7 Jenis Perselingkuhan yang Bikin Hubungan Hancur Berantakan, Sudah Tahu Belum?

Ada banyak faktor yang menyebabkan hancurnya sebuah hubungan, salah satunya adalah perselingkuhan. Belakangan ini, skandal perselingkuhan menjadi isu yang tengah hangat dibicarakan oleh kebanyakan orang, terutama di media sosial.

Selingkuh atau perselingkuhan tidak didefinisikan secara jelas karena dapat melibatkan beberapa hal. Hal ini lebih dari sekadar terlibat secara seksual dengan seseorang yang bukan pasangan dan bisa mencakup memiliki hubungan mendalam dengan orang lain. Sederhananya, selingkuh adalah tidak setia pada pasangan.

Seperti yang sudah disebutkan di awal, selingkuh dapat memicu kandasnya suatu hubungan, juga memberikan efek traumatis yang amat menyakitkan. Dan biasanya, mereka yang pernah berselingkuh, akan mengulangi hal yang serupa di kemudian hari meski sudah pernah ketahuan.

Selingkuh bukan hanya sekadar terlibat berhubungan secara seksual dengan orang yang bukan pasangan, ada banyak jenis perselingkuhan yang terjadi dalam sebuah hubungan. 

Kamu perlu tahu deretan jenis perselingkuhan yang mungkin jarang disadari. Melansir dari laman Marriage, berikut 7 di antaranya.

1. Perselingkuhan Emosional

7 Jenis Perselingkuhan yang Bikin Hubungan Hancur Berantakan/Foto: freepik/drazen zigic

Jenis perselingkuhan ini melibatkan keterikatan emosional dengan orang lain selain pasangan. Perselingkuhan jenis ini biasanya mudah dimaafkan karena tidak mencakup keintiman fisik, kendati begitu tetap dapat merusak suatu hubungan.

Ketika kamu terlibat secara emosional dengan seseorang, orang tersebut mengambil peran sebagai orang yang kamu percaya. Hal tersebut yang membuatmu meninggalkan pasangan. 

Sederhananya, kamu lebih mempercayai orang lain ketimbang pasangan. Hal ini tentu saja merupakan perselingkuhan dan bisa membuat pasangan merasa tersisih dari hubungan tersebut.

2. Perselingkuhan Finansial

7 Jenis Perselingkuhan yang Bikin Hubungan Hancur Berantakan/Foto: freepik/pressphoto

Kondisi ini biasanya terjadi kepada mereka yang sudah berumah tangga. Ketidaksetiaan pada finansial juga menjadi bentuk perselingkuhan yang mungkin jarang disadari. 

Bentuk perselingkuhan ini terjadi ketika pasangan tidak berterus terang tentang pengeluaran atau tabungannya. Mereka cenderung menyembunyikan laporan keuangan dari pasangan, atau bahkan berbohong soal pengeluaran.

Perselingkuhan finansial juga berarti menyimpan rahasia dari pasangan, dan hal tersebut dapat merusak kepercayaan yang sudah dibangun.

3. Perselingkuhan Online

7 Jenis Perselingkuhan yang Bikin Hubungan Hancur Berantakan/Foto: freepik/stefamirk

Jenis perselingkuhan ini adalah hubungan dengan nuansa intim dan seksual yang berkembang secara online melalui pesan singkat, panggilan, atau bahkan panggilan video.

Mereka yang terlibat dalam perselingkuhan online ini mungkin tidak pernah bertemu satu sama lain, namun koneksi mereka dapat mempengaruhi hubungan komitmen yang diam-diam sudah terjalin.

4. Berfantasi Tentang Orang Lain

7 Jenis Perselingkuhan yang Bikin Hubungan Hancur Berantakan/Foto: freepik/drobotdean

Berfantasi tentang seseorang yang bukan pasangan juga bagian dari bentuk perselingkuhan, Beauties. Menghabiskan waktu berjam-jam untuk melamun tentang seseorang yang menurut kamu menarik akan mendorongmu untuk bertindak lebih jauh. 

Selain itu, berfantasi akan mengarah pada tindakan tidak jujur ​​dan tidak bermoral atau dapat mengalihkan pikiran dari hubungan yang tengah dijalani saat ini. Kamu berfantasi tentang sesuatu yang tidak nyata dan membandingkan kenyataan dengan mimpi, ini dapat berdampak buruk pada hubunganmu.

5. Perselingkuhan Fisik Tanpa Seks

7 Jenis Perselingkuhan yang Bikin Hubungan Hancur Berantakan/Foto: freepik/freepik

Melakukan aktivitas seperti foreplay atau mencium orang lain selain pasangan, termasuk ke dalam jenis perselingkuhan secara fisik. Kendati tidak melibatkan seks di dalamnya, hal tersebut tak mengurangi rasa sakitnya pasangan ketika mengetahui orang yang dicintainya melakukan sentuhan fisik yang cukup intim dengan orang lain.

Dalam beberapa budaya, memeluk lawan jenis dianggap hal yang biasa. Namun di beberapa tempat, bersentuhan fisik dalam bentuk apapun bisa disebut perselingkuhan. Jadi, pastikan bahwa kamu dan pasangan menganut nilai yang sama, sehingga tak akan terjadi perselisihan mengenai hal tersebut.

Pastikan selalu berkompromi dengan pasangan untuk menentukan batasan mana yang digunakan untuk berinteraksi dengan lawan jenis, ya, Beauties!

6. Micro-Cheating

7 Jenis Perselingkuhan yang Bikin Hubungan Hancur Berantakan/Foto: freepik/freepik

Ini adalah salah satu jenis perselingkuhan yang umum dalam suatu hubungan. Contoh micro-cheating yang biasa terjadi dalam sebuah hubungan di antaranya seperti menguntit mantan di media sosial, memiliki profil daring yang aktif di situs kencan, atau menggoda orang lain.

Jenis perselingkuhan ini bersifat halus dan tidak melibatkan keintiman fisik. Namun tetap saja, kebohongan, menyembunyikan rahasia, dan pengkhianatan yang menyertai kecurangan kecil dapat menghancurkan suatu hubungan.

7. Mencurahkan Perhatian dan Waktu Pada Hobi

7 Jenis Perselingkuhan yang Bikin Hubungan Hancur Berantakan/Foto: freepik/jcomp

Mencurahkan perhatian dan waktu pada hobi alih-alih pada pasangan, bisa dianggap selingkuh. Daripada menghabiskan waktu bersama pasangan, mungkin kamu lebih tertarik untuk bermain game, melakukan aktivitas fisik, atau menghabiskan akhir pekan dengan bekerja.

Bukan berarti melakukan hobi itu salah, ya, Beauties. Namun, terobsesi pada suatu minat alih-alih memberikan waktu kepada pasangan, dapat menyebabkan keretakan dalam hubungan.

Nah Beauties, itu dia deretan jenis perselingkuhan yang mungkin jarang kamu sadari. Pernahkah kamu atau pasangan melakukannya? Semoga tidak, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)