6 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Bisa Dilakukan di Rumah

Jerawat menjadi permasalahan umum yang melanda kaum perempuan. Bahkan kamu bisa mengalami jerawat batu dan mengganggu penampilan, kepercayaan diri juga bisa berkurang. Otomatis bisa merusak banyak hal, termasuk karir maupun kepentingan pribadi. 

Sejatinya, jerawat batu atau jerawat kistik termasuk jenis jerawat yang membuat penderita tidak nyaman. Jerawat batu juga mengganggu penampilan, tetapi kamu bisa menghilangkannya secara alami di rumah lho, Beauties.

Jangan sampai membiarkannya terlalu lama karena bisa mengakibatkan peradangan, alhasil bisa menyebar dan menyebabkan jerawat baru. Bahkan, bekas jerawat bisa membekas dengan meninggalkan noda hitam.

Tetapi, kamu tenang saja karena ada pengobatan alami yang bisa kamu terapkan seperti berikut ini!

1. Menggunakan Lidah Buaya


Lidah buaya bisa menghilangkan jerawat batu/ foto: freepik.com/Racool_studio

Kamu bisa memanfaatkan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat batu tanpa bekas. Kandungan sifat anti-inflamasi dan penyembuhan pada lidah buaya bisa mengobati jerawat yang kamu derita. Cara penggunaannya juga mudah.

Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya secara langsung pada jerawat batu, gel-nya akan meredakan peradangan jerawat dan mempercepat proses penyembuhan kulit.

2. Kompres Hangat

Kompres
Menghilangkan jerawat batu dengan cara kompres hangat/ foto: freepik.com/jcomp

Jangan salah, kompres air hangat menjadi pilihan sebagai perempuan untuk mengatasi jerawat batu. Kompres air hangat efektif membuka pori-pori kulit, mengurangi peradangan dan membuat kulit bisa bernapas dengan baik.

Kamu bisa menggunakan kain bersih dan celupkan dalam air hangat. Barulah tempelkan kompres pada jerawat selama beberapa menit.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat
Banyak konsumsi makanan sehat/ foto: freepik.com

Menjaga pola makan juga berpengaruh besar untuk penyembuhan jerawat batu. Untuk itulah, kamu wajib mengonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan instan.

Kamu bisa mengonsumsi sayuran dan buah-buahan agar jerawat batu cepat sembuh. Kreasikan makanan setiap harinya agar tak cepat bosan, dijamin jerawat batu hilang tanpa bekas dan kesehatan tubuh terjaga.

4. Mencuci Wajah dengan Lembut

Cuci muka
Mencuci wajah dengan lembut/ foto: freepik.com/jcomp

Kamu juga harus mencuci wajah dengan lembut menggunakan bahan ringan. Hindari menggosok kulit terlalu keras karena memicu iritasi dan peradangan. Kamu bisa membersihkan wajah secara lembut agar kesehatan kulit tetap terjaga.

5. Minyak Daun Teh

Minyak daun teh
Gunakan minyak daun teh/ foto: freepik.com/

Kamu pasti mengenal minyak daun teh atau tea tree oil, di mana tea tree oil bisa menghilangkan jerawat batu. Tak ayal dijadikan pengobatan jerawat batu untuk kaum perempuan karena kandungan terpinene yang bersifat anti bakteri dan anti radang.

Untuk itulah bisa mengatasi peradangan dan mencegah perkembangan bakteri penyebab jerawat batu.

6. Menggunakan Pembersih Non-sabun

Sabun
Gunakan pembersih wajah yang nonsabun/ Foto: freepik.com

Selama ini, kamu menggunakan sabun tradisional? Sebaiknya hindari karena menyebabkan permasalahan kulit. Kamu bisa menggunakan pembersih non-sabun karena lebih aman untuk perempuan yang mudah berjerawat.

Pembersih tersebut bisa mencegah terjadinya iritasi maupun permasalahan kulit yang memburuk jerawat batu. 

Itu dia enam cara alami menghilangkan jerawat batu menggunakan bahan alami. Kamu tinggal memilih bahan yang mudah kamu dapatkan, yang terpenting gunakan secara rutin agar jerawat batu cepat hilang dan tak meninggalkan bekas. 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)