6 Trik Ampuh Jago Public Speaking untuk Pemula

Beauties, apakah kamu memiliki contoh atau role model pembicara hebat yang dikagumi? Berbicara di depan umum merupakan suatu keahlian yang wajib dimiliki di zaman sekarang.

Entah akan bekerja di kantoran atau memiliki usaha sendiri, kamu perlu menguasai kemampuan public speaking yang baik.

Dilansir dari Magnetic Speaking, terdapat 6 trik penting untuk pemula agar memiliki keahlian public speaking yang hebat. Berikut ulasan lengkapnya!

Tunjukkan Rasa Percaya Diri


Jago Public Speaking/freepik.com/cookie_studio

Beauties, ternyata untuk dapat menjadi public speaker yang baik, hal utama yang perlu kamu miliki adalah rasa percaya akan kemampuan diri sendiri. Karena ternyata, ini bukan tentang apa yang kamu katakan, tapi bagaimana cara kamu mengatakannya.

Mengapa seorang pembicara harus percaya diri? Karena saat seseorang berbicara di depan umum dengan percaya diri, maka audiens akan memandangnya kompeten, kredibel, cerdas, berpengetahuan luas, dan tentunya dapat dipercayai daripada seorang pembicara yang tidak yakin pada dirinya sendiri.

Latih Nada Bicara yang Tegas

Cara terbaik agar terdengar lebih tegas saat berbicara di depan umum adalah dengan memerhatikan nada bicaramu, Beauties. Maksudnya adalah dengan menyadari kapan perlu memasukkan intonasi-intonasi tertentu terhadap apa yang Beauties ucapkan.

Intonasi dalam public speaking memiliki pengaruh yang besar. Jadi, lakukanlah latihan membaca dan berbicara dengan nada deklaratif yang nantinya akan melatih pula otot-otot vokal. Tegas tidak berarti terdengar marah atau agresif, akan tetapi ketegasan adalah mengomunikasikan kepastian.

Selalu Melibatkan Audiens

Jago Public Speaking/freepik.com/katemangostar
Jago Public Speaking/freepik.com/katemangostar

Pernahkah Beauties bertemu seorang pembicara yang asyik sendiri dan menghiraukan audiensnya? Tentu, pasti pernah ada. Hal tersebut akan terasa sangat membosankan, bukan?

Maka dari itu, saat Beauties menjadi seorang public speaker jangan lupa untuk selalu melibatkan audiens dan hindari penyampaian informasi satu arah. Bagaimana cara melibatkan audiens?

Berikan jeda dari setiap pemaparan, kemudian coba ajukan pertanyaan yang merujuk pada hal-hal yang telah kamu sampaikan. Tidak perlu terkesan formal, perhatikanlah dengan bijaksana peluang-peluang untuk terlibat dalam dialog dengan audiensmu.

Sertakan Cerita

6 Trik Ampuh Jago Public Speaking untuk Pemula/Foto: freepik.com/pch.vector

Untuk membuat orang lain terpengaruh dengan apa yang kita sampaikan, terkadang kita perlu memasukkan cerita yang juga bermakna sama. Tidak perlu mengarang cerita yang sempurna. Cukup memberikan cerita yang sederhana, akan tetapi dapat diterima dan dipahami dengan mudah oleh audiens.

Gunakan Bukti Nyata

Jago Public Speaking/freepik.com/pch.vector
Jago Public Speaking/freepik.com/pch.vector

Manusia memiliki dua bagian otak yang perlu dipuaskan. Jika otak kanan akan dimenangkan dengan cerita, maka otak kiri perlu dimenangkan dengan fakta. Sebagai seorang public speaker, kamu perlu memberikan pendekatan komunikasi yang seimbang. Sehingga isi pembicaraan Beauties juga bisa diterima oleh audiens.

Jadilah Diri Sendiri

Kita mungkin memiliki tokoh pembicara handal yang kita sukai, dan selama ini mungkin kita berupaya untuk menjadi sepertinya. Bukan hal yang salah memiliki sosok idola, akan tetapi tetaplah berkonsentrasi menjadi diri sendiri. Sehingga nantinya Beauties akan menemukan karakter yang lebih unik.

Itu dia beberapa tips penting untuk menjadi public speaker yang handal dan hebat. Tetap berlatih dan terus pupuk rasa percaya diri, ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)