6 Bisnis Sampingan yang Cocok Buat Para Gen Z yang Masih Kuliah, Anti Ribet!

Sudah bukan rahasia lagi jika Generasi Z atau yang lebih dikenal dengan nama Gen Z dikenal memiliki kreativitas dan ambisi yang sangat kuat. Hal inilah yang membuat pekerjaan di bidang kreatif dan digital kini jadi kian menjamur dan jadi favorit para Gen Z.

Di sisi lain, banyak juga Gen Z yang mulai tertarik untuk menjalankan bisnis. Dengan keahlian mereka menggerakkan promosi secara digital, potensi bisnis yang dijalankan Gen Z ini terbukti memiliki prospek yang bagus ke depannya.

Setidaknya, ada banyak jenis cabang bisnis yang biasanya tertarik dilakukan oleh para Gen Z. Umumnya, ciri khas bisnis Gen Z ini adalah sesuatu yang baru dan berhubungan dengan media sosial dan cenderung tidak membutuhkan modal besar.

Dengan karakteristik tersebut, maka sudah pasti kamu bisa mulai merintisnya bahkan sejak ada di bangku perkuliahan, lho! Jadi, apa saja sih rekomendasi dan ide bisnis sampingan yang bisa dilakukan Gen Z yang masih kuliah? Ini dia selengkapnya!

Affiliate Marketing

Affiliate Marketing/ Foto: Freepik/rawpixel-com

Bagi kamu yang suka main sosial media, sudah tidak asing dengan istilah affiliate marketing, bukan? Yap! Affiliate kini jadi kian populer karena bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Dalam sistemnya, affiliate marketing memungkinkan kamu untuk menjadi “perantara” penjualan.

Semakin banyak orang yang membeli berdasarkan rekomendasi kamu, maka semakin besar pula komisi yang akan didapatkan. Bisnis sampingan ini pun tidak akan memakan banyak waktu sehingga sangat bisa dilakukan di sela-sela waktu kuliah!

Jasa Pembuat Konten

Jasa Pembuat Konten/ Foto: Freepik/peoplecreations

Sebagai generasi z, sudah menjadi keahliannya untuk membuat sebuah konten. Nah, bersamaan dengan itu, banyak juga beberapa UMKM yang juga butuh publikasi konten namun tidak punya budget berlebih. Di sinilah, kamu bisa menjadikannya ladang bisnis!

Kamu bisa menawarkan jasa pembuatan desain konten sederhana untuk feed Instagram atau bahkan reels dan konten TikTok. Bisnis sampingan ini bahkan bisa membantumu memperbanyak portofolio bahkan sebelum lulus kuliah, lho!

Tidak hanya portofolio, jika konsisten, bisnis jasa pembuatan konten ini bisa dikembangkan menjadi sebuah perusahaan agency suatu hari nanti. Bagaimana? Tertarik, Beauties?

Jasa Pengelola Sosial Media

Jasa Pengelola Sosial Media/ Foto: Freepik/freepik

Jika membuat konten dirasa menyita cukup banyak waktu di tengah perkuliahan, kamu juga bisa membuka jasa pengelolaan sosial media saja, lho! Dalam praktiknya, pengelola sosial media bertugas menentukan strategi konten, kampanye iklan hingga jadwal posting.

Selanjutnya, sang pengelola sosial media juga wajib melakukan analisis terhadap konten yang sudah di-posting berdasarkan hasil dari engagement. Di tengah potensi digital saat ini, jasa pengelola sosial media ini banyak dicari oleh para UMKM.

Untuk membuka bisnis jasa pengelolaan sosmed ini, setidaknya kamu harus terlebih dahulu memiliki sertifikat pelatihan tentang digital marketing hingga google ads. Kalau sudah punya sertifikat ini, dijamin gampang dapat client!

Bisnis Buket Wisuda

Bisnis Buket Wisuda/ Foto: Freepik/freepik

Sebagai Gen Z, kamu pasti suka seni, bukan? Jika iya, maka potensi bisnis buket wisuda ini bisa kamu coba. Pasalnya, di lingkungan kampus pasti banyak sekali mahasiswa yang mencari buket untuk hadiah. Jadi tidak ada salahnya buat kamu coba, kan?

Untuk memulainya, kamu bisa belajar via tutorial online terlebih dahulu. Jika sudah, posting hasil latihanmu dan pasarkan ke teman-teman dekat terlebih dahulu. Kalau sudah musim sidang dan wisuda, dijamin berita soal bisnis buketmu sudah berkembang dan jadi banjir pesanan!

Make Up Artist (MUA)

Make Up Artist (MUA)/ Foto: Freepik/freepik

Bisnis satu ini wajib buat dicoba bagi kamu yang suka banget sama makeup. Pada dasarnya, memulai bisnis MUA sebagai sampingan di masa kuliah adalah pilihan yang tepat, lho! Pasalnya, kamu bisa mengambilnya hanya sebagai belajar dengan fee standar mahasiswa.

Terlebih, di lingkungan kampus kamu pasti akan menemukan banyak event dan acara yang butuh MUA. Misalnya: pentas seni dan sederet lomba-lomba lainnya. Setelah lulus kuliah, kamu pun sudah memiliki banyak jam terbang sehingga bisa melebarkan sayap lebih luas lagi dengan fee yang lebih tinggi.

Jadi Reseller atau Dropshipper

Jadi Reseller atau Dropshiper/ Foto: Freepik/jcomp

Kalau kamu suka makeup tapi merasa sungkan untuk merias orang lain, jangan kecil hati dulu! Kamu juga bisa menjadikan makeup sebagai ladang bisnis, lho! Supaya lebih luas, kamu juga bisa menggabungkannya dengan produk lain seperti skincare hingga fashion.

Agar tidak membutuhkan modal banyak, pilihlah untuk menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu. Di sini, kamu tidak perlu memikirkan untuk branding. Cukup fokus bagaimana mendapatkan keuntungan dari hasil jualanmu. Jadi, giatlah melakukan promosi.

Itulah beberapa ide bisnis sampingan yang bisa dilakukan Gen Z untuk mendapatkan cuan tambahan saat masih sibuk kuliah. Jadi, mana bisnis pilihanmu, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)