahkan mereka jauh lebih bahagia dibandingkan seseorang yang sering menyendiri dan tidak bersosialisasi.

6. Tidak Merokok

Tidak merokok/ Foto: Freepik.com/prostooleh

Jika ingin panjang umur, sebaiknya mulai berhenti merokok maupun mengonsumsi alkohol. Sebab, merokok dapat merusak fungsi paru-paru dan berisiko terjangkit penyakit kronis lainnya yang mana dapat menurunkan angka kesempatan hidup.

Jadi, berhentilah merokok lebih awal sebelum mengalami masalah dan gejala penyakit paru-paru. Berhenti merokok dapat memberikan tingkat kesehatan yang besar, dan memberi peluang hidup lebih lama.  

7. Melakukan Diet Okinawa

Diet Okinawa/ Foto: Freepik.com/freepik

Selain merubah gaya hidup, pola makan sehat juga menjadi kunci kamu bisa panjang umur. Salah satu diet yang populer adalah diet Okinawa yang punya banyak manfaat untuk kesehatan dan memperpanjang umur.

Kebiasaan orang Okinawa, Jepang yang gemar mengonsumsi sayuran hijau dan makanan rendah kalori dinilai dapat meningkatkan harapan hidup. Kandungan antioksidan pada makanan yang dikonsumsi saat menjalani diet ini bisa memberi manfaat untuk tubuh. Manfaat paling nyata dari diet satu ini adalah kualitas umur yang panjang. Dimana rata-rata usia penduduk di Jepang bisa sampai usia 95 tahun, bahkan lebih dari itu.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)