6 Jenis Sayuran yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat, Awas Jangan Asal Makan!

Ada banyak jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Terutama, makanan yang mengandung purin tinggi. Purin sendiri merupakan senyawa yang diubah menjadi asam urat di dalam tubuh. 

Bila kadar purin melebihi batas normal, akan terjadinya penumpukan kristal asam urat di dalam tubuh. Hal itulah yang menyebabkan terjadinya peradangan sendi atau biasa dikenal dengan penyakit asam urat. 

Sebab itu, penderita asam urat sangat dianjurkan untuk menghindari makanan dengan kandungan purin tinggi, misalnya daging merah dan ikan laut.

Bukan hanya makanan, ternyata ada jenis sayuran pula yang memiliki kandungan purin tinggi. Hal tersebut yang dapat memicu serangan asam urat terjadi. 

Berikut jenis sayuran yang tinggi akan purin dan harus dihindari oleh penderita asam urat, seperti dikutip dari berbagai sumber.

Bayam

6 Jenis Sayuran yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat/Foto: Freepik/racool_studio

Mengutip dari laman Marham.pk, bayam menjadi salah satu jenis sayuran yang perlu dihindari oleh penderita asam urat. Meski rasanya nikmat, bayam merupakan jenis sayuran berdaun hijau yang tinggi purin.

Purin merupakan senyawa organik yang dipecah menjadi asam urat di dalam tubuh, dan zat tersebut yang menyebabkan terjadinya serangan asam urat.

Meski begitu, penderita asam urat masih boleh makan bayam, setidaknya satu kali dalam sebulan.

Jamur

6 Jenis Sayuran yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat/Foto: Freepik/user13072922

Selanjutnya adalah jamur. Sama seperti bayam, jamur juga mengandung purin tinggi dan dapat memicu asam urat. Penderita asam urat sebaiknya menghindari jamur, terutama jika dimasak dengan menggunakan kecap.

Namun perlu Beauties tahu, ada beberapa jenis jamur yang dapat memperbaiki gejala asam urat. Misalnya seperti jamur maitake yang diketahui memiliki sifat anti-inflamasi di dalamnya.

Terong

6 Jenis Sayuran yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat/Foto: Freepik/ArthurHidden

Olahan terong apalagi ditambah sambal balado memang menggiurkan, ya, Beauties? Tapi, buat kamu penderita asam urat justru harus menghindari jenis sayuran yang satu ini. 

Terong mengandung solanin, yakni senyawa yang dapat meningkatkan kadar asam urat dan memicu serangan asam urat. Pemilik nama lain Solanum melongena ini juga mengandung oksalat, yang dapat menyebabkan batu ginjal.

Tomat

6 Jenis Sayuran yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat/Foto: Freepik/stocking

Selanjutnya adalah tomat. Tomat mengandung asam tinggi yang dapat mengiritasi sistem pencernaan. Bukan hanya itu, kandungan tersebut juga dapat memicu serangan asam urat. 

Tomat  juga mengandung solanin, senyawa yang dapat meningkatkan kadar asam urat. Kandungan glutamat dalam tomat juga bisa meningkatkan kadar asam urat untuk memicu serangan asam urat tinggi.

Sayuran seperti Bit

6 Jenis Sayuran yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat/Foto: Freepik/racool_studio

Mirip dengan purin, oksalat merupakan jenis zat alami lain yang meningkatkan kandungan asam urat dalam tubuh. Sumber oksalat nabati antara lain rhubarb, lobak, bit, dan okra.

Bit mengandung oksalat, bit dan asam urat mungkin bukan kombinasi yang baik. Hal yang sama juga berlaku pada okra. Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, okra tidak baik untuk asam urat.

Sayuran yang Dimasak dengan Produk Hewani

6 Jenis Sayuran yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat/Foto: Freepik/jcomp

Sayuran yang dimasak dengan produk hewani mungkin memiliki kandungan purin lebih tinggi, yang dapat menyebabkan lebih banyak asam urat dalam tubuh.

Hindri mengolah sayuran yang dimasak dengan produk hewani, seperti mentega tinggi lemak, krim, lemak babi, atau bahkan saus ikan.

Menurut Mayo Clinic, produk hewani tinggi lemak dibatasi karena kandungan lemak jenuhnya. Meskipun lemak penting untuk kesehatan secara keseluruhan, penderita asam urat harus tetap mengonsumsi sumber lemak makanan sehat dan hindari mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh.

Nah Beauties, itu dia deretan jenis sayuran yang harus dihindari oleh kamu si penderita asam urat. Stay healthy, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)