7 Hal yang Bisa Bikin Kamu Kena Biaya Tambahan Saat Menginap di Hotel, Awas Jangan Dilakukan!

Menginap di hotel adalah hal yang seru dan menyenangkan. Apalagi ketika menginap di hotel berbintang, pastinya pelayanan dan fasilitas yang didapatkan akan memanjakan kamu. Istilah tamu adalah raja membuat pengalaman menginap jadi semakin berkesan karena keramahan pegawainya.

Meski begitu, sebagai tamu yang menginap juga tak bisa sembarangan. Ada beberapa peraturan hotel yang terkesan sepele tapi harus kamu taati agar tidak dikenakan denda akibat kecerobohan yang dilakukan. Apa saja daftarnya? Simak infonya!

1. Merusak Barang

Memecahkan gelas/ Foto: ceramike.com

Tak sengaja merusak maupun memecahkan barang di kamar hotel rupanya bisa membuat kamu di kenakan charge oleh pihak hotel, lho. Umumnya, barang yang rentan pecah atau rusak seperti cangkir, cermin, remote AC/Tv, teko air panas, dan benda pecah belah lainnya.

Tak masalah untuk menggunakan fasilitas yang sudah disediakan hotel, namun tetap harus berhati-hati agar tidak merusaknya. Jika sudah terlanjur rusak atau pecah, Beauties bisa langsung menghubungi pihak hotel dan menggantinya, ya!

2. Membawa Pulang Barang

Membawa pulang barang di kamar hotel/ Foto: Freepik.com/freepik

Saat menginap di hotel, kamu bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang disediakan. Terdapat beberapa jenis barang di kamar hotel yang memang boleh dibawa pulang oleh tamu. Barang-barang itu disebut “amenities” seperti sikat gigi, odol, sampo, alat tulis, dan sandal hotel.

Selain itu, barang yang ada di kamar hotel tidak bisa dibawa pulang. Jika ketahuan kamu akan dikenakan denda. Biasanya saat check out, kamar akan diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada barang atau fasilitas yang dipinjamkan hotel yang dibawa pulang oleh tamu.

3. Merokok di Dalam Kamar Hotel

Merokok di dalam kamar hotel/ Foto: Freepik.com/freepik

Peraturan satu ini sering kali dianggap sepele oleh tamu hotel. Beberapa hotel menerapkan peraturan kepada tamu hotel untuk tidak merokok di area yang dilarang. Jika ketahuan merokok di area terlarang, terutama kamar hotel, maka pihak hotel tak hanya akan menegur tetapi juga tamu hotel harus membayar denda.

Supaya tidak terjadi hal seperti ini, sebaiknya cari tempat di luar hotel atau tempat terbuka yang bebas asap rokok.

4. Menurunkan Kasur

Menurunkan kasur/ Foto: Freepik.com/lifeforstock

Kebiasaan tamu hotel yang sering kali ditemui adalah menurunkan kasur hotel. Sebenarnya hal ini sah-sah saja dilakukan, asal kembali dirapikan dan diletakkan ke tempatnya lagi. Kalau tidak, pihak hotel akan memberi kamu denda yang cukup mahal, lho.

Jadi, sebelum berkemas dan check out, pastikan kasur hotel sudah Beauties kembalikan ke tempatnya.

5. Mengotori Seprai dan Handuk Hotel

Mengotori seprai hotel/ Foto: Freepik.com/freepik

Memang tak semua hotel menuliskan peraturan dilarang makan di atas kasur hotel. Nah, bagi kamu yang memiliki kebiasaan makan di atas kasur, sebaiknya jangan dilakukan saat menginap di hotel.

Sebab, jika ketahuan mengotori seprai ataupun handuk hotel kamu bisa dikenakan charge untuk membayar biaya laundry atau terpaksa ganti rugi apabila noda tersebut tidak bisa dihilangkan. So, hindari makan di atas kasur hotel ya, Beauties!

6. Jumlah Orang Melebihi Kapasitas

Jumlah orang melebihi kapasitas kamar/ Foto: Freepik.com/freepik

Eits hati-hati loh, tak semua hotel membebaskan tamu membawa orang-orang yang melebihi kapasitas kamar hotel.

Jika kamu ketahuan menyeludupkan orang-orang ke kamar hotel di luar kapasitas maka penghuni kamar akan dikenakan charge. Alasannya untuk meminimalisir kerusakan kamar hotel karena penghuni kamar terlalu banyak.

Jika memang jumlah orang di kamarmu melebihi kapasitas, lebih baik tamu hotel menginformasikan kepada pihak hotel terlebih dahulu.

7. Mengambil Snack Bar

Mengambil snack di kulkas hotel/ Foto: lodgingmagazine.com

Sebagian orang mungkin pernah mengira bahwa makanan dan minuman yang ada di kulkas mini atau lemari dalam kamar hotel bisa dikonsumsi secara gratis. Biar nggak salah, mending kamu cari tahu dulu ke pelayan hotel, ya.

Pasalnya, memang ada hotel yang memberikan snack dan minuman gratis untuk tamu hotel mereka. Tapi, ada juga hotel yang meminta biaya tambahan untuk makanan yang dikonsumsi di snack bar. Jadi, jangan sampai salah dan dikenakan biaya denda, ya.

8. Menghilangkan Kunci Kamar Hotel

Kunci kamar hotel/ Foto: Freepik.com/jcomp

Kunci kamar menjadi salah satu hal penting yang harus dijaga baik-baik oleh penghuni kamar. Jika kunci kamar tak sengaja hilang, siap-siap deh kamu bakalan dikenakan denda atau ganti rugi. Sebab, kunci kamar merupakan akses penting untuk keluar-masuk kamar atau terkadang untuk akses menaiki lift hotel.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)