6 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Berlebihan terhadap Pasangan

Rasa cemburu merupakan emosi yang tidak nyaman, namun kondisi ini cukup normal. Terlebih jika hubungan tersebut baru dan sedang dalam masa perubahan. 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Psychiatry and Clinical Psychopharmacology terhadap pasangan sudah menikah yang mencari konseling dalam hubungan menemukan bahwa sebanyak 79 persen pria dan 66 persen perempuan merupakan sosok yang cemburuan

Kecemburuan biasanya dikaitkan dengan perasaan cemas dan depresi, sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada hubungan.

Berikut ini cara agar mengatasi rasa cemburu berlebihan terhadap pasangan agar hubungan tetap terjaga dan sehat.

 

1. Ciptakan Kepercayaan

Ciptakan kepercayaan terhadap pasangan/Foto:freepik.com

Salah satu cara terbaik untuk mencegah kecemburuan adalah dengan menciptakan suasana kepercayaan. 

Proses ini diawali dengan kedua pasangan yang saling setia, berkomitmen, dan jujur. Kepercayaan dalam hubungan akan tumbuh dan menghilangkan rasa cemburu. 

 

2. Kembangkan Hubungan yang Sehat

Diskusikan terhadap pasangan/ Foto:freepik.com

Dalam hubungan melibatkan kasih sayang satu sama lain dengan menghabiskan waktu bersama. Luangkan waktu dalam situasi apa pun untuk mempertahankan agar rasa cinta itu tetap tumbuh.

Rasa cemburu mungkin saja masih bisa muncul. Namun sebaiknya kamu diskusikan apa yang membuat satu sama lain cemburu untuk meminimalisir keributan dalam hubungan. 

3. Akui Tentang Kecemburuan

Akui tentang kecemburuan kamu/Foto:freepik.com

Ketika kamu merasa cemburu dengan pasangan kamu, sebaiknya kamu bicara dengan pasangan bahwa kamu cemburu. 

Jujur tentang perasaan yang membuat kamu tidak nyaman dengan menciptakan batasan untuk diri sendiri dan hubungan.

Dikutip dari Choosing Therapy, cara kamu atau pasangan dalam menanggapi rasa cemburu akan menentukan keberhasilan atau kehancuran dalam suatu hubungan. 

4. Menahan Diri Dalam Mengambil Keputusan

Menahan diri untuk mengambil keputusan/Foto:freepik.com/yanalya

Ketika cemburu, emosi akan meningkat, namun hanya bersifat sementara. Emosi sesaat ini dapat menimbulkan konsekuensi jangka panjang, yang bisa saja merugikan hubungan kamu.

Sebaiknya, kamu meluangkan waktu beberapa menit untuk menenangkan diri ketika kamu emosi karena cemburu.

5. Buat Jurnal Hubungan

Buah jurnal untuk refleksi hubungan/Foto:freepik.com

Jurnal adalah tempat yang aman bagi kamu untuk melampiaskan dan menggambarkan bagaimana rasa cemburu kamu, baik secara emosional maupun fisik.

Jurnal tidak akan menilai tentang apa yang kamu rasakan, jadi ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengeksplorasi rasa tidak aman dan frustasi.

 

6. Mulai Menghargai Diri Sendiri

Menulis daftar sifat hal yang tidak disukai satu sama lain/Foto:freepik.com

Rendahnya harga diri dan rasa tidak aman merupakan alasan umum mengapa kamu merasa cemburu terhadap pasangan. Ada perasaan takut karena tidak cukup baik untuk pasangan.

Kamu bisa membuat daftar sifat atau apa saja yang disukai pasangan kamu terhadap kamu dan sebaliknya. Hal ini bisa dilakukan terutama jika terus menerus membandingkan diri kamu dengan orang lain. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)