6 Cara Mengatur Keuangan Ala Orang China, Agar Dompet Tebal dan Tabungan Makin Banyak!

Gaya hidup orang China yang mengedepankan kesehatan dan kekayaan bisa kita tiru dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, dalam hal mengatur keuangan.

Yuk kita ulas bagaimana cara sederhana orang-orang China dalam mengatur keuangan. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Tidak Bermewah-mewahan

Tidak bermewah-mewahan/Foto: Pexels/Pavel Danilyuk

Dilansir dari DUE, cara mengatur keuangan agar selalu aman adalah dengan tidak perlu hidup bermewah-mewahan. Tidak usah membeli barang mewah dan mahal. Saat berbelanja, prioritaskan manfaat dan keawetan barang tersebut.

Sebab, bagi orang China, kemewahan tidaklah penting dan bisa menguras uangmu. Belanjalah secukupnya, sesuaikan dengan anggaranmu, pentingkan pengalaman daripada pengumpulan harta benda, serta hindari keinginan memamerkan kekayaan yang nantinya mendorongmu membeli barang-barang mewah.

2. Utamakan Kebutuhan, Bukan Keinginan

Utamakan kebutuhan, bukan keinginan/Foto: Pexels/Energepiccom

Cara yang kedua adalah dengan memprioritaskan kebutuhan dibandingkan keinginan. Belilah sesuatu yang kamu butuhkan dan bermanfaat.

Belanjalah secukupnya, kategorikan kebutuhan dan keinginanmu untuk menentukan prioritas belanja, dan utamakan pembayaran hal-hal penting seperti biaya pendidikan anak dan belanja bulanan.

3. Makan di Rumah

Makan di rumah//Foto: Pexels/Angela Roma

Cara ketiga adalah menghemat uang dengan makan di rumah sebelum bepergian atau berbelanja. Sebab, makan di luar bisa dibilang lebih mahal dan akan membuat boros. Jika berbelanja sebelum makan, kita juga bisa terdorong atau bernafsu untuk berbelanja yang bahkan tidak kita butuhkan.

4. Cari Peluang Investasi

Cari peluang investasi/Foto: Pexels/Pixabay

Carilah peluang untuk menginvestasikan uangmu. Miliki aset atau pundi keuangan lainnya yang berpotensi menghasilkan tambahan pendapatan di samping gaji yang biasa kamu peroleh setiap bulannya. Misalnya, berinvestasi emas, menjadi pekerja lepas atau mendirikan bisnis sampingan kecil-kecilan.

5. Tawar Harga Barang

Tawar harga barang/Foto: Pexels/Mart Production

Cobalah menawar harga saat berbelanja di pasar atau toko yang menjual produknya tidak dengan harga resmi dari perusahaan. Tawarlah untuk mendapatkan harga yang lebih ekonomis.

Yang perlu diingat adalah riset terlebih dahulu harga umum suatu barang dan kisaran harga yang wajar dari suatu barang yang ingin kamu tawar harganya.

6. Kurangi, Gunakan Kembali, Daur Ulang

Kurangi, gunakan kembali, daur ulang/Foto: Pexels/Greta Hoffman

Sebelum membuang sesuatu, pertimbangkanlah apakah barang tersebut dapat dipakai kembali? Apakah barang ini dapat dijadikan karya lainnya? Atau, bisakah didaur ulang? Pertimbangan ini merupakan cara yang baik untuk mengatur keuangan sekaligus mengurangi sampah rumah tangga,  Beauties.

Kamu bisa menggunakan botol bekas air minum, misalnya, untuk menampung sabun cuci piring, deterjen, cairan pembersih lantai, dan sebagainya. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya KLIK DI SINI!

(ria/ria)