6 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kualitas Tidur, Yuk Hindari dari Sekarang!

Beauties, apakah kamu sering mengalami gangguan tidur? Kamu mungkin hanya berguling-guling di kasur dan tidak bisa mematikan pikiran yang berpacu ketika malam, sehingga tidak mendapatkan tidur yang berkualitas.

Sebenarnya, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Sering kali, kamu juga tidak menyadari faktor tersebut dalam rutinitas sehari-hari.

Merangkum dari Eat This, berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang merusak kualitas tidur dan apa yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya. Simak!

1. Konsumsi Kafein Berlebihan


Konsumsi Kopi/Foto: Unsplash/engin akyurt

Minum kopi di pagi hari adalah ritual yang menyenangkan bagi banyak orang. Sayangnya, efek stimulasi kafein dapat bertahan di sistem tubuhmu selama berjam-jam. Kafein bisa mempengaruhi tidur selama beberapa jam, bukan hanya satu atau dua jam sebelum tidur.

Kamu mungkin masih akan merasakan efeknya hingga enam jam kemudian. Jadi, hindari mengkonsumsi kopi dan minuman berkafein lainnya terlalu larut di siang hari untuk menjaga kualitas tidurmu.

2. Tidur Siang yang Lama

Tidur Siang yang Lama/Foto: Unsplash/Kinga Howard

Kita semua tentu menyukai tidur siang yang nyenyak. Namun, tidur siang yang terlalu panjang dapat merusak istirahat malam kamu. Meskipun tidur siang singkat dapat menyegarkan, tidur siang yang lama dan santai dapat mengganggu siklus tidur tubuh kamu.

Tidur siang yang terlalu lama bahkan dapat menyebabkan penurunan kognitif. Sebaiknya, pertahankan tidur siang antara 20-30 menit dan lakukan sebelum jam 3 sore agar tidak mengganggu tidur ketika malam hari.

3. Menyimpan Ponsel di Kamar Tidur

Menyimpan Ponsel di Kamar Tidur/Foto: Freepik/Lifestylememory

Apakah kamu termasuk orang yang suka menyimpan ponsel di samping tempat tidur saat tidur? Sebagian orang beranggapan bahwa meletakkan ponsel di dekat tempat tidur akan lebih mudah dijangkau ketika terbangun. Padahal, ini justru akan mengganggu tidurmu.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cahaya biru dari layar ponsel dapat mengacaukan ritme sirkadian kamu, sehingga membuat kamu lebih sulit tertidur.

Sebaliknya, letakkan ponsel kamu di sisi lain di ruangan agar lebih sulit diakses. Ketika alarm berbunyi di pagi hari, kamu harus bangun terlebih dahulu untuk menekan tombol tunda. Ini membuat kamu lebih sulit untuk tidur berlebihan di pagi hari.

4. Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Asin

Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Asin/Foto: Unsplash/JESHOOTS.COM

Hindari menikmati camilan asin yang dapat berdampak negatif pada tidurmu. Pasalnya, asupan natrium yang tinggi berkaitan dengan pola tidur yang terganggu.

Mengonsumsi makanan tinggi natrium juga dapat menyebabkan retensi cairan, sehingga kamu lebih sering buang air kecil di malam hari. Untuk menghindarinya, kamu bisa membaca label makanan dan menghindari makanan tinggi natrium untuk menghindari masalah tersebut.

5. Melakukan Olahraga Intens Terlalu Dekat dengan Jam Tidur

Melakukan Olahraga Intens Terlalu Dekat dengan Jam Tidur/Foto: Unsplash/Dane Wetton

Olahraga teratur sangat baik untuk tidur, tetapi tidak cukup baik jika kamu melakukannya tepat sebelum tidur. Aktivitas fisik akan meningkatkan suhu tubuh dan melepaskan adrenalin, sehingga sulit untuk melepas lelah saat tiba waktunya tidur.

Olahraga berat sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur kamu. Oleh karena itu, hindari olahraga terlalu berat setidaknya tiga hingga empat jam sebelum tidur. Sebaliknya, pilihlah aktivitas yang menenangkan, seperti yoga atau meditasi.

6. Menggunakan Bantal yang Salah

Menggunakan Bantal yang Salah/Foto: Unsplash/Gregory Pappas

Jika bantal kamu tidak menopang leher dan kepala, kamu mungkin terbangun dengan rasa sakit dan nyeri sepanjang malam. Oleh sebab itu, postur tidur yang baik dapat meningkatkan kualitas tidur. Bantal yang kamu gunakan harus mampu menopang jarak antara kepala dan bahu saat berbaring.

Selain itu, pastikan kamu mengganti bantal setidaknya setiap dua hingga tiga tahun dan mencuci sarung bantal setiap minggu. Ini agar tidak mengundang tungau, debu, sel kulit mati, dan kotoran lain yang tidak diinginkan.

Siap menghindari kebiasaan buruk ini agar mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)