6 Dessert Unik dan Menggugah Selera dari Berbagai Negara, Pernah Kamu Coba Salah Satunya?

Dunia kuliner adalah perjalanan tak terbatas yang dipenuhi dengan rasa unik dari berbagai penjuru bumi. Salah satu bagian paling menarik dari eksplorasi ini adalah mencicipi dessert khas setiap negara. Tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga merayakan keanekaragaman budaya.

Dari aroma rempah-rempah Timur Tengah hingga kelembutan es serut Korea Selatan, setiap negara memiliki pencapaian kuliner manis yang menjadi cerminan cita rasa dan tradisi mereka. Kali ini kita akan menjelajahi sejumlah dessert unik yang tidak hanya memikat selera, tetapi juga memperkaya pengetahuan tentang kekayaan kulinari dunia. Simak!

1. Baklava 

Baklava/ Foto : Freepik/ Stockking

Baklava, sejenis pastry yang sangat terkenal di Timur Tengah, memiliki sejarah panjang yang mencerminkan kekayaan budaya daerah tersebut. Terbuat dari lapisan-lapisan tipis phyllo pastry yang secara hati-hati diisi dengan campuran kacang, gula, dan kayu manis, baklava memukau dengan rasa gurih dan manis yang harmonis.

Proses pembuatannya memerlukan keterampilan dan kesabaran, dan hasil akhirnya adalah lapisan pastry yang kering dan renyah, diberi kesejukan lembut oleh sirup madu atau gula yang melimpah.

2. Kulfi

Kulfi/ Foto : Freepik/ Racoolstudio

Kulfi, es krim tradisional India, adalah bukti keahlian kulinari yang telah diteruskan dari generasi ke generasi. Susu yang dimasak hingga mengental menjadi dasar dari kulfi, memberikan tekstur yang lebih padat dan kenyal.

Varian rasa seperti kacang pistachio, mangga, atau saffron menambah dimensi cita rasa yang kompleks. Kulfi sering dihidangkan dalam cetakan khusus atau dibungkus daun pisang, menambah sentuhan tradisional pada pengalaman menyantapnya.

3. Knafeh

Knafeh/ Foto : Freepik/ Stockking

Knafeh adalah sajian pencuci mulut yang merangkum esensi cita rasa Timur Tengah. Lapisan tipis pastry yang dipadukan dengan keju leleh memberikan pengalaman rasa unik yang memadukan kelembutan dan crispy di luar.

Diakhiri dengan sirup gula atau madu yang meresap hingga ke lapisan terdalam, Knafeh menyuguhkan perpaduan manis yang memikat dan tekstur yang memanjakan lidah.

4. Pavlova

Pavlova/ Foto : Freepik/ chandlervid85

Dessert yang terkenal di Australia dan New Zealand ini diinspirasi oleh penari balet Rusia bernama Anna Pavlova, menggambarkan keanggunan dan kelezatan. Lapisan kering yang renyah dari pavlova menciptakan pengalaman rasa yang lembut dan kenyal di dalamnya. Whipped cream dan buah-buahan segar menambah sentuhan segar yang menyatu dengan rasa manis yang tidak terlalu dominan.

5. Sticky Toffee Pudding

Sticky Toffee Pudding/ Foto : Freepik/ Freepik

Sticky Toffee Pudding adalah warisan kulinari Inggris yang telah mencuri hati banyak penikmat dessert di seluruh dunia. Kue lembut yang diberi kelembutan ekstra oleh saus karamel panas memberikan harmoni rasa yang tak terlupakan.

Kenyal, manis, dan hangat, Sticky Toffee Pudding menjadi sajian yang memberikan kenyamanan khususnya saat cuaca dingin.

6. Bingsu

Bingsu/ Foto : Freepik/ Topntp26

Bingsu, es serut khas Korea Selatan, merupakan penyelamat saat suhu panas melanda. Teksturnya yang lembut seperti salju dan paduan berbagai topping seperti kacang merah, sirup manis, buah segar, atau es krim menciptakan eksplosi rasa di setiap suapan.

Bingsu bukan hanya menyegarkan, tetapi juga menjadi bentuk seni kuliner yang memanjakan mata sebelum memanjakan lidah.

___ 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)